Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Diagnosa Kerusakan Sistem AC Mobil



AC mobil adalah salah satu kebutuhan yang wajib hampir semua jenis dan merek mobil pasti sudah dilengkapi dengan sistem pendingin AC.

Infongapak.com - Saya tidak bisa membayangkan bila Sistem AC mobil pada kendaraan anda bermasalah atau tidak berfungsi dengan normal ,anda pasti akan merasakan perjalanan dalam kendaraan anda sangat tidak nyaman.

Banyak permasalahan sistem pendingin AC mobil yang sering terjadi  dan tak jarang dari mereka yang merasa lelah dengan permasalahan sistem pendingin AC mobil yang tak kunjung terselesaikan.

Permasalahan AC mobil terbilang masalah yang sangat komplek dan tak mudah untuk bisa segera tertangani dan kembali normal, Mengapa permasalahan sistem pendingin atau AC mobil begitu sulit untuk ditangani..? menurut saya permasalahan itu wajar saja terjadi karena,sistem AC pendingin pada kendaraan dilengkapi dengan komponen part pendukung yang saling berkaitan dan tak mudah untuk di diagnosa komponen part tersebut yang bermasalah, dan anda atau mekanik harus benar benar hati hati,ketelitian dan kesabaran dalam mem vonis komponen part pendukung sistem pendingin AC kendaraan tersebut bermasalah.

Biasanya mekanik memperbaiki komponen part pendingin AC hanya spekulasi dan cenderung kurang tepat dalam penggantian atau perbaikan komponen sehingga biaya perbaikan semakin besar dan permasalahan AC mobil tak kuncung teratasi.

Yuk langsung saja bagaimana cara Diagnosa AC Mobil Bermasalah dan Solusinya sebagai berikut:

1.       Cek freon

Yang pertama adalah cek freon, bila permasalahan AC mobil kendaraan anda tidak lagi dingin dan outlete AC hanya mengeluarkan hembusan angin saja, bisa juga karena freon AC habis atau kompresor AC tidak bekerja. Anda bisa cek untuk memastikan apakah freon anda masih ada atau memang benar benar sudah habis.

Cara mengecek freon ,anda bisa menggunkan lidi atau paku lalu buka valve atau katup pada pipa AC lalu tusukan pada valve pipa AC, bil pada saat di tekan bunyi ces berarti freon masih ada.

Tetapi bila valve pipa AC ditekan dengan paku atau lidi tidak bunyi ces berarti freon AC telah habis.

2.       Cek Relay AC

Selanjutnya anda bisa cek dan pastikan relay AC mobil anda masih berfungsi dengan baik. Bila relay AC mobil anda bermasalah maka kompresor AC mobil anda tidak dapat bekerja sehingga tekanan freon AC tidak bekerja sehingga outlete AC mobil anda akan hanya mengeluarkan angin saja.

3.       Cek Evaporator

Bila AC mobil anda masih kurang dingin atau tidak dingin sama sekali, anda bisa pastikan dan cek komponen part yang satu ini yaitu evaporator apakah masih  normal atau sudah bocor atau mampet sehingga AC mobil anda kurang maksimal dalam proses mendinginkan ruangan mobil anda.

Evaporator bocor maka akan terjadi kebocoran freon sehingga freon akan cepat habis dan sistem pendi8ngin AC mobil anda akan bermasalah. Bukan Cuma evaporator mengalami kebocoran tetapi evaporator juga bisa kotor yang mengakibatkan bau yang tidak sedap pada kabin mobil anda karena kotoran debu yang mengendap dan menyumbat.

Baca Lainya: Tanda Tanda motor starter bernasalah 

Anda bisa membersihkan dan memperbaiki komponen part evaporator ini agar AC mobil anda kembali normal dingin seperti semula.

4.       Cek Kompressor

Selanjutnya anda bisa cek kompresor, kompresor ini termasuk komponen yang sangat vital dan penting pada sistem pendingin AC .kompresor ac bekerja dengan adanya  putaran mesin yang disambungkan menggunakan fan dan dikaitkan pada puley.

Kompresor berfungsi  sebagai kompresi freon untuk di kompresikan dengan udara agar udara yang masuk pada kabin mobil dengan suhu dingin.

Bila kompresor bermasalah maka kompresi freon akan lemah dan bila kompresor sama sekali tidak berfungsi maka kompresi freon tidak akan terjadi sehingga udara yang mengalir pada kabin mobil hanya udara saja tanpa freon sehingga suhu tidak dingin.

Solusinya bila kompresor mobil anda bermasalah anda bisa perbaiki agar tekanan kompresi semakin kuat, bila anda tak mau ribet untuk mempernbaiki anda bisa lakukan penggantian dengan kompresor yang baru agar lebih puas dan AC kembali dingin dan normal kembali.

5.       Cek dryer

Banyak dari pemilik kendaraan atau mobil yang kurang begitu tahu dan paham dengan komponen part satu ini yaitu dryer.

Dryer ini adalah komponen sistem pendingin AC yang berbentuk seperti botol dan biasanya berwarna hitam, dryer ini biasanya terletak pada bagian depan mobil disekitar kondensor dalam bumper depan.

Dryer ini berfungsi sebai penampung sementara dan sekaligus sebagai  penyaring dan pengering freon setelah menjadi cair oleh kondensor. Komponen part ini sangat jarang mengalami kerusakan dan jarang dilakukan perbaikan dan penggantian. Tetapi tidak ada salahnya bila anda untuk mengecek dan menggantinya bila dryer kendaraan anda memang sudah waktunya untuk dilakukan peremajaan part.

Baca Lainya: Mengenal Apa Itu Auto Pilot Pada Mobil Tesla

6.       Cek kondensor

Perlu diketahui bahwa kondensor adalah komponen part sistem pendingin AC mobil anda, fungsi dari kondensor adalah untuk mengubah atau penukar kalor untuk dikondensasikan dari gas yang bertekanan tinggi menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian di alirkan menuju receiver dryer dan kemudian diteruskan menuju expansi valve.

Kesimpulan

Bila sistem pendingin AC kendaraan atau mobil anda kurang dingin atau bermasalah diharapkan anda bisa mendiagnosa dan menganalisa permasalahan sistem pendingin AC mobil anda sebelum mem vonis komponen part sistem pendingin itu rusak,sehingga anda bisa memperbaiki sistem pendingin AC mobil anda dengan tepat.

Semoga bermanfaat

 

 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Diagnosa Kerusakan Sistem AC Mobil"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer