Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

3 Jenis dan Alat Cetak Dalam Masa Kini

3 Jenis dan Alat Cetak Dalam Masa Kini

Cetak dalam adalah teknik cetak yang bisa diterapkan pada hampir semua bahan cetak. Alat cetak dalam berbeda dengan alat pada teknik cetak lain. Terutama pembuatan silinder platnya yang melalui sebuah proses grafir atau pengukiran.




Infongapak.com - Cetak dalam adalah teknik di mana plat cetaknya harus melalui proses grafir atau pengukiran yang menghasilkan ukiran/relief ke dalam, bukan ukiran timbul.

Alat cetak dalam semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknik cetak dalam di era modern. Berikut ini jenis-jenis cetak dalam dan alat yang digunakannya.

3 Jenis dan Alat Cetak Dalam Masa Kini

Ada beberapa jenis cetak dalam yang berkembang di era modern ini. Yaitu cetak rotogravure, cetak intaglio (teknik cetak uang), dan cetak dalam untuk seni grafis.

Teknik cetak dalam adalah teknik cetak yang menggunakan plat cetak (pembawa image) yang di grafir atau ukir. 

Berikut adalah jenis-jenis dan peralatan cetak dalam yang digunakan.

Cetak rotogravure

Cetak rotogravure adalah teknik cetak yang menggunakan silinder sebagai acuan untuk mencetak bahan yang fleksibel seperti plastik, aluminium dll. 

Acuan yang berbentuk silinder diukir membentuk image yang akan menyimpan tinta yang akan tercetak pada bahan cetakan.

Rotogravure digunakan untuk mencetak kemasan produk seperti bungkus produk yang dilapis plastik, seperti kemasan makanan berlapis aluminium, kemasan isi ulang pouch, dan sebagainya. 

Teknik ini berbiaya besar karena itu cocok untuk pencetakan berjumlah masif. Teknik ini juga cocok untuk lebar bahan yang panjang sehingga lebih  efektif.

Alat cetak dalam yang digunakan pada rotogravure adalah:

  • Silinder plat sebagai pembawa image yang akan dicetak pada bahan cetak. Silinder yang berkualitas bisa diukir untuk empat kali pembuatan image.

  • Alat ukir, bisa menggunakan proses etsa, yaitu membentuk image dengan cairan kimia, atau menggunakan jarum ukir(engraving)

  • Rakel/doctor blade untuk membersihkan area non image agar tidak mengandung tinta

  • Silinder tekan, fungsinya untuk menekan bahan cetak dengan tekanan tertentu agar proses pencetakan image maksimal

  • Bahan cetak, bahan untuk cetak rotogravure adalah bahan-bahan fleksibel yang kebanyakan adalah plastik film.

  • Bak tinta dan tinta untuk menampung tinta yang menjadi pembentuk image.

Di  era usaha rumahan, rotogravure mengembangkan mesin cetak mini roto yang hanya mencetak satu warna. Cocok untuk usaha sablon plastik untuk kemasan industri rumahan.

Cetak Intaglio

Cetak intaglio adalah teknik cetak dalam yang digunakan untuk mencetak uang. Hasil cetaknya yang terasa kasar jika diraba, adalah salah satu ciri-ciri asli uang kertas.

Percetakan uang di Indonesia hanya dilakukan di Perum Peruri. Cetak uang menggunakan alat cetak dalam dan bahan kertas dan tinta khusus yang diimpor serta bersifat sangat rahasia. 

Pada prinsipnya cetak intaglio sama dengan rotogravure, yaitu menggunakan silinder yang diukir dan menggunakan teknik cetak langsung.

Perbedaannya, dilansir dari CNN, terletak pada proses cetaknya yang langsung dilakukan pada kedua sisi uang kertas secara bersamaan.

Begitu rumit dan rahasianya cetak intaglio untuk uang ini, sehingga prosesnya sangat tertutup dan tidak diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Cetak dalam untuk seni  grafis

Cetak dalam seni grafis juga cukup berkembang di era modern ini. Prinsip cetaknya sama dengan cetak rotogravure dan intaglio. Hanya saja platnya tidak berbentuk silinder tapi berbentuk lembaran.

Untuk pembentukan ukiran pada plat menggunakan berbagai teknik, yaitu teknik engraving, etching, mezzotint, dan drypoint.

Cetak dalam untuk seni grafis sangat diminati karena menghasilkan cetakan yang menonjol dan bisa diproduksi untuk dalam jumlah banyak atau sedikit.

Alat cetak dalam yang digunakan:  plat tembaga atau logam lain. Ada pula yang menggunakan akrilik. Jarum ukir atau cairan kimia korosif, lapisan pelindung non image berupa lilin.

Jenis cetak dalam dan alat cetak dalam terus berkembang mengikuti kreativitas dan kebutuhan industri. 


, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 3 Jenis dan Alat Cetak Dalam Masa Kini"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer