Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap , Apakah Harus Turun Mesin..?



Infongapak.com – Apakah Knalpot Ngebul Harus Turun Mesin..?. Masalah knalopt berasap tentu sebagai pemilik kendaraan merasa was was. Knalpot Ngebul puih disebabkan banyak faktor yang perlu di analisa mengapa knalpot mengeluarkan asap.

Ada dua jenis warna asap knalpot yang perlu anda ketahui dan masing masing warna mempunyai permasalahan yang berbeda

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

Ada beberapa penyebab dari masalah knalpot mobil keluar asap putih dan air. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Oli Bocor ke Ruang Pembakaran

Jika mobil Anda mulai menunjukkan knalpot mengeluarkan asap putih, maka hati-hati. Bisa saja oli mobil sudah bocor masuk ke ruang pembakaran. Inilah yang menimbulkan asap putih muncul secara otomatis dari kendaraan.

Anda jangan membiarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering oli bocor, maka volumenya pasti susut bahkan habis. Mobil Anda bisa saja mengalami mogok hingga harus turun mesin. 

Ada beberapa penyebab oli bocor ke ruang bakar. Bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder. 

Terkadang hal ini juga membuat mesin menjadi susah dihidupkan saat pagi hari ketika mau memanaskan mobil. Proses pembakaran menjadi tidak sempurna hingga menimbulkan masalah ini.



2. Air Pendingin Bocor

Air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pendingin bisa dipicu oleh retakan di dinding silinder.

Suhu mesin juga bisa naik karena air pendingin terus berkurang. Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mesin semakin panas, knalpot mobil malah keluar asap putih.

Untuk itu Anda harus segera membawa mobil ke bengkel jika sudah terlihat asap putih dari knalpot.


3. Terdapat Sisa Air di Knalpot

Knalpot mobil Anda juga bisa membuat genangan air terperangkap di dalamnya. Kalau hal ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap akan menguap dikarenakan gas buang. hasil penguapan akan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih.

Untuk masalah ini, biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Kalau genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih akan hilang dengan sendirinya.

Namun jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan itu cepat keropos. Lama kelamaan knalpot pasti berlubang.


4. Pengembunan Gas Buang

Mobil dengan sistem pembakaran yang sempurna dan lancar tidak akan mendapatkan masalah asap putih dari knalpot. Ketika teknologi bergerak maju, campuran udara dan bahan bakar menjadi satu bagian penting. 

Kondisi ini akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Namun Anda bisa saja menemukan air bening tanpa asap keluar dari knalpot. Tapi tidak perlu khawatir karena itu artinya mesin mobil masih dalam keadaan yang baik.

Pertanda yang wajib AutoFamily perhatikan adalah saat asap putih dan uap air muncul dari knalpot. Kalau sudah muncul pertanda seperti, sebaiknya segera bawa mobil AutoFamily ke Auto2000 secepatnya untuk langsung mengecek kondisi mobil dan komponen mesin.

Sebagai bengkel resmi yang siap memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan, AutoFamily bisa membawa mobil Toyota yang dimiliki untuk diperbaiki jika ada kerusakan pada komponen. (Sumber Referensi: Auto2000)

 

Apakah Harus turun mesin..?

Harus dilakukan analisa tindak lanjut terlebih dahulu apakah ngebul asap putih disebabkan karena kebocoran ring oli atau karena air yang mengembun. 

Apakah Aman..?

Apabila asap knalpot ngebul warna hitam bisa dipastikan mesin aman dan perlu dilakukan seting bahan bakar agar pembakaran pada ruang kompresi dapat mencapai sempurna.

Dan bila asap knalpot berwarna putih diwaktu pagi dan keluar tetesan air bisa  dipastikan mesin mobil anda aman.


Kesimpulan

Tidak semua permasalahan asap knalpot pada kendaraan harus dilakukan turun mesin,dan perlu dipastikan untuk di analisa permasalahan tersebut sebelum melakukan proses perbaikan turun mesin yang mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Semoga bermanfaat

Tags:


Apa yang menyebabkan knalpot mobil berasap?
Apa yang Anda lakukan jika kendaraan Anda mengeluarkan asap putih?
Apa penyebab mesin berasap putih?
Apakah indikasinya jika asap yang keluar dari knalpot berwarna putih?
Apa penyebab asap putih pada mesin diesel?
Kali mendapati mobil dengan kondisi knalpot ngebul warna putih apa kemungkinan penyebabnya?
Apa saja penyebab motor ngebul?
Apa Penyebab mobil Keluar asap Hitam?
knalpot mobil keluar asap hitam
knalpot motor keluar asap putih
knalpot mobil keluar asap putih di pagi hari
avanza keluar asap putih
knalpot motor matic keluar asap putih
penyebab mesin mobil berasap
penyebab kendaraan berasap
avanza keluar asap hitam


, , , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap , Apakah Harus Turun Mesin..?"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer