Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Membuat Podcast di Google Podcast

Podcast di Google Podcast

Infongapak.com - Pasca dirilisnya podcast di Google Podcast pada pertengahan Juni 2018 lalu, tentunya mendapat sambutan hangat oleh para kreator. Hal ini membuat mereka berlomba-lomba ikut serta menayangkan podcast dengan beragam tema-tema menarik yang pasti disukai pendengar. 

Pada dasarnya podcast sendiri merupakan audio yang diperdengarkan kepada khalayak umum sebagaimana halnya mendengarkan radio. Bedanya pada podcast, lebih sedikit menampilkan iklan dibandingkan radio, sehingga bisa dipastikan pendengar merasa lebih nyaman. 

Selain itu pada perkembangannya, podcast tidak saja menampilkan suara semata tetapi juga visualisasi berupa video atau tayangan slide gambar.

Pendengar akan disuguhkan dialog yang dilakukan oleh moderator dengan narasumbernya. Dari situ akan terlihat bagaimana karakter, isi pemikiran, maupun sudut pandang dari para pembicara ini. Mendengarkannya di sela-sela waktu luang di samping mengusir kejenuhan tentunya bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk pengembangan diri.

Proses Pembuatan Podcast di Google Podcast

Begini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk ikut berkontribusi dalam pembuatan podcast di Google Podcast, yaitu:

  • Download dan install aplikasi Google Podcast melalui Playstore.

  • Setelah proses installasi selesai, lakukan pendaftaran dengan cara klik pada aplikasi Podcast tersebut. 

  • Kemudian masuk melalui akun Google yang sudah dimiliki sebelumnya melalui klik “Continue with Google” untuk mempermudah proses registrasi.

  • Setelah itu Podcast sudah bisa digunakan untuk memutar berbagai audio tertentu sesuai keinginan.

Tips-Tips Penggunaan Google Podcast

Setelah podcast selesai dipasanga dan telah melakukan pendaftaran, maka aplikasi sudah bisa langsung digunakan. Berikut tips-tips cara mengaplikasikan podcast sebagai wadah mendengarkan audio blogger, yaitu:

  • Cara berlangganan podcast

Setelah masuk ke aplikasi, pada pojok sebelah kiri atas situs akan ditemukan fitur “berlangganan”. Klik fitur tersebut maka pengguna akan langsung masuk daftar pelanggan.


  • Cara mendengar podcast langganan

Untuk memutar audio yang sudah masuk dalam daftar langganan bisa dilakukan dengan klik “Podcast” pada “semua episode Podcast yang tersedia”. Pada bagian “Detail Episode” ketik “nama episode” yang hendak diperdengarkan.


Kemudian akan muncul kolom “episode yang sedang berlangsung atau diunduh” lalu klik tanda pemutar yang tersedia. Maka secara otomatis audio akan diperdengarkan. 


  • Cara menemukan podcast lain

Tinggal ketik judul podcast di Google Podcast yang hendak dicari pada kolom “search”. Maka secara otomatis sistem akan melakukan pencarian sesuai kata kunci yang telah disebutkan.


  • Cara memutar podcast yang dipilih

Pada bagian samping tiap episode terdapat opsi “Putar”, tinggal klik simbol tersebut maka secara otomatis podcast akan diputar untuk pendengar.

Kelebihan Mendengarkan Google Podcast Dibanding Radio

Berikut adalah keunggulan yang dirasakan pengguna Google Podcast ketimbang radio, yakni:

  • Iklan lebih sedikit dan tidak masif

Tidak seperti radio yang kerap menampilkan iklan dalam jumlah banyak berturut-turut, pada podcast, kemunculan iklan hanya sesekali saja. Sehingga membuat para pendengar lebih nyaman dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran iklan-iklan tersebut. 


  • Lebih bebas menentukan channel podcast

Pengguna lebih fleksibel menentukan tema-tema obrolan yang ingin mereka dengar. Cukup ketik keyword yang sesuai pada bagian pencarian, maka sistem akan otomatis memunculkan podcast-podcast terkait. 


  • Ragam pilihan yang bisa disesuaikan

Ada banyak sekali pilihan tema dan topik yang bisa dipilih oleh pengguna. Koleksi tersebut tentunya tidak akan membosankan untuk didengar satu per satu. Variasi ini ditentukan oleh banyaknya kreator-kreator podcast yang bermunculan dengan berbagai bahan obrolan menarik seperti: bisnis, kuliner, investasi, dan lainnya.

Dengan adanya podcast di Google Podcast membuat semakin banyaknya jenis media hiburan untuk khalayak. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan untuk memilah-milah tayangan agar tidak sekedar menghibur tapi bisa memberikan edukasi

Tags:

Langkah langkah membuat podcast?
Contoh naskah pembukaan podcast?
Langkah langkah membuat podcast di Anchor?
Google podcast itu gunanya untuk apa?
Apakah podcast harus 2 orang?
Apa itu podcast dan contohnya?
Aplikasi Anchor itu apa?
Berapa lama distribusi dari Anchor ke Spotify?
Apakah bisa dapat uang dari podcast?
Jenis jenis naskah podcast?
Apa itu monolog dalam podcast?
Apa saja yg harus disiapkan untuk podcast?
Apa saja yang dibahas di podcast?
Alat apa saja untuk podcast?
cara membuat podcast di spotify dengan anchor
cara membuat podcast di anchor
cara membuat podcast di youtube
cara membuat podcast yang menarik
google podcast manager
cara membuat podcast di noice
apple podcasts
google podcast app

, , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Podcast di Google Podcast"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer