Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Mengecek Busi Mobil Mati Atau Hidup Secara Mandiri

busi mobil mati atau hidup
Saat mesin mobil tidak mau menyala, maka Anda sebaiknya tidak perlu panik atau meminta bantuan seorang teknisi. Lakukan pengecekan apakah busi mobil mati atau hidup terlebih dahulu dengan beberapa langkah saja secara mandiri.





Infongapak.com - Memiliki mobil tentunya harus mengenal komponen penting di dalamnya agar dapat segera mengatasinya. Seperti busi mobil mati atau hidup, harus dapat Anda ketahui agar kerja mesin tak terganggu. Busi merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan seperti mobil. Jangan sampai mobil mengalami kendala saat tengah berada dalam perjalanan penting dan bisa menghambat yang lainnya.

Banyak pemilik mobil yang lebih menyukai untuk menyerahkan segala sesuatu pada bengkel ataupun tempat service saat terjadi masalah. Padahal ada hal-hal yang sesungguhnya bisa Anda lakukan sendiri. Anda akan jauh lebih hemat biaya, saat mengetahui masalah pada mobil dan dapat mengatasinya. Apalagi saat ini ada banyak tutorial yang bisa Anda temukan terkait berbagai permasalahan pada sebuah mobil.

Salah satunya yang berkaitan dengan busi, komponen yang berukuran kecil tapi fungsinya sangat penting. Komponen ini berpengaruh pada kemampuan atau nyala tidaknya sebuah mesin mobil. Pada mobil yang umurnya tak lagi muda, seringkali terjadi masalah yang salah satunya adalah busi. Mesin mati atau tak mau menyala bisa disebabkan oleh busi, salah satu penyebabnya.

Cara Mengetahui Busi Mobil Mati Atau Hidup Secara Mandiri

Salah satu masalah atau kendala pada mobil yang tak berumur muda adalah kondisi busi mobil. Anda perlu mengetahui cara mudah apakah busi mobil mati atau hidup tanpa harus membawanya ke bengkel atau memanggil teknisi. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

  1. Bukalah kap mesin dan coba nyalakan mobil dengan perlahan.

  2. Coba Anda setel gas atau naikkan RPM mobil.

  3. Dengan menggunakan sarung tangan, coba lepas kabel busi satu persatu.

  4. Jika busi hidup atau normal, maka saat Anda lepas akan terjadi perubahan RPM. Sebaliknya jika busi mati maka RPM tak berubah.

  5. Bandingkan busi yang telah Anda cabut dengan yang lainnya. Jika busi tersebut diduga mati, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu. Akan lebih baik jika langsung mengganti dengan yang baru.

  6. Jika busi telah diganti dan mesin masih tak menyala, cobalah untuk mengganti kabelnya. Saat busi telah diganti dengan yang normal dan tak ada perubahan, bisa jadi kabel putus atau terdapat masalah lain. Anda bisa mengganti kabel busi sendiri atau meminta pertolongan pada teman atau teknisi.

Mudah dan cukup beberapa langkah saja untuk mengetahui busi mobil mati atau hidup. Anda tak perlu panik atau membawanya ke bengkel, cukup melakukan pengecekan terlebih dahulu. 

Jika semua langkah di atas telah dilakukan dan mesin masih mati, maka tidak ada salahnya kalau mobil segera dibawa ke bengkel. Dengan begitu masalah yang terjadi bisa langsung oleh orang-orang yang sudah ahli dan lebih paham dengan masalah yang terjadi pada kendaraan Anda.

Demikianlah ulasan mengenai mengatasi masalah busi mobil mati atau hidup yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Karena tidak ada salahnya kalau memang ingin mencoba lakukan sendiri sebelum memanggil teknisi bukan? Ditambah lagi, sebagai pemilik kendaraan, Anda harus bisa untuk memahami berbagai informasi yang ada pada kendaraan. Sehingga kedepannya Anda bisa menangani masalah pada mobil secara mandiri, atau membantu teman yang memiliki masalah dengan mobil mereka. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengecek Busi Mobil Mati Atau Hidup Secara Mandiri"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer