Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Tanda Tanda Alternator Bermasalah



InfoNgapak.Com - Aternator adalah salah satu komponen part mobil yang sangat vital dan penting yang wajib anda perhatikan.

Alternator adalah komponen part mobil yang di assy pada engine atau mesin kendaraan, alternator digerakan oleh putaran mesin dengan perantara bel ACG atau Belt AC Generator untuk menghasilkan arus listrik.

Fungsi Alternator pada kendaraan

Alternator mempunyai peran fungsi yang sangat vital dan perlu diperhatikan serius agar kinerja mesin tetap terjaga dengan baik khususnya bagian arus listrik agar tetap stabil walaupun arus listrik digunakan secara bersama sama dan jangka waktu yang lama.

Semua kendaraan dibekali dengan baterai tetapi baterai tidak bisa mengcover semua kebutuhan listrik pada kendaraan dengan jangka yang lama termasuk untuk menghidupkan pengapian mesin tanpa adanya Alternator.

Alternator mampu mengubah energi putar menjadi energi listrik dan mampu menjaga dan memenuhi kebutuhan listrik pada kendaraan sepanjang jalan, bukan hanya itu alternator juga mampu mengisi arus listrik pada baterai sepanjang jalan dan sepanjang waktu selama kendaraan dihidupkan.

Masalah Alternator rusak

Bila alternaor kendaraan rusak maka akan terjadi masalah pada kelistrikan kendaraan termasuk baterai kendaraan anda akan drop karena pada saat kendaraan di hidupkan maka alternator tidak mengisi baterai sehingga arus listrik baterai tidak mampu meng cover semua kebutuhan  listrik pada kendaraan.

Bila dalam perjalanan tiba tiba alternator bermasalah maka mesin mobil secara perlahan akan mogok atau berhenti karena pengapian pada ruang kompresi bahan bakar terhenti sangat lemah sehingga mesin mengalami gagal kompresi.


Cara Cek Alternator Bermasalah

Sebelum permasalahan itu muncul sebaiknya anda kenali gejala permasalahan yang biasanya terjadi apabila alternator kendaraan bermasalah, anda bisa lakukan sendiri dengan mudah tak perlu anda harus pegi ke bengkel, yuk langsung saja.

Pada saat mesin mobil atau kendaraan anda dihidupkan, anda bisa lakukan pengecekan dengan cara melepas terminal baterai positif (+) pada saat mesin mobil atau kendaraan anda dihidupkan.

Bila mesin mobil anda mati setelah kabel positif (+) pada terminal baterai kendaraan anda dilepas maka bisa dipastikan alternator anda bermasalah.

Dan bila Mesin mobil anda tetap hidup pada saat kabel positif  (+) pada terminal baterai dilepas maka bisa dipastikan alternator anda masih bagus dan normal karena arus listrik pada kendaraan anda tetap stabil tercukupi dan mesin mobil tetap menyala dengan normal walaupun tanpa arus dari baerai

Solusi Alternator bermasalah.

Bila alternator mobil anda bermasalaha setelah anda melakukan pengecekan dengan seksama maka anda bisa lakukan perbaikan pada alternator dengan berbagai macam penyebab komponen part alternator yang rusak. Bila anda ingin cepat dan tidak perlu ribet anda bisa membeli alternator yang baru.

Kesimpulan

Setelah anda tahu tanda tanda alternator mobil atau kendaraan bermasalah diharapkan anda bisa melakukan pengecekan atau perbaikan alternator anda sebelum mobil anda berhenti atau mogok karena alternator bermasalah.

Semoga bermanfaat  

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Tanda Alternator Bermasalah"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer