Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Komponen Motor Starter Mobil Dan Fungsinya

Infongapak.com - Komponen Motor Starter Mobil dan fungsinya ,  Motor starter merupakan salah satu komponen part yang sangat vital dari peran fungsi motor starter ini.

Motor starter terletak menempel pada bagain engine bagain dalam , sehingga dalam proses perbaikan anda harus mobil anda agar anda bisa menjangkau motor starter tersebut.

Permasalahan motor starter itu sangat sering terjadi khususnya pada mobil tua atau mobil yang sudah berumur di atas 5 tahun ke atas.

Banyak faktor penyebab yang mengakibatkan motor starter anda bermasalah di antaranya karena faktor usia dan faktor pemakaian yang salah dalam emnggunakan kendaraan.kesalahan dalam menggunakan kendaraan dalam melakukan proses starter juga akan merusak motor starter misal anda melakukan starter terlalu lama atau anda melakukan kontak starter pada saat mobil hidup atau mesin menyala maka bila anda sering melakukan kesalahan tersebut starter mobil anda akan semakin cepat rusak.



Berikut anda bisa simak ulasan di bawah ini komponen part apa saja pada motor starter :

Komponen part motor starter

1.      1.  Solenoid

Solenoid merupakan bagian komponen part mobil pada motor starter, solenoid ini mempunyai peran sebagai saklar memutus dan menyambungkan arus listrik pada terminal utama atau terminal C. Bukan hanya itu solenoid juga berfungsi sebagai terminal magnet yang menghubungkan dan melepaskan gigi pinion menuju ring gear flywheel.

2.      2.  Armature

Yang kedua dalah Armature, komponen part ini berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik atau energi gerak putar.

Komponen Aramature ini ada beberapa bagian komponen part di antaranya komutator, inti aramature, poros armature dan yang terakhir adalah kumparan armature.

3.     3.   Komutator

Komponen selanjutnya pada starter mobil adalah komutatot, komutator ini mempunyai peran untuk mengalirkan arus listrik` menuju armature menjadikan energi mekanik yaitu berupa merubah gerak putar.

4.      4.  Sikat

Sikat ini mempunyai peran untuk menghantarkan arus listrik menuju armature menuju medan magnet . setelah arus sampai di armature maka energi listrik di kembalikan lagi menuju masa melalui komutator.

Perlu diketahu bahwa sikat ini mempunyai 4 bagian yang terdiri dari sikat negatif dan sikat positif yang masing masing mempunyai peran dan fungsi masing masing.

Sikat negatif berfungsi untuk menyalurkan arus negatif dari armature. Sedangkan sikat positif berfungsi untuk menyalurkan arus listrik menuju armature dari field coil

5.       5. Kumparan Medan Magnet

Komponen part ini merupakan kutub besi yang dililiti kawat tembaga yang dapat menghasilkan energi magnetik bila dilalui arus listrik.

6.     6.   Kopling starter

Kopling satrter ini berfungsi meneruskan energi gerak putar dari armature menuju flywheel dengan gigi pinion untuk memutarkan mesin.

7.       7. Gigi Pinion

Gigi pinion ini terletak pada poros  besi armature yang berfungsi untuk meneruskan gerakan putar menuju flywheel.

8.      8.  Tuas Penggerak

Tuas penggerak ini berfungsi untuk pendorong gigi pinion agar bisa berkaitan dengan gigi flywheel pada saat kunci kontak di starter

Kesimpulan

Dengan anda tahu dan mengerti komponen starter mobil diharapkan anda bisa paham untuk menganalisa permasalahan starter mobil untuk bisa memperbaikinya.

Semoga bermanfaat  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Motor Starter Mobil Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer