Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

 

Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

 

Infongapak.com - CPU ialah sebuah nama dari kepanjangan Central Processing Unit dan lebih akrabnya di sebut dengan CPU guna mempermudah penyebutan. CPU sendiri merupakan hardware atau perangkat keras di komputer yang berfungsi sebagai penerima dan pelaksanaan perintah dan data yang diolah dari software. CPU komputer sendiri merupakan bagian utama di komputer pasalnya dapat mengatur seluruh aktivitas komputer, dan kalau terjadi masalah maka dapat berpengaruh pada kinerja pada komputer tersebut.

Adapun beberapa Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya yang tepat untuk kalian lakukan adalah, seperti dibawah ini.

Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

1.       Power Supply

Pada saat PC Anda di hidupkan, tetapi tidak ada tampilan maupun reaksi apapun baik lampu indikator dan lainnya, maka solusinya, Anda perlu memeriksa kabel yang terhubung dengan power supply guna menstabilkan aliran listrik yang masuk ke PC. Jangan lupa untuk memeriksa tombol di bagian belakang power supply ada dalam posisi on dan kalau tidak juga memberikan respons, maka gantilah kabel yang menghubungkan power supply dengan PC.

2.        Mobo ( motherboard)

Masalah ini umumnya akan akan menunjukan tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator yang berkedip maupun panel depan yang menyala, processor berputar tetapi tidak ada suara beep dan kipas power supply. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang harus dilakukan yakni:

·         Lepaskan semua kabel power yang sudah terhubung ke CPU dan listrik

·         Lepaskan juga sekrup yang menutupi bagian casing dan buka lalu lepaskan komponen lainnya seperti kabel tegangan power supply ke mobo, HDD, Card contohnya VGA dan Floppy

·         Jangan lupa juga untuk memeriksa mobo, apakah mobo aman dan tidak ada yang terbakarKalau tidak, maka kemungkinannya kerusakan telah terjadi Karena adanya masalah pada BIOS

3.       CPU Bunyi Beep

Selanjutnya adalah masalah pada CPU yang mengeluarkan bunyi beep yang panjang maupun berkali-kali. Pada saat menyalakan, umumnya CPU akan mengeluarkan suara beep beberapa kali dan tidak ada tampilan di monitor padahal nyatanya monitor dalam keadaan yang normal. Hal ini pun bisa saja terjadi disebabkan karena kesalahan pada BIOS dan umumnya terdapat kesalahan di memory card yang sudah tidak terdeteksi atau bermasalah di VGA Card yang tidak baik  pada saat pemasangan. Penyebab lainnya juga bisa ditimbulkan karena kabel data monitor.

4.        CPU Hang dan Not Responding

Keempat CPU yang hang atau not responding biasanya sering terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya :

·         Terdeteksi virus

·         Masalah pada hardware seperti memori yang kotor dan rusak, mobo yang error atau kotor, coding fan yang tidak dapat berputar dengan semestinya dan supply yang tidak stabil.

·         Bad sector di HDD

5.       Bluescreen

Selain itu, masalah ini juga sering membuat repot dan solusinya adalah, kalian harus mengecek system windows rusak atau tidak. Di CPUS sendiri, Anda harus memeriksa pada bagian memori maupun pada HDD atau bisa juga dari komponen pada CPU yang lainnya.

Demikian itu saja beberapa masalah yang kerap dialami oleh CPU dan solusi tepat untuk mengatasinya yang benar sebagai langkah awal pertolongan guna mengurangi kendala pada CPU yang bermasalah. Sekian kami akhiri, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali. 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer