Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cari Tahu Penyebab dan Permasalahan AC Mobil Tidak Dingin

 


Penyebab dan Permasalahan AC Mobil Tidak Dingin

Ada banyak penyebab dan permasalahan AC mobil tidak dingin yang harus Anda ketahui. Kondisi tersebut bisa Anda atasi sendiri dan ada pula yang harus dibetulkan ke bengkel.




Infongapak.com - Saat berkendaraan harus dalam kondisi nyaman, tetapi ada kalanya Anda tidak mengetahui penyebab dan permasalahan AC mobil tidak dingin. Padahal jika AC dalam mobil lancar maka Anda pun dapat mengemudi dengan baik karena bisa konsentrasi. 

Termasuk dengan orang lain yang ada dalam kendaraan, kalau AC dalam mobil mati tentu akan merasa kepanasan. Jangan heran kalau pada akhirnya Anda akan menjadi omongan hanya karena AC mobil yang tidak memadai. Kalau sudah begitu, tentu saja Anda harus peka dan mencari tahu apa saja hal yang menjadi penyebab dan permasalahan AC mobil tidak dingin.

Tentu Anda penasaran bukan dengan penyebab dan permasalahan yang sering terjadi pada AC mobil? Nah, berikut ini ada beberapa informasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mengetahui penyebab AC mobil rusak. Yuk, simak ulasannya!


Penyebab dan Permasalahan AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Gunakan dan merawat kendaraan dengan cara yang baik agar tidak mudah rusak. Anda harus mengetahui penyebab dan permasalahan AC tidak dingin serta solusinya. 

  1.  Freon Habis atau Kurang 

Penyebab AC mobil tidak dingin yaitu karena refrigerant atau freon habis sebagai alat pendingin AC mobil. Penyebabnya bisa jadi karena ada kebocoran pada sistem AC seperti pada bagian evaporator, kondensor, sambungan seal o-ring, atau komponen AC yang lain. Masalah AC tidak dingin tidak boleh dibiarkan lama. Segera pergi ke bengkel untuk memperbaikinya. Semakin cepat penanganan maka akan semakin cepat masalah AC yang tidak dingin diatasi.


  1. Filter AC Tersumbat 

Sama seperti air conditioner yang ada di rumah, di mobil juga memiliki filter AC. Filter AC itu sendiri memiliki fungsi untuk menyaring semua jenis debu dan kotoran. Meskipun AC dihidupkan, tetapi kalau filternya tersumbat maka udara tidak akan ke luar dari blowernya. AC mobil pun seperti tidak berfungsi dan tidak terasa dingin. Maka dari itu, Anda harus membersihkan bagian filter dari debu dan kotoran tersebut secara berkala. 

       

  1. Motor Extra Fan Mati atau Lemah 

Jika motor extra fan bermasalah misalnya mati atau berputar tetapi lemah. Kondisi ini menyebabkan proses kondensasi pada kondensor tidak dapat berfungsi optimal. Hal ini menyebabkan tidak adanya udara dingin yang masuk ke dalam kabin. Solusinya yaitu harus menggantinya dengan extra fan baru. 

 

  1. Evaporator Kotor 

Masalah keempat penyebab dan permasalahan AC mobil tidak dingin yaitu evaporator kotor karena tersumbat debu. Kondisi tersebut membuat  sirkulasi AC tidak lancar karena terhalang oleh kotoran yang menyumbat. Kotoran tersebut adalah debu-debu yang tidak dapat disaring oleh filter atau karena terlalu banyak debu yang menempel di bagian filter. Anda dapat membersihkannya agar AC berfungsi normal kembali. 


  1. Condensor Kotor 

Kondensor terletak dekat radiator sehingga posisi tersebut kerap mengundang banyak kotoran yang masuk saat berkendaraan. Kondensor kotor karena lumpur atau benda lainnya menyebabkan proses kondensasi tidak maksimal. Akibatnya, sistem kerja AC pun menjadi terganggu. Anda harus membersihkan kotoran tersebut agar AC berfungsi dengan baik.


AC tidak berfungsi karena banyak faktor seperti freon habis, filter tersumbat, motor extra fan mati atau lemah, dan lain sebagainya. Anda harus paham apa penyebab dan permasalahan AC mobil tidak dingin sehingga tahu solusinya.

, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cari Tahu Penyebab dan Permasalahan AC Mobil Tidak Dingin"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer