Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Penyebab dan Permasalahan Aki Mobil Habis Sendiri

Penyebab dan Permasalahan Aki Mobil Habis Sendiri

Anda harus mengetahui penyebab dan permasalahan aki mobil habis sendiri dengan cara manual yang jitu, sebelum Anda membawanya ke bengkel untuk diservis agar normal lagi.

                                                




Infongapak.com - Kadang-kadang ada masalah saat akan menggunakan kendaraan karena tidak bisa dihidupkan karena aki mobil habis. Anda harus tahu penyebab dan permasalahan aki mobil habis sendiri dan cara memperbaikinya. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi masalah pada komponen aki di mobil Anda, diantaranya adalah :

  1. Mobil Tidak Pernah Dihidupkan 

Bila mobil lama tidak digunakan maka akan menyebabkan tegangan listrik pada aki turun. Anda harus selalu menghidupkan mobil agar tegangan listrik pada aki tetap stabil. Seandainya mobil tidak digunakan maka Anda harus memanaskan mesin mobil selama beberapa menit di pagi hari.


  1. AC Dihidupkan Saat Mobil Mati

Salah dalam menggunakan mobil akan menyebabkan aki habis. Misalnya Anda menyalakan AC atau head unit  ketika mobil dalam kondisi mati. Bila hal ini sering dilakukan maka akan memperpendek usia aki. 


  1. Banyak Aksesoris Mobil

Penggunaan aksesoris mobil untuk mempercantik tampilannya akan menyebabkan aki cepat habis. Misalnya Anda menambahkan audio, lampu, atau perangkat elektronik lainnya. 


Semakin banyak aksesoris mobil yang Anda pasang maka kerja aki semakin keras. Sebab itulah pastikan aksesoris mobil tidak melebihi batas kemampuan aki.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut tentu Anda menemukan referensi yang tepat bukan? Nah, berikut ini kami sudah rangkum beberapa tips untuk mengatasi penyebab dan masalah pada aki mobil. Yuk, simak ulasannya. Supaya bisa atasi secara mandiri sebelum pergi ke bengkel langganan!

Penyebab dan Permasalahan Aki Mobil Habis Sendiri dan Solusinya

Bila Anda kebetulan menjumpai mobil dengan kondisi aki habis maka tidak perlu panik. Berikut ini cara mengatasi penyebab dan permasalahan aki mobil habis sendiri :

  1. Mengatasi Aki Habis pada Mobil Transmisi Otomatis 

Sediakan aki normal serta kabel khusus jumper aki. Minta bantuan mobil lain yang akinya normal untuk proses jumper tersebut. Pastikan kedua mobil dalam kondisi gigi P atau parkir.


Hidupkanlah mobil pendonor aki. Setelah itu, hubungkan kedua aki menggunakan kabel jumper. Pasanglah kabel sesuai dengan kutubnya. Semua piranti elektronik pada mobil penerima donor aki harus dalam kondisi nonaktif. Selanjutnya, hidupkan mobil yang akinya habis. 


Tetap hidupkan mobil serta pertahankan  RPM dengan angka kurang lebih 1000 selama lebih dari 15 menit. Bila kendaraan berhasil tetap hidup maka lepaskanlah kabel jumper pelan-pelan. 


  1. Mengatasi Aki Habis pada Mobil Transmisi Manual 

Anda bisa menerapkan cara memperbaiki aki habis dengan menggunakan metode jumper aki pada mobil transmisi manual. Akan tetapi, ada cara lain khusus untuk mobil jenis transmisi manual yaitu dengan memanfaatkan dorongan. Dorongan tersebut adalah cara yang diterima mobil agar dapat menghidupkan mesin.


Caranya yaitu, pertama posisikan transmisi mobil pada gigi 3 atau 4. Kedua, injak pedal kopling mobil secara penuh. Bersamaan dengan menginjak pedal maka dorong mobil sejauh  5 sampai 10 meter. 


Cara di atas sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus. Anda harus membawanya ke bengkel untuk mengatasi penyebab dan permasalahan aki mobil habis sendiri. Semoga ulasan mengenai masalah-masalah yang sering terjadi pada kendaraan roda empat Anda, terutama di bagian aki mobil bisa jadi rekomendasi yang tepat. Jaga selalu kendaraan Anda kalau tidak mau mendapat masalah lainnya yah!


, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penyebab dan Permasalahan Aki Mobil Habis Sendiri"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer