Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

5 Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis

Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis
Heran karena air radiator ternyata habis secara tiba-tiba? Yuk, ketahui lima hal yang sering menjadi penyebab air radiator motor cepat habis






Infongapak.com - Berbicara mengenai air radiator, maka kendala umum yang sering dikeluhkan oleh para pengguna sepeda motor adalah tentang cepat habisnya air radiator. Untuk itu penting kiranya untuk mengetahui berbagai penyebab air radiator motor cepat habis. 


Dengan mengetahui apa saja hal-hal yang umum menjadi penyebab dari habisnya air radiator pada cepat habis, maka Anda setidaknya bisa cepat tanggap untuk mengatasi masalah yang terjadi. Tentu Anda penasaran bukan dengan hal-hal apa saja yang sering menjadi penyebabnya? Berikut akan dijabarkan secara jelas dibawah ini, yuk simak!


Penyebab Air Radiator Cepat Habis

Air radiator menjadi sebuah item penting bagi kendaraan untuk membantu menurunkan suhu mesin secara cepat. Sehingga keberadaannya harus mendapatkan perhatian penting. Secara garis besar ada lima hal atau masalah yang perlu dicek secara berkala demi menghindari air radiator pada motor cepat habis. Sehingga kelima hal ini, bisa digolongkan sebagai penyebab air radiator motor cepat habis. Apa saja masalah yang sering terjadi? Berikut penjelasannya.


Kisi-kisi Radiator 

Posisinya yang berada di bagian terdepan motor, menempatkannya pada posisi yang sulit. Bagaimana tidak? Satu sisi memberikan keuntungan bagi proses pendinginan mesin karena lebih banyak terpapar angin. Sementara sisi lainnya memberikan resiko kerugian. Sebab rawan terkena hantaman kerikil maupun bebatuan yang berpotensi merusak filter kisi kisi radiator tersebut.


Inilah yang menjadikannya sebagai item wajib untuk mengecek berkala kondisinya. Sebab rawan terjadi kebocoran di bagian ini. 


Tutup Radiator

Bagian kedua yang harus dicek secara berkala, terlebih apabila motor tersebut dipergunakan setiap hari adalah bagian tutup radiator. Berbahan dasar karet, menjadikan tutup radiator rawan mengalami getas dan longgar. Sehingga menjadi penyebab kedua dari air radiator motor cepat habis.


Selang Radiator

Selang radiator, dibuat dengan bahan karet dan dilindungi dengan benang. Benang ini disusun sedemikian rupa untuk memperkuat selang yang berfungsi sebagai media perpindahan air radiator. Penyebab ketiga dari air radiator motor cepat habis adalah di bagian selang ini. Bisa berupa telah terjadinya kerusakan, pemasangan klem yang tidak rapat, dan hal lainnya.


Pompa Radiator

Kemudian penyebab keempat, adalah karet seal pada bagian pompa radiator yang sudah kendor. Ini yang menjadi penyebab lain mengapa air radiator rembes, sehingga akibatnya air cepat habis.


Water Pump Rusak

Water pump atau yang lebih dikenal oleh pengguna kendaraan baik roda empat maupun roda dua ini memiliki peranan yang penting. Yakni memompa dan mengatur sirkulasi air yang ada pada tangki bawah radiator yang akan menuju mesin.

Adapun yang menjadi penyebab kenapa air pada radiator cepat habis adalah disebabkan oleh pompa air atau water pumpnya rusak bahkan bocor. Kalau pompa air sudah rusak maka motor Anda tidak akan bisa dijalankan. Hal tersebut disebabkan oleh mesin yang terus menerus berada dalam overheat, sehingga air radiator akan terbuang dalam jumlah yang tidak sedikit lagi melainkan banyak.

Demikian kelima masalah yang paling sering menjadi penyebab air radiator motor cepat habis. Untuk itu, lakukan pemeriksaan rutin terutama di bagian bagian tersebut untuk menghindari air radiator motor cepat habis. Semoga bermanfaat yah! Tidak hanya untuk diri Anda pribadi, tetapi juga untuk orang-orang yang ada di sekitar Anda.




,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer