Cara merawat dan memberi makan ikan cupang agar warna dan bentuk ekor bisa lebih indah

 


Infongapak.com - Cara merawat dan memberi makan ikan cupang agar warna dan bentuk ekornya bisa lebih indah.

Saya yakin sedulur Ngapak disini ada yang hobi ikan hias yang salah satunya ikan cupang,ya akhir akhir ini memang para pecinta dan kolektor ikan hias sedang berbondong bondong untuk memburu ikan hias cupang Avatar untuk ia miliki karena ikan cupang jenis Avatar ini mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri.

Ikan cupang Avatar ini dibagi menjadi tiga jenis golongan yang perlu anda ketahui yaitu diantaranya ikan cupang hias,ikan cupang aduan,dan ikan cupang liar.

Memang ikan cupang ini dikenal dengan ikan petarung karena mempunyai karakter yang agresif dan untuk biaya perawatan ikan cupang itu sendiri tergolong sangat murah.

Yuk langsung saja berikut tips cara merawat ikan cupang Avatar agar tidak mati.


1. Pastikan ukuran aquarium yang pas.

Anda bisa siapkan wadah atau aquarium yang berukuran kecil saja misal ukuran 20 x 15 x 15 cm saja sudah cukup.mengapa dengan ukuran yang kecil saja karena untuk mengurangi aktifitas gerakan .lalu anda juga bisa menambahkan batu batuan kecil atau tanaman buatan agar terlihat menarik.


 2. Perhatikan kualitas air.

Sedulur Ngapak bisa menggunakan air tawar karena ikan cupang merupakan ikan yang hidup di air tawar misal,rawa rawa dan sawah.

Misal menggunakan air sumur juga gak masalah.sebelum anda memasukan ikan cupang pada air pastikan air didiamkan terlebih dahulu pada wadah misal ember dan hindari penggunaan kloramin dan klorin karena kandungan zat tersebut tidak bagus untuk kehidupan ikan cupang itu sendiri.


3. Perhatikan volume air.

Perlu diketahui sedulur Ngapak,bila anda menggunakan aquarium tanpa penutup anda bisa mengisi air kurang lebih sekitar 40 persen saja karena ikan cupang mempunyai karakter yang agresif dan meminimalisir ikan cupang agar tidak lepas dengan cara melompat.


4. Memasukan ikan cupang pada aquarium.

Memelihara ikan cupang tergolong sangat mudah tetapi anda harus tetap memperhatikan bagaimana cara merawat ikan cupang dengan benar agar tidak mudah mati.

Lakukan penggantian air dan jangan sampai air terbuang habis tetapi anda bisa mendapatkan air yang lama dengan air yang baru.

Hal tersebut agar ikan cupang tidak kaget dengan kadar air yang baru ditambahkan .

Anda juga tidak di anjurkan menggunakan jaring karena dapat merusak sirip sirip ikan cupang itu sendiri.


5. Mengganti air aquarium

Cara merawat ikan cupang selanjutnya anda bisa mengganti air aquarium dan plsevelum air aquarium dikuras anda bisa pindahkan ikan cupang pada wadah tempat yang lain,dan usahakan saatvproses pemindahan ikan jangan ditangkao menggunakan tangan agar sirip sirip dan ekor ikan cupang tidak rusak dan tetap indah.


Bersihkan tempat aquarium Ari kotoran kotoran misal lendir lendir dan kotoran lainya agar terhindar dari kuman kuman yang dapat menyebabkan kematian pada ikan cupang tersebut.

Setelah dilakukan pembersihan pada aquarium anda bisa lakukan proses memasukan ikan pada tempat atau aquarium dengan memperhatikan kadar air dengan cara mendiamkan air tersebut terlebih dahulu agar kadar dan suhu air sesuai dengan suhu ruangan tersebut.

Setelah itu anda bisa memasukan ikan cupang kedalam wadah atau aquarium. Yang sudah bersih dan di isi air tadi .anda bisa ganti air agar tetap terjaga kualitas air dengan mengganti air setiap 3 hari sekali agar ikan cupang tetap sehat.


6. Menjemur ikan cupang.

Perlu diketahui sedulur Ngapak,salah satu cara untuk mempercantik ikan cupang adalah dengan cara melakukan penjemuran dan sekaligus sebagai 

Terapi kesehatan agar ikan jauh lebih sehat dan membunuh bakteri bakteri pada ikan itu sendiri maupun pada aquarium.melakukan penjemuran tidak harus sering tetapi anda bisa lakukan dengan sekali saja.

Sebaliknya bila ikan cupang yang mempunyai warna hitam dominan jangan anda jemur karena bisa membuat ikan panik dan kepanasan.

Untuk waktu penjemuran bisa anda lakukan sekitar pukul 8 hingga pukul 10.00 dan filakukan kurangblebih selama 15 hingga 30 menit.


7. Makanan Ikan Cupang


Untuk makanan ikan cupang bisa anda dapatkan dengan mudah disekitar anda.tentunya anda berikan makanan yang bagus dan bisa mempercantik warna ikan cupang itu sendiri misal diantaranya adalah: 

Kutu air

Dapat menjadikan warna ikan cupang lebih cerah dan badan tidak buncit.

Udang

Makanan ikan lainya yang dapat mempercantik warna ikan cupang adalah memberikan udang,dengan memberikan udang dipercaya dapat menjadikan warna lebih bagus dan tajam.biasanya para penghobi ikan cupang memberikan udang kecil yang dijual atau udang hidup bisa anda berikan sebagai pakan ikan cupang.

Tanaman Spirulina

Perlu diketahui sedulur Ngapak,bahwa memberikan jenis tumbuhan Spirulina juga menambahkan nilai gizi yang cukup baik seimbang dan sangat lengkap untuk anda berikan demi kesehatan ikan cupang itu sendiri.

Daun Katapang

Agar ikan cupang jauh kelihatan lebih segar,anda bisa berikan daun Ketapang sebagai makanan ikan cupang.


Daun Jati


Dengan menambahkan makanan ikan cupang dengan daun pohon jati diyakini dapat menjadikan ikan cupang memiliki ekor yang indah dan menarik.


8. Cara selanjutnya untuk Merawat Ikan Cupang anda bisa Memberikan Garam


Dengan anda memberikan garam pada kolam ikan cupang bisa menjadikan peseimbang osmosis di dalam tubuh ikan cupang itu sendiri dan juga bisa dijadikan obat penyembuh luka ikan itu sendiri dan melancarkan metabolisme tubuh yang tidak bekerja dengan baik.

Untuk takaran pemberian garam anda bisa berikan sekitar 0,1 persen dari isi air kolam dengan perbandingan 1 liter air dengan ditambahkan garam 10 gram garam.



9. Tambahkan Teman untuk Ikan Cupang


Anda bisa menambahkan teman jenis ikan lainya misal ikan mahtera atau Tiger barb atau jenis ikan buntal kerdil.karena ikan ikan tersebut mempunyai perilaku yang sama dengan ikan cupang yaitu diantaranya menggigit sirip ikan lainya.

Memilih Ikan Cupang yang bagus dan pantas anda beli.


1. Yang pertama anda bisa memilih Ikan Cupang yang Berwarna Cerah atau Tajam.misal untuk warna ikan cupang yang tajam diantaranya yaitu warna biru dan merah.

2. Perhatikan Kondisi Sirip ikan cupang

Pastikan kondisi sirip ikan cupang yang anda beli apakah sirip ikan cupang tersebut masih dalam keadaan bagus misal tidak cacat dan rusak.

Selain warna, kamu juga harus 

3. Perhatikan tubuh ikan cupang Tidak Ada Benjolan

Pastikan tubuh ikan cupang yang akan anda beli tidak ada benjolan karena penyakit atau luka jadi pastikan tubuh ikan cupang benar benar mulus tidak ada benjolan luka ataupun parasit lainya.

4. Pergerakan Ikan Cupang

Perlu diketahui sedulur Ngapak bahwa ikan cupang pada umumnya mempunyai gerakan yang sangat agresif,jadi pastikan ikan cupang yang anda beli tidak dala keadaan lesu dan kurang agresif perlu anda pertimbangkan lagi.

Ikan cupang termasuk jenis ikan yang kuat untuk bertahan hidup lebih lama ,maka jangan heran bila ikan cupang mampu bertahan hidup walaupun dimasukan ke dalam tempat yang kecil walau tidak ada sirkulasi air dan prbambahan alat aerator ikan cupang masih kuat untuk bertahan hidup 

Kesimpulan: Semoga bermanfaat dan diharapkan sedulur Ngapak bisa mengetahui cara memelihara ikan cupang dengan baik baik dari segi makanan dan memilih ikan cupang yang anda beli.

Salam ngapak

#iakncupangavatar,#caramerawatikancupang,#makananikancupang,#caramemilihikancupang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara merawat dan memberi makan ikan cupang agar warna dan bentuk ekor bisa lebih indah"

Posting Komentar