Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Mengoperasikan Mesin Laser Cutting Kayu

Infongapak.com -Cra Mengoperasikan Mesin Laser Cutting Kayu. Mesin pemotong laser adalah sebuah alat hebat yang dapat memungkinkan unruk membuat suatu hal yang berbeda.Mulai dari sebuah kotak yang sederhana  hingga ukiran grafik yang terperinci ke dalam objek kayu ataupun membangun objek bertiga dimensi yang kompleks.

Dalam ulasan di bawah ini saya akan menjelaskan rangkaian  dari dasar dasar cara kerja  mesin pemotong laser kayu dan menggunakan mesin pemotong leser kayu merupakan pemotong kayu yang tergolong  paling aman untuk  mendapatkan kerajinan paling baik.Dengan begini sehingga dapat menghasilkan sebuah karya produk yang sangat rapi dan kuliatas yang sangat bagus dan dengan hasil yang jauh lebih cepat dibandng dengan cara yang manual.Selain itu pemotongan kayu menggunakan mesin leser sehingga cara ini jauh lebih simpel dan efisien.Hal ini berkat adanya teknologi canggih yang diberikan oleh kelebihan mesin laser yang dipakai.



Dalam proses pembuatan,cara membuat model dalam berkarya anda bisa membuat gambarnya sendiri. untuk dimasukan ke dalam mesin printer.Dari situ bisa dimulai untuk mesin bekerja akan mulai mengukir dengan hasil ukuran yang sesuai dengan gambar yang di printer.Mesin ini akan bekerja secara akuarasi yang sangat detail sehingga menghasilkan hasil yang sangat baik.Berikut ini saya akan jelaskan cara kerja  dan proses sistem cara menggunakan mesin laser cutting kayu.

Cara Kerja Mesin Kayu Cepat Dan Mudah

Mesin laser cutting kayu ini tergolong cara kerjanya sangat mudah unttuk material berbahan kayu. Mesin ini tergolong mesin yang multi fungsi dengan kelebihan selain memotong namun dapat pula difungsikan untuk mengukir dan juga dapat pula merangkainya menjadi sebuah produk.Biasanya dalam hal ini hanya digunakan 2 hal yaitu menggunakan  mesin laser cutting serta software desain atau file desain yang ingin digunakan.Setelah itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan pada umumnya,diantaranya:

1.Mempersiapkan Sebuah File

Mesin cutting sndiri merupakan mesin digital sehingga cara kerjanya pun harus menggunakan file desain untuk melakukan pemotongan yang hasil sudah sesuai dengan desain tersebut.Untuk melakukan kinerja mesin ini file bisa berupa tulisan maupun gambar atau bisa jadi dari keduanya.Berikutnya anda dapat membuat file yang berupa vector yang sudah dikerjakan melalui software editing.

2. Mengeksport file

Jika nada sudah mempersiapkan file nya,hal ini supaya dapat dikerjakan oleh software pre-cut pada mesin laser cut kayu.Selanjutnya anda melakukan eksport software yang sudah anda buat.eksport sendiri dapat anda buat dalam bentuk format ekstensi seperti.dxf atau format yang lainnya hal ini dikareanakan tergantung dengan file yang akan digunakan.

3. Persiapan Software Pre-cutting

Sesuai dengan perintah yang diberikan oleh software mesin cut maka biasanya harus disetting terlebih dahulu.Seperti mode untuk scan berfungsi untuk memerintahkan engraving dengan format gambar.jpg,bmp,dan lain sebagainya.Ada lagi mode dot yang berfungsi untuk memerintahkan pemotongan dengan garis-garis yang putus-putus.Metode ini digunakan untuk pemotongan material kayu dan lain sebagainya.

4. Persiapan Hardware pre-cutting

Setelah software dilakukan setup sesuai dengan kebutuhan maka langkah anda seanjutnya adalah melakukan persiapan settingan mesinnya yaitu hardware beserta material yang ingin anda potong.Langkah-langkah uutannya sebagai berikut ini.

  • Langkah paling pertama adalah anda nyalakan mesin laser cut kayu dan nyalakan lampu pada bagian area pemotongannya.
  • Setelah itu anda lakukan peletakan material kayu yang mau anda potong atau diukir pada area mesin kerja laser
  • Saat anda meletakan material di area kerja laser,maka anda meletakannya harus pas pada posisinya selevel atau sama rata karena hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapi. 
  • Arahkan atau gerakan pada panel kontrol dengan laser head pada mesin seperti tombol ke arah bawah,atas, kanan,atau kiri.

Setelah laser head berada pada osisi yang diinginkan ,maka anda dapat posisikan focus calibrasi diantara laser head serta material.

5. Memulai Mengukir dan Memotong

 Langkah yang terakhir yang anda lakukan adalah mesin potong telah siap melakukan pemotongan sesuai dengan perintah file yang telah anda kirim.Anda cukup menekan tombol start maka mesin akan bekerja melakanaka fungsinya secara otomatis.Sebelum anda menekan tombol start maka anda bdisanrankan untuk menekan tombol blower untuk menyedot udara panas yang ada,hal ini dilakukan untuk menghindari mesin cepet menjadi panas.

Itulah tadi urutan gambaran secara umum langkah menggunakan mesin laser cutting kayu.Semoga hal ini dapat membantu anda memberikan informasi dalam hal ini.Sbenernya cara kerja pada mesin laseer cutting kayu bisa jadi lebih simpel dan tentu nya berbeda bada pada setiap merk mesin.Nmaun kurang lebih dibutuhhkan hal yang sama dalam persiapan dasar mesin laser cutting kayu yaitu file desain dan persiapan  software serta persiapan  hardware  untuk melakukan pemotongan serata pegukiran pada material yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengoperasikan Mesin Laser Cutting Kayu"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer