Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ketahui Beberapa Penyebab Air Di Tangki Cadangan Penuh Namun Air di Radiator Berkurang

Penyebab Air Di Tangki Cadangan Penuh Namun Air di Radiator Berkurang
Ada kalanya pemilik mobil harus mengetahui ketika kendaraannya mengalami masalah, seperti mengetahui penyebab air di tangki cadangan penuh namun air di radiator berkurang

 





Infongapak.com - Air radiator merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam sistem pendinginan pada mobil. Namun ada kalanya ada beberapa masalah, seperti air radiator berkurang tapi dalam cadangan penuh. Ada beberapa penyebab air di tangki cadangan penuh namun air di radiator berkurang terjadi karena beberapa hal. 

Ketika air radiator berkurang akan menyebabkan overheat pada mesin. Tentu saja akan merugikan karena beberapa komponen mesin mobil bisa mengalami kerusakan. Sehingga terpaksa membawa mobil ke bengkel untuk turun mesin. Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab air radiator berkurang tapi air di cadangan tetap penuh. 

Penyebab Air Radiator Berkurang Tapi Air Cadangan Penuh

Mencari penyebab air radiator berkurang tapi air cadangan penuh harus diperiksa secara rutin bagi pemilik mobil. Jika tidak menginginkan mesin mobilnya bermasalah dan akan menyebabkan beberapa kerusakan. Adapun penyebab air di tangki cadangan penuh namun air di radiator berkurang bisa disimak berikut ini. 

1. Masalah pada tutup radiator

Penyebab pertama ketika air radiator berkurang tapi air cadangan masih penuh bisa terjadi masalah pada tutup radiator. Ada penting pada tutup radiator, seperti menjaga tekanan dalam proses pendinginan. Ketika terjadi masalah pada tutup radiator akan menyebabkan masalah pada sistem pendinginan. 

Masalah yang akan terjadi seperti air radiator akan kembali ke tangki, namun air cadangan tidak berkurang sama sekali. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat tutup radiator rusak. Yaitu vacum valve rusak atau bocor, gasket pressure valve bocor atau rusak, dan nilai tekanan pada pressure valve tidak sesuai. 


2. Mesin mengalami panas berlebihan atau overheat

Penyebab selanjutnya air cadangan penuh tapi air radiator berkurang adalah mesin mengalami overheat. Mesin yang mengalami overheat akan membuat katup pressure valve yang terletak di tutup radiator akan terus menerus terbuka. Akibatnya sistem pendingin akan mengalir menuju tangki cadangan. Sehingga membuat penuh, namun air di radiator akan berkurang. 

Lakukan pemeriksaan secara teliti untuk mencari penyebab air radiator berkurang tapi di tangki cadangan penuh. Pemeriksaan ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibawa ke bengkel yang terpercaya. Alasannya biasanya ada alat khusus untuk mencari penyebab mesin overheat. 

3. Kebocoran pada water pump

Water pump merupakan komponen yang ada pada mobil dan memiliki fungsi untuk memompa, berikut juga sebagai sirkulasi air. Apabila komponen ini rusak, maka volume air radiator akan cepat mengalami penurunan yang lumayan cepat. Bahkan kebocoran pun akan semakin besar disebabkan oleh air yang mengalir akan cukup deras.

Kalau kebocoran tidak segera ditangani, maka akan membuat mesin turut menjadi overheating yang cukup parah. Adapun penyebab dari kerusakan ini biasanya disebabkan oleh usia pemakaiannya yang sudah terlalu lama, selain itu juga disebabkan oleh rendaman air sehingga membuat komponen ini cepat keropos dan berkarat.

Oleh sebab itu sangat disarankan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan setidaknya dua bulan sekali untuk menguras air radiator. Agar tidak terjadi pengendapan pada komponen dan membuat karatan. Jangan lupa untuk menggunakan air yang berkualitas agar water pump mampu bekerja secara maksimal.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab air di tangki cadangan penuh namun air di radiator berkurang yang bisa dibaca dengan seksama di atas. Beberapa penyebab di atas tidak bisa diatasi atau diperbaiki sendiri di rumah. Oleh sebab itu bila mobil dirasa sudah bermasalah, segera dibawa ke bengkel terpercaya yah!

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ketahui Beberapa Penyebab Air Di Tangki Cadangan Penuh Namun Air di Radiator Berkurang"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer