Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Ternak ikan lele dan kangkung dalam ember yang menguntungkan


Cara berternak ikan lele dan kangkung dalam ember  - asalamualaikum,teman teman seluruh dimanapun anda berada semoga semua diberi kesehatan dan keberkahan,amin.

Lele adalah salah  satu jenis ikan tawar yg paling populer dimasyarakat,karena ikan lele telah dijadikan lauk kuliner sehari hari & mampu kita temukan di pasar tradisional bahkan warung sayur rumahan sekalipun kita bisa membelinya.

Banyak dari warga  yang benar benar menyukai menu makanan ikan lele dan bahkan sangat melegenda jenis usaha tempat tinggal   makan yg poly disukai dari banyak sekali kalangan dari kalangan bawah sampai kalangan atas yaitu pecel lele.
Pecel lele poly kita jumpai pada warung makan pada pinggir jalan raya sampai lingkungan perumahan kita sangat gampang menemukan jenis bisnis warung makan satu ini.

Jadi untuk anda seluruh yang ingin mengembangkan bisnis ternak lele menurut saya merupakan sangat tepat dengan anda merogoh peluang yg sangat potensial buat anda kembangkan.

Budidaya ikan lele dalam ember mungkin anda jarang mendengarnya lantaran umumnya lele di pelihara atau diternak dalam Empang atau Balong .
Namun sekarang ada riset terbaru untuk budidaya ikan lele dalam ember mungkin lebih simpel & mudah buat dijadikan ternak sampingan pada rumah.
Modal tidak perlu besar dan tempat tidak perlu diluar mampu dilakuka. Dalam tempat tinggal  .

Dikutip berdasarkan situs pertanian.Go.Id Budikdamber merupakan singkatan menurut budidaya ikan pada ember. Budikdamber dikembangkan sang Bapak Juli Nursandi, S.Pi, M.Si menurut Politeknik negeri Lampung. Teknik ini adalah teknik pengembangan berdasarkan aquaponik dimana ikan dan tumbuhan tumbuh dalam satu loka. Solusi ini didapat buat mengatasi masalah lahan pada budidaya tanaman  & ikan. Budikdamber cocok buat wilayah perkotaan dimana lahan pekarangan pun sudah semakin sempit, kualitas & kuantitas air nya jua sudah semakin berkurang. Budikdamber bida diterapkan buat mengatasi solusi pangan masa depan.

Budidaya ikan pada ember memakai sistem aquaponik berpeluang menaikkan kebutuhan akan protein hewani & sayuran & memudahkan warga  mendapat ikan & sayur dalam lingkungan loka tinggal. Cara ini sangat baik dikembangkan diperumahan, perkotaan, apartemen, kontrakan, dan tempat-loka pengungsian lantaran bala atau wilayah perkotaan yang sempit huma tinggal. Selain gampang dilakukan, budikdamper memakai media yang mini  , portabel, hemat air & tidak membutuhkan listrik.

Alat & bahan yang diperlukan buat menciptakan budikdamber merupakan :

Ember ukuran 80 L atau bisa lebih kecil ukuran 15 L
Benih ikan lele/ikan nila yang tahan terhadap kualitas air.
Benih kankung/benih sayuran dataran rendah.
Gelas plastic ukuran 250 ml
Arang batok kelapa atau arang kayu.
Kawat yg relatif lentur buat mengaitkan gelas dalam ember
Tang
Solder

Alat dan bahan

Sediakan gelas buat tempat bibit kangkung sebanyak 10-15 buah, lubangi menggunakan solder dalam bagian samping & bawah gelas.
Untuk benih kangkung (ukuran bijinya besar ) bisa ditaruh pada arang yg sudah dihaluskan, kemudian tutup menggunakan arang lagi. apabila ukuran benihnya mini  , bisa ditaruh pada kapas, lalu tutup menggunakan arang yang telah dihaluskan. apabila ingin menanam kangkung yg telah disemai terlebih dahulu, kangkung dalam masukan menggunakan akarnya dengan berukuran bibit kangkung sebanyak lebih kurang 10 cm. Isikan arang batok kelapa sebanyak 50-80 % ukuran gelas.
Potong kawat sepanjang 12 cm & buat kait buat pegangan gelas dalam ember.
Isi ember dengan air sebesar 60 liter pisahkan selama 2 hari.
Isi ember dengan bibit ikan lele berukuran 5-12 cm(semakin besar  semakin baik) sebesar 60-100 ekor pisahkan selama 1-dua hari.
Setelah itu rangkai gelas kangkung dalam ember


Untuk pemeliharaan budikdamber, letakkan ember dalam tempat terkena matahari maksimal. Berikan pakan pada ikan sesuai berukuran sekenyangnya sanggup 2-tiga kali memakai saat tetap.(5-7cm pakan pf800,10cm pf1000, >12cm 781-2,781-1, 781). Perlu selalu diperhatikan keadaan ember, ikan & tanaman . Amati nafsu makan ikan setiap hari. Jika nafsu makan ikan menurun, air berbau busuk (NH3, H2S), ikan menggantung (ketua pada atas, ekor ke bawah) segera ganti air atau lakukan sipon (Penyedotan kotoran dalam dasar ember menggunakan selang).

Tanaman kangkung akan terlihat tumbuh pada hari ke-tiga. Jangan lupa perhatikan jika masih ada kutu pada daun kangkung, segera buang daun atau batang lantaran kangkung akan kriting & mati. Penampakan air akan berubah menjadi warna hijau. Saat pemberian  pakan, saat itu jua tanaman  kangkung perlu dilakukan penyiraman. Baiknya diberikan waktu pagi & sore hari. Penyiraman kangkung menggunakan air yg berasal menurut ember.

Ganti air umumnya 10-14 hari sekali. Untuk penyedotan 5-8 liter, sanggup lebih atau keseluruhan jika perlu, ganti memakai air bersih. Jika kangkung membesar maka dibutuhkan air lebih banyak, masukkan air setinggi leher ember. Hal ini dilakukan agar air menyentuh akar kangkung.

Pemanenan kangkung & ikan lele dilakukan secara terpisah. Waktu panen tanaman  kangkung pertama merupakan 14-21 hari sejak tanam. Saat panen sisakan balik  bagian bawah atau tunas kangkung buat pertumbuhan kembali. Panen ke-2 & selanjutnya berjarak 10-14 hari sekali. Panen kangkung bisa bertahan 4 bulan. Untuk waktu panen ikan lele bisa dilakukan pada 2 bulan, apabila benih bagus & pakan baik. Perlu diketahui tingkat bertahan hidup (survival) ikan lele 40-100%. Cara memanen ikan lele dilakukan memakai diserok atau dikuras airnya. Ikan lele mampu berkurang lantaran loncat terutama waktu hujan atau dimakan sang kucing.

Keuntungan

Keuntungan berdasarkan budidaya ikan pada ember merupakan irit energy, lantaran nir memerlukan genre listrik seperti yg dilakukan pada budidaya hidroponik/aquaponik dan nir perlu suplai oksigen maupun sirkulasi air kolam. Sederhana, murah dan tergolong gampang dalam pembuatannya. Budikdamber pula sangat irit tempat. 1 ember mampu menampung 80 ekor lele. Dibanding kolam atau keramba. Hemat saat dalam pemeliharaan, saat menguras air, pemanenan tanaman  & ikan. Cukup membuang air pada ember, ikan bisa dipanen. Kangkung tinggal potong.

Budikdamber bisa berfungsi sebagai huma pekarang menjadi warung hidup. Bisa menyediakan sayuran dan asal protein dalam bentuk segar. Gizi tersedia setiap ketika.
Penulis : Desri Mulyati W, SP
Penyuluh Pertanin BPP Cibinong

Semoga bermanfaat & dapat menambah ilmu pengetahuan terutama dalam budidaya ikan dalam ember.
, , , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak ikan lele dan kangkung dalam ember yang menguntungkan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer