Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Jenis-Jenis Kamera Analog Yang Anda Belum Tahu

 


Infongapak.com -  Jenis-Jenis Kamera Analog - Tren kamera analog saat ini masih menjadi tren yang masih menjadi tren anak muda milenial dan anak muda di Indonesia. Meski saat ini teknologi kamera semakin canggih, namun hal tersebut tidak mengurangi rasa penasaran para pecinta fotografi di Indonesia, khususnya yang belum pernah menggunakan kamera analog.


Secara teknis, proses pengambilan gambar menggunakan kamera analog tidak berbeda dengan kamera digital masa kini. Hanya saja proses awal hingga mencetak foto di Kamera Analog membutuhkan beberapa proses.

Mulai dari membeli roll film, memotret, mencuci rol film, hingga mencetak foto atau scan foto. Dari sekian banyak jenis kamera analog, terdapat lima jenis kamera terkecil dengan harga yang cukup terjangkau, berikut adalah 5 jenis kamera analog yang banyak dicari di Indonesia.

Apa Kelebihan Kamera SLR analog?

SLR (refleks lensa tunggal) saat ini dikenal sebagai DSLR (Digital single lens reflex). Perbedaannya hanya pada huruf “D” yang artinya digital, sedangkan kamera SLR analog sendiri masih menggunakan roll film sebagai media untuk menangkap cahaya atau gambar.

Kamera SLR banyak dicari karena cara kerjanya yang sederhana. Roll film yang digunakan kamera SLR adalah roll 135mm atau 35mm, selain kamera SLR yang sudah familiar, kamera SLR memiliki berbagai bentuk klasik namun juga elegan.

Kamera Pengintai Analog

Jika dibandingkan dengan kamera digital, kamera rangefinder lebih mirip dengan kamera mirrorless karena cahayanya secara teknis langsung ke sensor atau roll film. Kamera ini memiliki bentuk yang sangat menarik dan elegan.

Namun demikian, lensa pada kamera rangefinder, termasuk fix, tidak bisa diubah seperti pada kamera SLR. Kamera ini juga menggunakan film roll 135mm atau 35mm. Uniknya, memfokuskan objek pada kamera ini dengan menggabungkan 2 objek bayangan yang terlihat di view finder.

Kamera Analog TLR

Kamera TLR (Twin Lens Reflex) merupakan kamera medium format yang memiliki ukuran lebih besar dari kamera analog lainnya. Seperti namanya, kamera ini dibekali 2 lensa kembar dengan fungsinya masing-masing. Lensa atas berfungsi sebagai jendela bidik sedangkan lensa bawah berfungsi untuk memfokuskan gambar dan menangkap cahaya.  

Karena memiliki fungsi yang berbeda, saat fokus ada pada objek, maka lensa akan bergerak secara bersamaan mengikuti apa yang dilihat oleh view finder. Kamera ini menggunakan film roll 120mm dengan bentuk klasik yang unik. Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis kamera analog semoga bermanfaat.

#JenisKameraAnalog

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Kamera Analog Yang Anda Belum Tahu"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer