Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Wisata Alam Kabupaten Kebumen Yang Menakjubkan

 Infongapak.com-Wisata Alam Kabupaten Kebumen Yang Menakjubkan.Kabupaten Kebumen termasuk salah satu Kabupaten yang memiliki kekayaan wisata alam yang bisa buat referensi kamu untuk berlibur.Di Kabupaten ini banyak sekali wisata alam yang hits,masa iya kamu mau melewatkan momen liburan kamu ke tempat yang sangat mengagumkan?.Perlu kamu tahu Kabupaten yang bertetanggan dengan BanjarNegara ini memiliki kekayaan alam yang membuat semua orang berdecak kagum.Disini banyak sekali Spot foto yang bisa kamu ambil untuk up date Snapgram atupun story whatapps kamu,pastinya kamu akan banyak sekali memiliki stok foto.Apalagi Kabupaten ini memiliki situs Geopark yang sudah mendunia lho,mana lagi kalo bukan Kabupaten Kebumen. 

Nah,penasan kan dengan wisata alam di Kebumen yang salah satunya sudah diakui di Unessco ini.Yuk baca sampai habis buat kamu kunjungi ketika berlibur.

1.Goa Jatijajar

Goa Jatijajar ini terletak di kawasan pegunungan kapur di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah.Untuk menempuh perjalanan dari kota Kebumen memerlukan waktu sekitar satu jam.

Goa yang memiliki berbagai keunikan di dalamnya ini menjadi salah satu daya taraik wisatawan untuk mengunjungi goa ini.Setelah samapai pada mulut goa,maka kamu akan melihat patung berupa Dinosaurus yang mengeluarkan air mancur .Konon cerita patung ini ada sebagai perwujudan bahwa goa Jatijajar ini memang umurnya sudah sangat tua.Air yang dikeluarkan dari patung Dinosaurus ini berasal dari Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Ketika kamu menyusuri di dalam goa Jatijajar maka akan banyak menemukan berbagai stalagtit,stalagmit,dan tiang kapur.Di dalam go Jatijajar ini memang memilki banyak sumber air.Sumber air itu biasa masyarakat sekitar menamainya dengan sebutan Sendang.Ada empat Sendang yang menjadi sumber aliran sungai diantaranya Sendang Jombor,Sendang Puser Bumi,Sendang Kantil dan juga Sendang Mawar.

2.Curug Silancur

Curug Silancur ternyata terletak di cagar alam Nasional Geologi di kawasan Karangsambung,wah..!keren yah Kabupaten Kebumen memiliki cagar alam Nasional.Untuk menikmati keindahan curug Silancur kamu butuh perjuangan yang luar yang lumayan sulit,karena medan menuju kawasan in masih tergolong sulit.Namun lagi-lagi lelahmu akan terbayar dan tidak akan kecewa karena kamu bakal kehipnotis keindahan alam dari curug Silancur.

Saking jernihnya air Curug dari pegunungan ini sehingga kamu dapat cuci muka dan merasakan langsung kesegaran alam di curug ini.Menariknya lagi,air yang jatuuh dari curug ini langsung jatuh menghatam bebatuan yang sangat besar sehingga menambah pesona keindahan dan titik air yang tercipta akan menambah suasana kesegaran.Bagaimana?,bisa dibayangkan keindahan dan kesejutan alam yang dapat dirasakan.

Kalo kamu datang ke Kabupaten Kebuman,kamu bisa mengambil rute lewat pemandian air panas Krakal,Sekalian kamu untuk dapat merasakan mandi air hangat belerang yang langsung dari dalam perut bumi.Setelah itu ikuti saja petunjuk yang bakal membawamu ke curug Silancur yang di kecamatan Karangsambung ini.

3.Air Terjun Superman Big Sister

Air Terjun Supermen ini terletak d Kecamatan Ayah,tepatnya di dalam goa sebelah Goa Barat.Ternyata di dalam Goa ini terdapat banyak air terjun,air terjun yang cukup tinggi mencapai 32 meter salah satunya air terjun Supermen Big Sister.

Goa ini memiliki cerita dibalik nama air terjun Superman Big Sister,bertepatan pada tahun 1996 seseorang yang bernama Cahyo Alkantana adalah orang yang pertama kalinya menyusuri Goa Barat hingga sampai ujung.Sehingga nama  Goa Superman Big  Sister dinamai olehnya.

Apabila kamu berkunjung ke Goa ini kamu bakalan kehipnotis dengan panorama keindahan di dalamnya.Air terjun yang terdapat di dalam goa menjadi menambah eksotis.Yakin deh kamu gak bakalan nyesel.

4. Waduk Sempor

Mengunjungi Waduk Sempor itu sama berarti kamu dapat menikmati pemandangan yang ada di sekitar Waduk.Di sini kamu bisa berjogging ria,kamu bisa pula berkulinaran di sekitar waduk sekaligus menikmati indahnya pohon pines yang mengelilingi Waduk.

Sembari kamu mengagumi waduk,kamu dapat menikmati Banana boat yang di sediakan di Waduk ini.Wah pasti akan seru tuh?,apalgi perahu karet yang dinaiki sampai terbalik,makin menyenangkan bukan?.Apalagi kamu bisa sembari bersepeda di pinggir waduk ini dengan kesunyian dan angin yang semilir.

5. Puncak Gunung Duwur

Sobat, jika kamu mempunya hobi pendaki gunung?.Ini sangat cocok untuk kamu coba Gunung Duwur yang berada di Desa Watukelir Kecamatan Ayah.Memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl,ini sangat bagi kamu yang masih pemula untuk berlatih mendaki gunung.Walaupun tak setinggi gunung Slamet namun dari puncak gunung Duwur ini kamu bisa menikmati keindahan laut dan Samudra Hindia yang jauh membentang yang dibatasi dengan garis pantai dan Cakrawala yang begitu mengagumkan.

Untuk mencapai pada puncaknya perlu menguras tenaga,kamu perlu melakukan treking selama 1,5 jam perjalanan,namun kelelahan yang kamu rasakan tentunya akan terbayar lunas dengan pemandangan alam di bawahnya dan memandang luas Cakrawala yang mempesona.

6. Arung Jeram Padegolan

Buat kamu yang menyukai tantangan, kamu bisa menguji adrenalinmu datang saja ke Arung Jeram Padegolan yang terletak di area waduk Wadas Lintang Kecaamatan Prembun.Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sangat menyukai tantangan.Dijamin adrenalin kamu bakalan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.Di sini kamu bisa melakukan rafting sepanjang 7 kilometer lho,menyenangkan bukan?.

Di Arung Jeram Padegolan ini medannya dengan jarak sepanjang 5 kilometer kamu akan disugyhi dengan sungai yang berarus deras dengan banyak jerm yang cukup menantang.Sedangkan sisanya yang 2 kilometer adalah aliran sungai yang tenang yang dapat lamu gunakan untuk meredakan spot jatung anda untuk menenangkan setelah sepnjang 5 kilometer menakhlukan jeram yang menantang adrenalinmu.

Oh iya , buat kamu yang mau melakukan arung jerang di sini jangan lupa untuk kamu mengajak teman ataupun keluargamu,karena arung jerang ini wajib dilakukan dengan kelompok,di sisi lain hal ini dapat dilakukan untuk menguji kekompakan kamu dalam berkelompok kerjasama.

7. Bukit Pranji

Bukit Pranji terletak di Desa Pangaringan Kecamatan Pejagon.Bagi para pendaki bukit ini sering dijadikan sebagai pendirian tenda.Tak heran jika akhir pekan banyak para pesepeda yang berbondong bondong untuk datang ke bukit ini.Hal ini seolah-olah sudah dijadikan primadona bagi para mauntain bike.

Bukit Pranji ini memiliki ketinggian mencapai 500mpdl,hal nini sangat cocok bagi pendaki pemula.Walaupun medannya tidak terlalu berat,namun cukup menantang andrenalinmu untuk melaluinya.Tapi walaupun begitu tentunya kamu bakal menikmatinya karena di sini disuguhi pemandangan yang sangat mempesona.

Akses jalan untuk kemaripun tidak terlalu susah,kamu tinggal buka Google Maps saja.Cukup mudah bukan?.

8.Bukit Langit

Bukit Langit terletak di Desa Giripurwno Kecamatan Karanganyar.Buat kamu yang suka mengagumi pemandangan sunset,sunrise,ataupun lautan kabut maka kamu perlu datang ke destinasi bukit ini.Kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menawan dari ketinggian.Disini kamu akan merasakan berada di sekeliling kabut dengan pemandangan yang menawan dan kamu tentunya dapat merasakan udara yang sangat sejut di bukit Langit ini.

Di sini kamu bakal disuguhi dengan beberapa spot foto yang menarik yang dapat kamu coba lho.Diantaranya Gazebo,rumah pohon dan berbagai kayu yang bentuknya seperti sayap.Untuk aksesnya cukup mudah lho,kamu tinggal mengikuti Google Maps saja.

9. Telaga Jembangan

Wisata ini menawarkan pemandangan yang hijau yang dikelilingi dengan hutan yang masih sangat tejaga dengan keasrianya.Pada ujung telaga terdapat bendungan air telaga ini yang dimanfaatkan sebagai bendungan,Bendungan ini dinamai sebagai bendungan Pajengkolan.Air yang mengalir di telaga ini merupakan terusan dari air bendungan Wadaslintang  bagian timur yang berada di Kabupaten Kebumen.

Untuk menikmati keindahan telaga ini kamu dapat menggunakan perahu yang di sediakan untuk disewa.Di sini kamu dapat menikmati wahana perahu air.Di sini pula terdapat dua jembatan yaitu jembatan Gantung dan jembatan Padengolan.Kalo kamu datang ke sini,andai datang bersama adik atau sodara,kamu dapat menikamati wahana bermain anak,area pemancingaan,area outbond atau lain sebagainya.Selain wisata alamnya yang indah di wisata Jembangan kamu pun dapat melihat kebon binatang mini yang sudah di sediakan,namun kamu perlu membayar tambahan tiket untuk memasukinya.

harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau dengan di bandrol sebesar 3000 rupiah saja kamu dapat menikmati indahnya wiasta di Jembangan ini.

10. Goa Petruk

Goa Petruk ini terletak di dukuh Madayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah.Nama Petruk sendiri diamabil dari nama tokoh pewayangan.Pengambilan nama ini berdasarkan dari salah bentuk batu yang ada di dalam  gua yang memanjang menyerupai hidung dari Petruk.

Kamu tak perlu khawatir memasuki goa ini.karena di dalamnya terdapat penerangan yang terdapat di sepanjang gua.Sehingga kamu dapat menikmati eksotisme keindahan  serta keunikan dari goa ini.Kamu perlu membayar 7500 rupiah untuk memasuki goa ini.

Di dalam go petruk terdapat sarang kelalawar sehingga hal ini menimbulkan bau yang kurang sedap.Di dalam goa pula terdapat bebatuan yang menawan maka sayang banget jika kamu berkujung ke goa ini tanpa di abadiakan.

11. Air Terjun Sudimoro

Air terjun Sidomoro ini memiliki tiga tingakatan hingga memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Uniknya dari air terjun ini membentuk lapis dan seperti tirai sehingga hal ini akan membuat matamu terpukai.Untuk letaknya sendiri dari air terjun Sidomoro ini terletak di  Dusun Kalikumbang Desa Ronorojo Kecamatan Sempor.

Air terjun Sidomoro ini memiliki debit air yang cukup deras,namun tetap stabil.Apalagi pada musim penghujan tiba.Air terjun Sidomoro ini terbentuk dari alairan Kaliputih yang berhulu diwilayah sekitar perbukitan perbatasan Kabupaten Kebumen yang berbatasan lansung dengan Banjar Negara.

12. Bukit  Pentulu Indah

Bukit Pentulu Inadah ini berlokasi di Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung.Bagi kamu yang suka camp ataupun hiking kamu bisa menjajal ke bukit Pentulu Indah ini.Bukit Pentulu indah memiliki ketinggian sekitar 300 mdpl.Untuk menikmati indahnya pesona bukit Pentulu Indah ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 3000 rupiah saja.Untuk menuju lokasi dari area parkiran terbilang mudah dan dekat.

Apabila kamu berkunjung ke bukit ini menggunakan kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2000 rupiah saja.Gimana kapan kamu akan berkunjung untuk menikmati panorama yang indah ini dengan penghijauan yag membentang luas.

13. Curug Silangit Sidoagung

Curug Silangit Sidoagung terletak di Dusun Pacalbalung,Desa Sidoagung Kecamatan Sruweng.Apabila kamu berminat untuk mengunjungi curug ini maka kamu perlu menitipkan kendaraan di rumah warga.Karena untuk menuju lokasi kamu memerluakan jarak tempuh sekitar 3 km,Sehungga kamu perlu menyiapkan tenaga ekstra yah.Perjalan menuju lokasi lumayan menguras tenaga namun setelah sampai akan terbayar sudah dengan keindahan dari curug ini.

Setelah kamu sampai di lokasi curug,maka kamu akan menikmati suasana alamnya yang sejuk.Curug ini memiliki ketinggian hanya 15 meter saja.Namun untuk area di bawah curug terdapat air seperti kolam yang berkedalaman sekitar 3 meter.Jadi buat kamu yang tidak mahir berenang harap untuk selalu hati-hat yah.

14. Curug Plumbon

Curug Plumbon  ini merupakan curug kali yang memiliki dua undakan.Curug ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter,walaupun tak begitu tinggi namun curug ini memiliki keindahan yang daat kamu nikamati.Air yang jatuh dari atas begitu terlihat sangat indah mengenai batuan sedimen yang bertumpuk- tumpuk.

Buat kamu yang ingin mengunjungi curug ini untuk sekedar main air jangan lupakan kesejukan suasana di sini yah,selain sejuk curug ini di kelilingi dengan pepohonan yang lagi hijau dan rindang.Yang lebih menarik lagi curug ini adalah diantara dua jeda dari curug ini terbentuk kolam yang luas dengan air berwarna hijau yang merupakan pantulan dari pepohonan yang ada di sekitar curug.Hal ini sangat cocok buat kamu berenang dengan nuansa yang masih asri.

15. Goa Langse

Goa Langse ini berada di Desa Tototan Kecamatan Karangsambung.Goa ini sendiri sangat mirip dengan goa Langse yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta.Masih di lokasi yang sama terdapat bukit yang dinamai Jatibungkus, nah,di dalam bukit ini dalam tersimpan beberapa goa.Goa Langse di sebelah barat,goa Sikepul dan juga goa Silodong di sebelah timur.

Tentunya disini kamu akan menikamati setiap keindahan serta keunikan dari dalam goa masing-masing. Sehingga hal ini akan memberikan kesan masing- masing yang begitu eksotis.

Jadi, walaupun kamu hanya niat berku njung ke goa Langse,namun bonusnya kamu juga telah mengunjungi goa yang lain yang ada di wilayah goa Langse ini.

Gimana tinggal kamu mengatur waktu untuk mengunjungi wisata di Kebumen yang menakjubkan.Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat di jadikan referensi buat kamu yang mau berlibur.

 

 

   

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Alam Kabupaten Kebumen Yang Menakjubkan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer