Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Yuk Kenalan Dengan Rumus Excel IF

 

Rumus Excel IF

 

Infongapak.com - Untuk kalian yang bekerja dengan profesi sebagai seorang pekerja kantoran pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Microsoft Excel! Ya’ dari sebagian besar seseorang yang bekerja di kantor yang umumnya banyak menggunakan program Excel dalam mengolah berbagai jenis data yang berbentuk angka. Program ini pun dasarnya merupakan sebuah bagian pada program aplikasi Microsoft Office buatan Microsoft yang secara khusus ditujukan sebagai program pengolah dokumen kantor.

Nah, jika kita membahas Microsoft Excel tentu kalian sudah tak asing lagi dengan nama rumus Excel IF? Ya salah satu rumus yang banyak digunakan di Excel. Lantas seperti apa sih Rumus Excel IF yang sesungguhnya? Yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini

Rumus Excel IF Adalah?

Rumus IF merupakan salah sebuah rumus yang bisa memberikan sebuah hasil dengan dasar proses evaluasi di sebuah kondisi logika tertentu. Ada dua kemungkinan hasil pada proses evaluasi tersebut, yakni benar (True) atau salah (False). IF sendiri nantinya akan memberikan hasil berdasarkan benar dan salah dari materi tersebut.

Kegunaan Rumus IF

·          Kegunaan dari pada rumus IF yakni guna memberikan hasil yang terdapat dari proses evaluasi kondisi logika yang telah kita masukan sebagaimana input di dalamnya.

Hasil Dari Rumus IF

·         Hasil yang diperoleh dari rumus IF yakni data atau proses tertentu yang berdasarkan benar atau tidaknya input kondisi logika kita sendiri.

Versi Excel Rumus IF Mulai Bisa di Gunakan

·         IF dapat digunakan pada pengguna excel sejak versi 2003.

Cara Penulisan dan Input

Dibawah ini adalah salah sebuah bentuk paling umum untuk penulisan rumus IF pada Excel.

=IF (logical_test,value_if_ flase,  value_if_true)

Dan berikut ini merupakan penjelasan ini:

  • Logical test= adalah bentuk dari kondisi logika yang akan anda evaluasi dengan rumus IF. Hasil evaluasi ini nanti dapat menentukan hasil yang akan Anda dapatkan dari rumus IF Anda.
  • Value if true= opsional dengan hasil dari IF apabila kondisi logika yang Anda berikan ke dalamnya terbukti benar. Kalaupun Anda tidak memberikan input ditempat ini, maka hasilnya dapat menjadi nilai logika TRUE.
  • Value if false= opsional dengan hasil pada IF apabila kondisi logika yang Anda berikan di dalamnya terbukti salah. Kalau Anda tidak memberikan input disini, maka hasil akhirnya akan menjadi nilai logika yang Flase.

Langkah-Langkah Penulisan

Adapun beberapa langkah dalam penulisan rumus IF pada Excel di awal hingga akhir. Berikut selengkapnya:

  • Ketik = (sama dengan) pada cell pada tempat yang akan Anda taruh hasil IF- nya
  • Ketik IF bisa dengan huruf kecil atau besar dan tanda kurang setelah = (sama dengan)
  • Ketiga masukan kondisi logika yang akan Anda evaluasi agar dapat menentukan hasil dari IF nya dan masukan , (koma)
  • Masukan hasil IF jika kondisi logika tersebut terevaluasi benar/ True lalu masukkan tanda , (,)
  • Masukan hasil dari IF apabila kondisi logikanya tersebut sudah terevakuasi salah ( Flase)
  • Ketik tanda tutup kurung
  • Dan tekan tombol enter
  • Lalu selesai

Demikian itu saja yang dapat kami jabarkan pada kesempatan kali ini mengenai rumus IF pada Microsoft Excel yang harus kalian kuasai. Selamat mencoba rumus IF di atas semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali. 

 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Kenalan Dengan Rumus Excel IF"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer