Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Langkah memulai ternak burung Lovebird dengan mudah

InfoNgapak.com - Cara sukses ternak Lovebird yang harus anda perhatikan.Lovebird merupakan salah satu burung yang begitu banyak diminati dari berbagai kalangan,
dari bentuk hingga paras yang cantik dari burung love bird ini bisa dijadikan hiasan pada garasi rumah.burung Lovebird juga dikenal dengan suara ngeket yang panjang.dan tak jarang burung lovebird ini menjadikan burung yang sering mengikuti turnamen dan perlombaan burung kicauan diberbagai kota.
Mungkin teman teman disini ada yang tertarik untuk budidaya ternak burung Lovebird ini,tentu anda harus menyimak ulasan berikut ini agar anda bisa mengikuti untuk hisa dipraktekan.
Dilansir dari situs ilmubudidaya.com Burung paruh bengkok yang mempunyai ukuran yg cenderung sedikit lebih akbar berdasarkan burung parkit ini berukuran 11 sampai 15 cm. Selain menurut keindahan fisiknya, burung ini juga terkenal menjadi pemaster burung lain di arena kicauan burung. Tahukah kamu, bahwa burung lovebird mempunyai suara asli yg pada sebut ngekek. Biasanya para pecinta burung kicau mencari burung lovebird yang mampu ngacor ngekek menggunakan durasi yg lebih lama.
Perlu diketahui teman teman semua Biasanya jenis lovebird betinalah yg lebih unggul pada urusan ngekek dibanding dengan para jantan. Karena para lovebird betina kerap kali dilaporkan keluar sebagai pemenang lomba kiacauan. Nah, itulah sekilas kabar tentang burung lovebird.
Yuk bagaimana cara berternak burung Lovebird ini..?
1. Tempat Budidaya Lovebird,Sebelum anda berusaha buat melakukan budidaya lovebird, tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah persiapan sarana & prasarana, dalam hal ini merupakan persiapan tempat atau sangkar untuk lovebird. Anda tentunya bisa dengan mudah menerima sangkar burung lovebird dipasaran.Umumnya, sangkar yg digunakan buat melakukan budidaya burung lovebird adalah yg terbuat menurut besi dan berukuran persegi panjang. Tetapi, anda tentunya mampu menggunakan sangkar jenis apa saja dengan bentuk sesuai menggunakan selera anda. Hanya saja jangan melupakan glodok.Glodok merupakan kandang khusus yg biasanya digunakan buat pemeliharaan lovebird lantaran pada tempat asal asalnya, burung lovebird memiliki sifat alami buat menciptakan sarang dan mengerami telur – telurnya pada lubang – lubang pohon. Jadi dalam dasarnya, glodok adalah modifikasi sangkar yg dibuat agar menyerupai daerah asal alami berdasarkan burung lovebird. Harga menurut glodok ini sebenarnya nisbi murah dipasaran, dan anda juga bisa membuatnya secara manual tentunya.
2. Indukan Lovebird,sebaiknya anda lakukan pemilihan indukan dengan baik,Hal ke 2 yg perlu dilakukan setelah persiapan loka merupakan memilih indukan jantan & betina yang pas buat di lakukan perkembangbiakan. Hal tersulit dalam proses ini tentunya buat membedakan lovebird jantan menggunakan lovebird betina. Bagi para pemula tentunya sangat sulit dan bahkan perlu latihan khusus untuk membedakan jenis kelamin menurut lovebird ini.
Ciri – Ciri Dari Lovebird Jantan:
Saat bertengger maka posisi kaki lovebird jantan akan lebih rapat dan tidak terlalu berjarak.
Ujung sayap berdasarkan lovebird jantan akan menyatu dan misalnya membangun hurif “v” misalnya pada gambar diatas.
Tulang pubisnya akan terasa lebih keras & jaraknya akan lebih mini   atau menyempit bila diraba.
Ekor lovebird jantan akan lebih runcing
Paruh lovebird jantan akan lebih mini   dan runcing.
Lubang hidung dari lovebird jantan terlihat berbentuk oval & memanjang.
Lebih terlihat ramping & mempunyai bentuk bulu yg kurang tegas.
Memiliki warna bulu yg lebih kontras dan mencolok.
Ciri – Ciri Lovebird Betina :
Posisi kaki oleh betina saat bertengger akan lebih renggang atau berjarak lebar.
Ujung sayap tidak menyatu seakan mem
Ujung sayap tidak menyatu seakan mebentuk huruf “u” misalnya yg terlihat digambar.
Bentuk huruf “u” misalnya yang terlihat digambar.
Ekor lovebird betina akan lebih rata
Paruhnya lebih lebar & akbar
Lubang hidungnya terlihat berbentuk bulat
Lebih berat dan akbar ketimbang yang jantan dan bentuk bulu lebih tegas
Tulang pubis akan terasa lebih lembek, elastis dan berjarak.
Memiliki warna yang lebih kusam
Lalu, kamu pula bisa mencoba Cara Budidaya Kelinci
3. Persiapan Perjodohan,perlu diketahui teman teman semua,Sebelum dimulainya ekspresi dominan kawin dan melakukan perkembangbiakan burung lovebird. Anda terlebih dahulu di haruskan buat melakukan proses perjodohan. Sesuai dengan temanya, proses ini merupakan proses dimana anda wajib  saling mengenalkan indukan jantan dan betina yg sudah anda pilih sebelumnya. Dekatkan ke 2 jenis indukan tersebut supaya mereka mampu lebih akrab & mengenali satu sama lain.Anda sanggup saja melakukan penjemuran mereka secara bersamaan & ini diyakini mampu meningkatkan kecepatan proses perjodohan yang sedang terjadi. Sebaiknya sebelum adanya proses ini, anda tidak mencampur seluruh burung lovebird kedalam satu sangkar. Karena mampu saja memicu terjadinya perkelahian. Burung lovebird umumnya suka  menyerang wilayah kaki sampai akan muncul kecacatan atau bahkan luka di kaki mereka.
4. Proses Perkembangbiakan,Setelah proses perjodohan selesai dan induk lovebird telah siap buat melakukan proses perkembangbiakan maka masukkanlah burung – burung tersebut kedalam sebuah sangkat yang sama. ingat masukkan glodok kedalamnya dan jua serpihan kayu, ranting & pasir halus.Setelah proses pembuahan terjadi maka lovebird betina akan membuat 4 atau lima buah telur. Hal ini merupakan jumlah telur normal sang lovebird, tetapi jika lovebird anda bertelur kurang menurut jumlah tersebut bisa dikatan nir normal. Namun hal ini kerap terjadi pula bagi para induk lovebird yang masih belajar bertelur.
5. Pengeraman Telur Lovebird,Setelah proses perkembangbiakan selesai & telah menghasilkan telur, maka lovebird betina akan mulai mengerami telur – telur mereka. Anda harus memastikan kebersihan menurut kandang agar proses pengeraman berjalan optimal dan induk betina dapat penekanan tanpa adanya gangguan menurut luar. Ketika oleh induk sedang mengerami telur – telurnya anda hanya membutuhkan saat sekitar 22 hingga 25 hari sebelum telur tersebut menetas dan membentuk anakan dari lovebird.Namun apabila sampai sekitar 26 hari telur tidak kunjung menetas maka anda di wajibkan buat memerikasa telur tadi. Bisa jadi itu merupakan telur gagal atau kopyor yg tidak akan pernah menetas. Singkirkanlah telur tadi jika memang nir bagus. Hal ini dilakukan agar lovebird mampu balik  bertelur.
6. Pakan,Makanan para lovebird umumnya merupakan millet puti, millet merah dan bahkan biji bung surya. Sebenarnya biji bunga surya adalah pakan yang pada gemari sang para burung lovebird, hanya saja mengandung poly lemak dan akan menjadikan lovebird kelebihan bobot atau kegemukan. Inilah penyebab kenapa para peternak lovebird umumnya membatasi anugerah biji bunga mentari  untuk lovebird.Biasanya hanya diberikan sekitar 7 sampai 10 biji saja. Sedangkan tempat makan buat lovebird harus selalu rutin di bersihkan tiap hari agar terhindar menurut banyak sekali penyakit, bersihkanlah menurut sisa – sisa biji yangmereka makan. Minumannya juga harus rutin pada ganti tiap harinya supaya nir gampang terserang penyakit juga.Lovebird yang sedang memberi makan atau merawat anaknya pula sebaiknya diberikan ekstra fooding supaya nutrisinya lebih optimal. Berikanlah jangung muda dan kangkung tiap harinya. Nutrisi sangat diharapkan para anakan lovebird sampai anda juga harus pertimbangkan buat memberi vitamin yg dicampur menggunakan minuman. Para lovebird jantan akan melakukan penyuapan terhadap anaknya. Anda sanggup melakukan penyapihan terhadap anakan lovebird menggunakan adonan kuliner bayi dengan campuran air secukupnya. Gunakanlah jarum injeksi juga sendok mini   dalam proses ini. Sama harus teliti misalnya Cara Budidaya Hamster  anda wajib  sabar dan teliti.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses dalam budidaya ternak burung lovebird



, , , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah memulai ternak burung Lovebird dengan mudah"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer