Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Rumus Excel Untuk Admin Yang Harus Diketahui dan Dipelajari

 

Rumus Excel Untuk Admin

 

Infongapak.com - Microsoft excel, merupakan salah sebuah aplikasi yang wajib dikuasai para administrasi kantor. Adanya perangkat lunak besutan Microsoft ini, telah membuat kita semakin mudah dalam mengontrol dan mengolah data dengan lebih sederhana dan juga semakin cepat. Jadi tak heran kalau aplikasi ini menjadi pioneer spreadsheet pada dunia perkantoran.

tidak sampai disini saja, pada Microsoft excel sendiri, ada banyak sekali fungsi atau rumus yang dapat membantu kita mengolah data. Dan agar kita semakin mahir dalam menggunakan Excel, maka perlu kamu tahu penting sekali menguasai semua rumus yang ada. Dengan memahami semua rumus excel dasar maka itu sudah cukup. Lantas seperti apa sih Rumus Excel Untuk Admin yang paling sering digunakan? Ini dia jawabannya!

Rumus Excel Untuk Admin yang Sering Digunakan

SUM

·         Kegunaan dari rumus SUM, adalah guna membantu penjumlahan. Dengan pemisah (,) dengan ini kalian dapat menjumlahkan angka per kolom. Sedangkan kalau dengan pemisah, (: ) kalian dapat menjumlahkan angka dalam satu range, contohnya dalam satu barisan kolom A.

Count

·         Sedangkan Count, penulisan kegunaannya hampir sama dengan SUM yakni hanya saja yang membuatnya berbeda fungsi untuk menghitung jumlah angka di suatu range, baris atau kolom. Dan perlu di ingat ya, menghitung jumlah bukan menjumlahkan. COUNT sendiri tidak hanya menghitung jumlah angka yang ada saja, jadi karakter selain angka tak akan masuk di hitungan.

Counta

·         Fungsi counta bisa dibilang hampir serupa dengan Count hanya saja fungsi rumus ini dapat menghitung karakter lain diantaranya huruf maupun simbol yang terkait dalam satu range, baris atau kolom.

Trim

·         Trim berperan sebagai penghitung kelebihan spasi yang ada di suatu sel.

LEN

·          LEN berperan sebagai rumus menghitung jumlah karakter dii sebuah sel. Spasi juga termasuk dalam hitungan.

Average

·          Average adalah rumus yang dapat digunakan sebagai penghitung nilai rata-rata pada kumpulan angka di sebuah range. Serupa dengan SUM dan Count, ialah sebagai fungsi mendasar.

MIN dan MAX

·         MAX adalah berperan sebagai pencari nilai tertinggi untuk sebuah range. Sedangkan MIN berperan sebagai mencari nilai terkecil.

IF

·          IF biasanya paling banyak digunakan untuk fungsi logika. Seperti halnya, pada saat Anda menghitung target penjualan. Apabila berhasil hingga mencapai diatas GBP 500.000 maka target telah tercapai, jika tidak seperti itu maka tidak tercapai target penjualannya. Jadi, penting untuk menguasai rumus IF karena rumus ini selalu berjumpa dengan kasus sejenis ini.

Concatenate

·          Concatenate berperan dalam menggabungkan karakter untuk berbagai sel agar menjadi sebuah sel.

MID, RIGHT dan Left

·         MID adalah rumus yang berperan dalam memisahkan karakter di sebuah sel yang dapat dimulai dengan karakter pada tengah. Sedangkan RIGHT berperan sebagai pemisah karakter di sebuah sel yang diawali pada karakter yang kanan. Dan untuk rumus Left sendiri ia berperan sebagai pemisah karakter di satu sel yang diawali dengan karakter paling kiri.

Vlookup dan Hlookup  

·         Vlookup adalah rumus yang berperan guna mencari dan membandingkan data di tabel referensi dengan bentuk vertikal, yang artinya mengacu pada data kolom bagian kiri. Sedangkan hlookup memiliki kegunaan yang serupa, hanya saja perbedaannya HLOOKUP dilakukan dengan horizontal dengan mengacu pada data baris paling atas. Dari kedua rumus ini pun memiliki peranan yang dapat membantu kita dalam mengerjakan dan menggabungkan 2 data yang berbeda dengan materi yang sama.

Demikian ulasan diatas, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. 

 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Excel Untuk Admin Yang Harus Diketahui dan Dipelajari"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer