Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Penyebab, Bahaya, dan Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Bocor

Penyebab, Bahaya, dan Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Bocor
Anda harus paham mengenai penyebab, bahaya, dan ciri-ciri air radiator mobil bocor. Selain itu Anda juga harus tahu cara mengatasinya sebelum membawanya ke montir.





Infongapak.com - Banyak mengetahui tentang seluk beluk kendaraan memang sangat penting seperti memahami penyebab, bahaya, dan ciri-ciri air radiator mobil bocor. Untuk itu, Anda harus menyimak tulisan ini sampai tuntas agar dapat mengatasi masalah tersebut. 

Karena bagaimana juga memiliki kendaraan, utamanya kendaraan roda empat seperti mobil sudah harus dianggap sebagai anggota keluarga. Yang mana harus dijaga dan diperhatikan keadaannya. Berikut adalah beberapa penyebab yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  1. Penyebab Air Radiator Mobil Bocor 

Sedikitnya ada 4 penyebab air radiator mobil bocor. Pertama usia radiator yang sudah melewati batasnya. Jika terawat baik usianya sekitar 10 tahun. Kedua saluran radiator terhambat karena tersumbat kotoran. Anda harus mengeceknya setiap 30.000 km atau 40.000 km. 

Ketiga terbentur benda asing seperti kerikil atau hewan yang terbang karena letaknya di bagian depan. Keempat komponen karet dan plastik yang mudah retak karena letaknya dekat dengan mesin.


  1. Bahaya Air Radiator Mobil Bocor 

Bahaya pertama yaitu mesin mobil akan panas dan jika dibiarkan terus jalan akan mogok. Overheat juga menyebabkan kebocoran pada sistem pendingin mesin. Bila terus membiarkan overheat dan terus menjalankannya maka jika kebetulan oli tinggal sedikit mesin akan macet. 


Penyebab, Bahaya, dan Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya


Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat berkendaraan adalah tentang keselamatan. Sebab itu lah, Anda harus paham penyebab, bahaya, dan ciri-ciri air radiator mobil bocor serta solusinya. Adapun beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah :

  1. Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Bocor 

Pertama Anda dapat mengetahuinya melalui suhu mesin terus naik yang menandakan ada kerusakan pada sistem pendingin. Kedua volum air radiator berkurang banyak menandakan radiator bocor. Ketiga air radiator berwarna hijau, biru, dan merah. Bila ada bercak pada warna tersebut menandakan radiator bocor. 


  1. Cara Mengatasi Air Radiator Mobil Bocor

Bila kebocoran parah atau jebol maka radiator harus diganti ke bengkel. Cara mengatasi radiator dengan kebocoran kecil adalah : 

  • Pastikan titik kebocoran bukan pada selang atau pipa 

  • Bila titik kebocoran pada sambungan selang atau pipa dapat ditambal dengan sealer anti panas dan diklem

  • Gunakan kunci inggris, kunci pas, obeng plus, tang dan obeng minus 

  • Biasakan punya air radiator cadangan atau beli air mineral sekitar satu galon untuk mengisi air radiator 

  • Bila titik kebocoran pada radiator maka rapatkan bilah di radiator  menggunakan obeng minus dan tang 

  • Oleskan lem besi di tempat radiator yang bocor secara cukup serta merata

  • Biarkan lem mengering kira-kira 20 menit

  • Isilah radiator dengan air 

  • Lalu nyalakan mesin dan biarkan menyala. Kemudian   periksa apa masih ada kebocoran dan cek indikator temperatur pada dashboard. Bila normal perjalanan pun dapat diteruskan

Cara mengatasi radiator mobil bocor ini hanya untuk sementara karena demi keamanan maka harus pergi ke bengkel. Anda harus mengetahui penyebab, bahaya, dan ciri-ciri air radiator mobil bocor agar perjalanan tetap lancar. Yang pasti, akan jauh lebih hemat!

Semoga dengan beberapa langkah atau tips yang sudah kami rangkum untuk Anda bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Tidak ada salahnya kan kalau memperbaiki secara mandiri sebelum pergi ke bengkel. Semoga bermanfaat yah!


, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penyebab, Bahaya, dan Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Bocor"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer