Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Jangan Anggap Sepele! Ini 5 Peluang Usaha Ikan di Desa Bisa Untung Ratusan Juta

Usaha Ikan di Desa
Peluang usaha ikan di desa sangat menjanjikan karena didukung oleh kondisi alamnya. Hal ini karena ikan menyukai air mengalir dalam perkembangbiakannya dan ini sangat cocok diterapkan di desa





Infongapak.com - Semua jenis usaha pasti memberi keuntungan finansial bila digeluti dengan tekun. Begitu juga usaha ikan di desa akan memberikan banyak keuntungan bahkan hingga ratusan juta. Hal ini terjadi karena pasar untuk ikan masih terbuka lebar. Masyarakat Indonesia hampir seluruhnya menyukai olahan ikan. 

Tidak heran jika banyak jenis ikan dijual di pasar sebab tingginya permintaan konsumen. Kondisi desa yang memiliki lahan luas sangat memungkinkan untuk membudidayakan ikan konsumsi. Ditambah lagi oleh adanya aliran air sungai yang lancar sangat disukai ikan sehingga hasilnya bisa melimpah. 


Macam-Macam Budidaya Ikan Organik yang Banyak Peminatnya


Masyarakat perkotaan yang mengerti tentang kesehatan kini lebih banyak memburu hasil budidaya ikan secara organik. Selain menjanjikan kesehatan, rasanya juga lebih gurih. Ada banyak macam ikan yang bisa dibudidayakan di desa, diantaranya adalah berikut ini:

  1. Ikan Gurame 

Daging ikan gurame tebal dengan rasa gurih sehingga banyak orang menyukainya. Pemeliharaan ikan gurame sampai panen ini sekitar 10 – 12 bulan. Ada cara perawatan khusus seperti kolam harus terkena sinar matahari, benih harus sehat, memberi pakan dan protein nabati, dan pengeringan kolam sebelum pembudidayaan.


  1. Ikan Mas 

Usaha ikan di desa berikutnya yakni ikan mas. Ikan ini sangat populer karena dagingnya lembut dan gurih. Ikan mas juga bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Pembudidayaannya juga sangat mudah sehingga tidak ada perawatan khusus.


  1. Ikan Nila

Ikan ini mempunyai rasa yang lezat sehingga selalu laris diburu pembeli meskipun harganya memang cukup mahal. Ikan ini tidak harus dipelihara secara khusus karena punya daya adaptasi tinggi dengan lingkungan.


  1. Ikan lele

Pertumbuhan ikan lele sangat cepat sehingga pembudidayaannya tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, permintaan lele di pasaran tinggi karena rasanya yang lembut, gurih, dan renyah. 


  1. Ikan Mujair

Rasa ikan mujair enak dan lembut sehingga banyak diminati konsumen. Perkembangbiakan ikan ini cukup cepat dan tidak perlu perawatan khusus. Lele juga sangat tahan terhadap perubahan lingkungan dan mudah dipelihara. Maka dari itu, banyak orang yang ingin membudidayakannya. 


Ikan sangat suka berkembang biak di tempat dengan kondisi air mengalir seperti kolam yang ada di desa atau sungai. Dengan begitu, potensi usaha ikan di desa sangat tinggi karena didukung oleh faktor alam.





, ,

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jangan Anggap Sepele! Ini 5 Peluang Usaha Ikan di Desa Bisa Untung Ratusan Juta"

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer