Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

3 Penyebab Starter Motor Lemah Yang Perlu Diketahui

Penyebab Starter Motor Lemah
Repot memang apabila sedang diburu waktu, tetapi motor enggan menyala walau telah berulang kali distarter. Untuk itu, mari kenali beberapa penyebab starter motor lemah dan solusinya.







Infongapak.com - Saat dikejar waktu, lalu ternyata motor tiba tiba tidak bisa distarter, pasti mood akan langsung terjun bebas. Nah untuk menghindari hal tersebut, Anda harus tahu dan paham dengan masalah yang ada, salah satunya adalah penyebab starter motor lemah dan tidak bisa menyala. Karena bagaimana juga starter pada motor merupakan komponen utama yang harus menjadi perhatian bagi pemiliknya.


Meskipun mesin motor masih bisa dihidupkan dengan cara lain, yakni dengan cara di engkol. Tetap saja starter pada motor menjadi komponen yang paling sering diandalkan. Selain cara menggunakannya yang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan cara di engkol, dengan menggunakan starter pemilik kendaraan jadi mengetahui masalah lainnya yang terjadi pada motor. Dengan kata lain, starter motor bisa dijadikan sebagai alat pendeteksi dini kalau kendaraan roda dua sedang mengalami masalah.


Ada banyak penyebab mengapa starter motor mengalami masalah. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk Anda mengetahui penyebab starter motor lemah secara pasti, agar bisa mengatasinya sedini mungkin.


Apa saja sih penyebabnya? Simak uraiannya berikut ini ya!


Hal Yang Menjadi Penyebab Starter Motor Lemah


Kebanyakan motor sekarang memiliki sistem pengapian yang mengandalkan sistem kelistrikan yang berasal dari accu atau yang biasa disebut sebagai aki. Hemat kata, apabila motor tidak bisa starter maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan dari penyebab starter motor lemah bisa menjadi solusi cepat pengecekan dikala jam yang mepet saat akan menempuh perjalanan, yakni : 

  • Cek Accu Motor

Pengecekan di accu / aki motor untuk mengetahui seberapa prima kondisinya. Sebab ketika menstater motor, aki sebenarnya harus bekerja ekstra keras. Sehingga apabila kondisi aki sudah melemah, akibatnya tentu saja motor tidak bisa distater untuk menghidupkannya. 


  • Cek Bagian Stater

Nah, yang kedua adalah mengecek kondisi tombol stater saat ternyata kondisi aki masih oke. Sebab kondisi starter yang bermasalah merupakan penyebab starter motor lemah selain dari kondisi aki. Pengecekan ini baiknya secara menyeluruh. Mulai dari bagaimana kondisi kabel kabelnya, area tombol starternya sendiri sampai ke bagaimana kondisi dinamo dari stater motornya.


  • Bendik Motor Melemah

Bendik merupakan komponen penting yang memiliki fungsi untuk mengalirkan aliran listrik aki ke dinamo starter. Bendik dapat bekerja saat tombol starter dipencet, lokasinya berada dekat dengan mesin dan cukup strategis dengan aki juga dinamo starter. Umumnya masalah yang terjadi pada bendik disebabkan oleh satu faktor, yakni kedua kutubnya kotor sehingga membuat arus listrik terhalang. 


Jalan Keluar dari Starter Motor Lemah

Setelah mengetahui berbagai jenis penyebab starter motor lemah, maka saatnya kini mengetahui jalan keluar terbaik dalam mengatasinya. Solusi yang terbaik sebenarnya adalah mengikuti dari apa penyebab yang dari timbulnya masalah. Seperti saat ternyata aki yang menjadi kendala. Maka solusi terbaik adalah dengan mengganti yang barunya.


Begitu juga saat ternyata komponen starter yang menjadi penyebabnya. Maka solusinya, penyebabnya tersebut yang dibereskan. Seperti starter kotor, ya bersihkan. Lalu starter rusak, ya ganti pirantinya dengan yang baru.


Tapi bila memang sedang dikejar waktu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggenjot motor manual. Itupun hanya bisa dilakukan pada motor motor seri lama yang masih menggunakan sistem pengapian dengan mempergunakan busi. Namun bila motor Anda termasuk motor seri terbaru yang sudah tidak dilengkapi genjotan manual. Solusi terbaik untuk mengatasi penyebab starter motor lemah memang harus dibawa ke bengkel. Sekian!


, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 3 Penyebab Starter Motor Lemah Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer