Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ini Loh 4 Penyebab Oli Mesin Diesel Berkurang Dengan Cepat

Penyebab Oli Mesin Diesel Berkurang
Mobil tiba-tiba mogok dijalan karena mesin aus? Coba diingat kembali hal tersebut terjadi karena apa? Karena mesin yang aus terutama piston bisa jadi salah satu dari penyebab oli mesin diesel berkurang







Infongapak.com - Ada banyak komponen penting yang terdapat pada mobil, salah satunya adalah oli, yang memiliki fungsi agar mobil tetap selalu berada dalam kondisi yang prima. Keberadaannya membuat mesin mobil bekerja baik, dan piranti mesin tetap terjaga kondisinya. Saat kondisi oli dan pasokannya tidak terpantau. Maka mesin mobil diesel pasti akan lekas haus dan efeknya perlu perawatan ekstra untuk perbaikan. Berikut akan dijabarkan dibawah ini mengenai berbagai penyebab oli mesin diesel berkurang dengan cepat.


Penyebab Oli Mesin Diesel Berkurang dan Cepat Habis

Sebenarnya adalah hal yang wajar, apabila oli mesin bisa berkurang. Karena memang oli bisa berkurang kuantitasnya akibat menguap seiring waktu mesin mobil dipakai berkendara. Tetapi apabila sampai terjadi penyusutan yang tidak wajar. Maka sudah sepatutnya untuk dicari tahu penyebab oli mesin diesel berkurang cepat. 


Secara umum, ada tiga hal yang menjadi penyebab oli mesin diesel berkurang tidak sebagaimana mestinya, yakni :

  1. Terjadi Kebocoran Mesin

Hal pertama yang dicek saat ditemukan ketidakberesan pada kuantitas oli mesin yang menyusut dengan cepat adalah memperhatikan bagian blok mesin. Karena umumnya, oli bisa menyusut secara tiba-tiba sebab terjadi kebocoran pada bagian blok packing dan ring piston.


Untuk menghindarinya maka diperlukan pengecekan rutin, supaya tidak sampai terjadi kebocoran yang merugikan seperti ini. Jika masalah seperti terus menerus terjadi, maka sebaiknya Anda segera ganti komponen yang menyebabkan kebocoran pada mesin.


  1. Ring Piston Sudah Aus

Kemudian penyebab oli mesin berkurang secara drastis kedua adalah karena ring piston telah aus, atau proses pemasangan kembali tidak pas. Pasalnya oli yang harusnya bisa menyapu seluruh bagian piston, dan efeknya oli yang ada hanya terbakar begitu saja. 


Lalu berikutnya membuat piston menjadi lebih cepat aus. Untuk itu, selalu lakukan penggantian piston secara berkala, dan bawa mobil berkala ke bengkel resmi agar masalah pada mobil Anda bisa ditangani sebaik mungkin. Jangan sampai dibiarkan begitu saja, karena umumnya banyak kecelakaan disebabkan oleh komponen yang satu ini.


  1. Klep Seal Rusak

Penyebab ketiga dari oli mesin yang cepat habis adalah terjadinya kerusakan pada bagian klep seal. Ini terjadi karena berbagai faktor, bisa karena katup sealnya yang memang sudah harus waktunya diganti atau karena umur dari klep seal itu sendiri. 


Untuk itu, lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi klep seal untuk menghindari oli mesin yang terbuang percuma. Lakukan secara rutin, tentunya bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau pada saat membawa mobil ke bengkel pada saat melakukan pengecekan rutin.


Sebaiknya jangan anggap sepele masalah yang terjadi akibat dari oli mesin diesel yang berkurang. Umumnya banyak pengguna kendaraan hanya tahu cara pakainya saja, tetapi tidak tahu cara untuk merawatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pengecekan rutin pada mobil Anda di bengkel resmi agar kondisi mobil bisa selalu terpantau. Jangan biarkan masalah yang ada pada mobil begitu saja, kalau Anda memang masih sayang dengan nyawa diri sendiri maupun keluarga yang disayangi.


Demikianlah tiga penyebab oli mesin diesel berkurang dengan cepat diluar perhitungan. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh bagian mesin mobil secara menyeluruh di bengkel resminya. Supaya kondisi mobil bisa terpantau dengan baik yah!

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ini Loh 4 Penyebab Oli Mesin Diesel Berkurang Dengan Cepat"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer