Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Pengertian dan Tugas Seorang Programer

 

Tugas Seorang Programer

 

Infongapak.com - Di era zaman yang sudah berkembang dengan pesatnya ini, memang semuanya sudah serba canggih terlebih ditambah dengan hadirnya kecanggihan teknologi yang membuat kita dapat lebih mudah dalam menjalankan suatu hal. Bicara soal perkembangan teknologi yang kian canggihnya saja, Dunia IT di belakangan terakhir ini kian berkembang. Dengan kemunculannya startup dan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi menjadi salah satu alasannya.

Hal ini pun tentunya membuat kebutuhan di setiap perusahaan akan seorang programming semakin tinggi. Bahkan dengan tingginya kondisi tersebut membuat seorang programming dengan skil terbaik menjadi buruan banyak perusahaan besar. Mengingat jumlah seorang programming yang tidak sebanding dengan jumlah yang mereka butuhkan, jadi tak heran jika perusahaan dan startup rela merogoh kocek lumayan tinggi guna membayar jasa mereka bahkan ada pula yang melebihi CEO.

Tertarik untuk mempelajari posisi tersebut? Langsung saja yuk simak penjelasan dibawah ini seputar Tugas seorang programer yang wajib Anda ketahui.

Programer Adalah?

Programer ialah salah seorang dengan keahlian menulis kode dalam menciptakan perangkat lunak di komputer. Istilah dari pekerjaan ini mengarah ke seorang spesialis bahasa pemrograman komputer. Dan di beberapa perusahaan, posisi seperti ini umumnya disebut sebagai software engineer.

Posisi seorang programer pun sangat dicari lantaran mereka memiliki keterampilan dalam menulis kode guna pembuatan sebuah proyek atau fitur baru yang akan terjadi. Tugas seorang programer sendiri menciptakan kode dan mengubahnya menjadi set instruksi yang dapat diikuti computer. Jika sudah menulis maka selanjutnya set instruksi tersebutlah yang akan menghasilkan interaksi yang ada pada tiap aplikasi maupun perangkat lunak lain. Bahkan jika menarik garis besar, seorang programer memiliki peranan dalam proses perancangan, debugging atau troubleshooting, pemeliharaan kode dan pengujian. Namun tugas utama mereka adalah membuat program dengan menghasilkan perilaku tertentu.

Tugas Seorang Programer

1.       Merancang Tampilan Program

Tugas dari seorang programmer iallah merancang tampilan program. Hal ini programer bisa membuat sebuah sketsa allure aplikasi secara umum dengan melalui bentuk flowchart atau biasa disebut tampilan grafis.

2.       Menulis kode program

Menulis kode program atau yang biasa disebut dengan source code adalah sebuah tugas penting yang dikerjakan oleh programer. Tugas ini pun dilakukan ketika seorang programer sudah selesai membuat flowchart. Sederhananya, programer menggunakan gambaran flowchart dalam bentuk kode program dengan bahasa pemrograman yang sudah disepakati.

3.       Mendefinisikan Kebutuhan

Mendefinisikan adanya suatu kebutuhan ialah tugas paling utama yang perlu dilakukan oleh seorang programer sebelum melanjutkan tugas dalam pembuatan aplikasi. Hal ini pun sangat dibutuhkan sebagai bentuk penilaian dari tingkat kepuasan pengguna selesai menggunakan aplikasi yang dibuat. Tidak hanya itu saja, programer juga harus bisa menentukan jenis platform dan tools lainnya yang hendak digunakan dalam mengimplementasikan sebuah aplikasi.

4.       Menguji Program

Pengujian program merupakan sebuah tugas seorang programer, yang mana aplikasi sudah selesai dibuat dan hendak di publish ke pengguna. Dengan ini, aplikasi yang sudah dibuat dapat memiliki banyak manfaat untuk pengguna.

5.       Debug Program

Dan terakhir tugas dari seorang programer ialah pada saat menyelesaikan tulisan kode program, maka programer harus bisa melakukan proses debug pada aplikasi tersebut. Tujuan dari ini adalah agar programer bisa mengecek apakah terjadi kesalahan atau error pada aplikasi buatannya. Walaupun terjadi kesalahan, maka tugas programer harus bisa mengevaluasi kode program yang telah dibuatnya.

Jadi itulah tugas dari seorang programer yang harus kalian ketahui jika berminat bergelut dalam dunia IT terkhususnya di bidang programming. 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tugas Seorang Programer"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer