Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

5 Komponen Mesin yang Sering Bermasalah yang Harus Anda Ketahui



Mobil adalah jenis kendaraan yang terdiri dari banyak sekali komponen di dalamnya. Jika suatu saat Anda mengendarai mobil dan terjadi masalah pada mesin, mungkin hal itu di sebabkan karena adanya kerusakan pada beberapa komponen di dalamnya. Meski Anda tak mungkin untuk memperbaikinya sendiri, ada baiknya Anda mengetahui komponen apa saja yang sering bermasalah.

Hal ini selain bertujuan untuk menambah pengetahuan seputar komponen mobil tetapi juga bisa menghindarkan Anda dari tindakan penipuan yang bisa saja di lakukan oleh para oknum bengkel nakal. Di artikel ini akan di bahas apa saja komponen mesin mobil yang sering bermasalah yang wajib untuk Anda ketahui.

Komponen Mesin yang Sering Bermasalah

Sebelum mencari komponen yang rusak maka harus di awali dengan pengetahuan mengenai fungsi dari setiap komponen. Sehingga Anda bisa lebih mudah mencari dan mengetahui komponen mana saja yang kemungkinan mengalami kerusakan. Nah, di bawah ini adalah beberapa komponen yang paling sering mengalami masalah dan harus Anda perhatikan.

Coil

Coil merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik yang ada pada mobil. Sehingga jika komponen yang satu ini mengalami masalah, maka proses pengapian pun tidak akan bisa terjadi. Hal itu berlaku juga pada busi, di mana fungsinya adalah untuk memantikkan proses pengapian.

Busi

Komponen lain yang juga sering mengalami masalah adalah busi. Sebuah busi yang aus bida di lihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau renggang. Jika ada satu busi yang mengalami masalah, maka sebaiknya Anda langsung menganti keseluruhan busi. Pasalnya busi yang lain pasti memiliki kondisi yang tak jauh beda dengan busi yang rusak dan dalam waktu dekat pasti juga akan mengalami kerusakan.

Distributor

Distributor menjadi salah satu komponen yang paling penting pada mobil. Di mana fungsi dari komponen satu ini adalah untuk menyuplai tenaga hasil pengapian ke seluruh komponen penggerak mobul di dalam rangkaian mesin. Jika proses pendistribusian tenaga ini berlangsung tidak baik maka mesin akan bekerja dengan tidak normal. Maka dari itu jika mengalami kerusakan, Anda harus langsung memperbaikinya supaya mobil tetap bertenaga.

Sistem Injeksi

Sistem injeksi merupakan komponen yang bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder mesin. Komponen satu ini memang jarang mengalami kerusakan namun sering mengalami masalah dan biasanya di tandai dengan gejala-gejala tertentu yang di akibatkan karena sistem injeksi tersumbat karena adanya kotoran.

Indikasi sistem injeksi mengalami masalah sumbatan adalah mesin akan tiba-tiba bergetar kasar ketika di nyalakan dan akan langsung hilang jika gas di injak dalam-dalam. Biasanya mobil yang menggunakan jenis bahan bakar Premium sistem injeksinya akan lebih cepat kotor ketimbang mobil yang menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

Karburator

Memiliki fungsi yang sama dengan sistem injeksi yakni mendistribusikan bahan bakar ke silinder mesin, akan tetapi karburator ini masih menggunakan mekanisme manual berbeda dengan sistem injeksi yang sudah elektronik. Sebenarnya setelan tutup pada karburator tidak termasuk komponen, hanya saja jika setelannya terlalu tinggi maka katup karburator tidak bisa menutup dengan sempurna. Alhasil suplai bahan bakar ke silinder mesin akan terlalu banyak.

Itulah tadi beberapa komponen mesin yang sering mengalami masalah. Meskipun permasalahan di atas tak terlalu besar akan tetapi bisa mengganggu perjalanan Anda. Maka dari itu segera perbaiki sebelum kerusakannya merambat ke komponen yang lainnya. 

#troubleshootingmobil,#macamperbaikanpadamobil,#kerusakanyangseringterjadipadamobilsedan,#kerusakanyangseringterjadipadamobilinjeksi,#komponenmesinmobilyangseringbermasalah,#10penyebabkerusakanpadamesin,#penyebabkompresibalikpadamobil,#kerusakanyangseringterjadipadatruk


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Komponen Mesin yang Sering Bermasalah yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer