Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Bagaimana cara untuk melakukan perencanaan dana pensiun?

Buruh - Priwe kabare sedulur perantauan moga moga pada sehat kabeh. oh iya sedulur nangkene ana sing arep olih duit pensiunan ya, alhamdulilah moga moga bermanfaat bisa kena go tambah tambah buka usaha. oh iya lur sakdurunge sampean pensiun apike sampean kudu perencanaan, rika arep usaha apa kira kira, yuh langsung bae simak ulasan nangisor kie.

Di saat telah tidak bekerja lagi, Anda tidak bisa memperoleh pemasukan yang sama seperti yang didapat saat ini. Pernahkah Anda membayangkan seperti apa saat pensiun kelak? Gaya hidup dan aktivitas pun juga tidak bisa sama seperti sebelumnya saat Anda masih bekerja. Tapi tentunya pengeluaran tidak akan berhenti dan tentu makin bertambah sesuai dengan kebutuhan.



Bagaimana Cara Melakukan Perencanaan Dana Pensiun?

 

Perencana Finansial Finansialku, , CFP mengatakan, dana pensiun perlu disiapkan melalui planing yang matang dan tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek.

1.       Pikirkan Hal yang Perlu Dimiliki saat Pensiun Nanti

Pensiun memang mempunyai arti tidak bekerja lagi, karena masa tugasnya telah selesai. Namun, bukan berarti setelah pensiun hanya berdiam diri tanpa aktivitas sama sekali.

Idealnya saat pensiun Anda telah mempunyai tiga macam aset, yaitu paper asset seperti taungan dan deposito sebagai sumber biaya hidup pensiun Anda, asset property yang bisa dipakai sebagai tempat tinggal tetap, dan aset usaha sebagai aktivitas selama masa pensiun.

Sehingga, saat pensiun nanti, Anda bekerja bukan untuk mencari pemasukan demi kebutuhan hidup lagi, namun sebagai aktivitas agar tidak bosan.

2.       Hitung Lama Pensiun

Pada dasarnya, dana pensiun yang perlu Anda siapkan perlu bisa menutup jumlah pengeluaran selama masa pensiun sampai dengan sisa usiamu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistika Indonesia, angka harapan hidup masyarakat Indonesia di tahun 2020, yaitu 73,46 tahun untuk wanita dan 69,59 tahun untuk pria.

Sehingga kata , bila seorang pria pensiun pada usia 50 tahun, maka perlu menyiapkan dana pensiun untuk biaya hidupnya selama 15 tahun. Setelah mendapatkan jangka waktu tersebut, Anda bisa menghitung berapa jangka waktu menabung dari saat ini hingga masa pensiun nanti.

Seperti contohnya, saat ini Anda berusia 25 tahun dan akan pensiun di usia 50 tahun. Maka, Anda mempunyai waktu menabung untuk menyiapkan dana pensiun selama 25 tahun.

3.       Menentukan Gaya Hidup

Kondisi terbaik pada saat pensiun nanti ialah saat tidak mempunyai tanggungan finansial keluarga karena anak telah selesai sekolah, dan tanggungan kewajiban seperti cicilan KPR telah beres.

Dengan tidak ada tanggungan,  menyarankan untuk menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial saat pensiun nanti. Tapi memang di sini tak mudah untuk mengubah gaya hidup. Bahkan beberapa justru ketika mereka pensiun untuk selalu menikmati hidup.

Seperti contohnya, bisa liburan tiap tahun, merenovasi rumah, dan banyak impian lainnya sebagai self-reward setelah bertahun-tahun kerja. Ada juga yang ingin mempunyai usaha atau pekerjaan sesuai passion sebagai aktivitas penghilang rasa bosan.

Tiap orang tentunya ingin yang terbaik, namun Anda perlu menyesuaikan lagi dengan kemampuan dan kondisi diri saat pensiun nanti.

4.       Menentukan Jumlah Dana yang Diperlukan

Dalam membuat planing pensiun secara mandiri tentu akan berbeda, karena tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup tiap individu. Seperti contohnya, saat ini Anda bergaji sebesar Rp 10 juta. Anda bisa mengira-ngira apakah saat pensiun, biaya hidup Anda setara dengan Rp 10 juta saat ini cukup atau tidak.

Bila sekiranya cukup, jelasnya, Anda bisa menghitung berapa nilai Rp 10 juta di masa depan dengan memasukkan inflasi dalam formula Future Value. Secara sederhana, Anda bisa menghitung nilai di masa depan (Future Value) dari kebutuhan dana Anda selama masa pensiun nanti.

5.       Melakukan investasi untuk Dana Pensiun

Dalam prepare dana pensiun, tantangan terbesarnya yaitu mencari instrumen investasi yang mampu bersaing dengan inflasi namun tetap perlu mempertimbangkan manajemen risikonya. Anda bisa memilih instrumen untuk jangka panjang, seperti reksadana atau saham.

Sistem investasinya pun bisa dilakukan secara bertahap dengan menyicil tiap bulannya. Bila telah mempunyai dana dengan jumlah besar bisa juga dilakukan sekaligus di awal. Tentunya, pilihan instrumen investasi perlu disesuaikan lagi dengan kondisi finansial Anda saat ini.

moga moga bermanfaat.


Tags:


Bagaimana cara untuk melakukan perencanaan dana pensiun?
Apa itu Perencanaan pensiun?
Mengapa seseorang harus merencanakan dana pensiun?
Apa saja program dana pensiun?
3 Apa saja jenis dan pensiun?
Siapa yang mengelola dana pensiun?
Apa kekurangan dari program dana pensiun?
Kapan harus mempersiapkan dana pensiun?
Langkah persiapan pensiun?
Apa dasar hukum dana pensiun?
Apa peran dari dana pensiun?
Berapa jenis pensiun?
Berapa persen alokasi dana pensiun?
Langkah awal dalam perencanaan keuangan adalah?
Apakah program dari dana pensiun Menurut brainly?
Jenis Pensiun ada berapa?
Apa sajakah jenis-jenis dana pensiun berdasarkan UU No 11 Tahun 1992?
Program jaminan pensiun dari tahun berapa?
Apakah dana pensiun dapat diambil sekaligus?
Apa fungsi program dana pensiun?
Berapa uang jaminan pensiun?
Mengapa dana pensiun penting bagi perusahaan pemerintah pegawai dan karyawan?
Mengapa dana pensiun dapat meningkatkan motivasi kerja?
Apa keuntungan pembentukan dana pensiun tersebut bagi perusahaan dan karyawannya?
Apa dasar hukum dana pensiun?
Apa syarat syarat pensiun?
Siapa saja yang berhak menerima dana pensiun?
Jelaskan apa saja asas dalam pelaksanaan dana pensiun?
asuransi dana pensiun
kalkulator dana pensiun
investasi dana pensiun
uu dana pensiun
perusahaan dana pensiun
contoh dana pensiun
asuransi dana pensiun terbaik
manfaat dana pensiun

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana cara untuk melakukan perencanaan dana pensiun?"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer