Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Mengatasi dan Penyebab Persneling Mobil Los

Cara Mengatasi dan Penyebab Persneling Mobil Los

Persneling mobil los saat ditengah perjalanan sering mengakibatkan fokus terpecah dan akhirnya panic untuk itu pahami cara mengatasi dan penyebab persneling mobil los








Infongapak.com - Persneling mobil kembali los? Menyebalkan ya, tetapi bila mau ditelusuri cara mengatasi dan penyebab persneling mobil los itu sebenarnya mudah dan gampang. Anda hanya tidak perlu panik, dan tetap tenang. Karena sedikit banyak, saat diperjalanan dan persneling mobil tiba-tiba los tentu akan menimbulkan rasa khawatir.


Mengatasi persneling mobil los, bila Anda mengerti dan paham dengan ilmu mengenai perbengkelan, mungkin bisa dikerjakan sendiri. Namun beda halnya untuk orang yang awan dengan masalah-masalah yang sering terjadi pada kendaraan khususnya mobil. Tentu harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli, yang lebih mengerti dan paham dengan komponen-komponen yang ada pada mobil.


Penyebab dan Mengatasi Persneling Mobil Los

Untuk mengatasi persneling dan penyebab mobil los sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yakni lakukanlah pengecekan pada item yang menjadi masalah. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi persneling pada mobil yang los, diantaranya adalah :


  1. Mengecek Bagian Kabel Tuas 

Umumnya, ketika persneling didapati dalam kondisi los. Maka hal pertama dan utama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek bagian kabel tuas. Jika setelah pemeriksaan singkat yang bisa dilakukan oleh Anda pemilik kendaraan didapati bahwa kabel tuas terasa berat. Maka solusinya harus segera dibawa ke bengkel terdekat, atau memanggil teknisi bengkel langganan.


  1. Bushing Tuas Persneling Rusak

Selanjutnya yang bisa dicek apabila kabel tuas ternyata tidak ada kendala adalah cek bagian bushing. Di bagian persneling yang mudah rusak berikutnya tanpa bisa terkontrol biasanya adalah bagian bushing. Bushing ini umumnya dibuat dengan bahan dasar karet. Nah, inilah yang kadang tidak terkontrol. Karet bushing bisa menjadi getas, atau bahkan kondisi lainnya akibat lalai dirawat.


  1. Kabel Kopling Mulai Keras

Berikutnya adalah cek bagian kabel kopling, apakah sudah mulai mengeras. Kabel kopling ini terdiri dari dua jenis, yakni jenis manual dan jenis hidrolik. Pada mobil yang menggunakan kopling manual. Umumnya menggunakan bahan besi pada kabel kabel tersebut. Sehingga apabila terjadi los persneling penyebabnya bisa jadi karena kabel kopling manual telah berkarat.


Sementara pada mobil dengan tipe kopling hidrolik, biasanya yang sering menjadi penyebabnya adalah telah terjadi kebocoran pada seal, dibagian master kopling. Sehingga terjadi ketidakstabilan tekanan hidrolik. Solusinya tentu dengan memperbaiki kebocoran yang terjadi. Supaya tekanan hidrolik kembali bagus dan sempurna.


Bagaimana kendaraan yang sering kita pakai untuk dibawa kemana-mana harus dijaga kondisinya. Dengan begitu, biar pun masalah yang terjadi terdapat pada komponen yang dianggap tidak penting, tetap diperhatikan kelayakannya. Karena seringnya kecelakaan terjadi disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada komponen-komponen yang kurang mendapat perhatian.


Dengan kata lain, sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda harus memperhatikan berbagai komponen yang ada pada mobil Anda. Pahami dan cari informasi sebaik mungkin mengenai kendaraan yang Anda gunakan. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang bisa Anda temukan di laman internet atau melalui akun sosial media yang Anda miliki. Sangat mudah sekali bukan?


Demikianlah pembahasan tentang mengatasi dan penyebab persneling mobil los. Solusi yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan di awal terjadi persneling los adalah tetaplah bersikap tenang. Kemudikan mobil ke tepi jalan, dan lakukan pengecekan di hal mendasar pada bagian persneling. Lalu hubungi pihak bengkel untuk mendapatkan perbaikan. Sekian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi dan Penyebab Persneling Mobil Los"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer