Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

2 Jenis dan Alat Cetak Datar yang Populer

2 Jenis dan Alat Cetak Datar yang Populer

Cetak datar adalah jenis cetak yang paling banyak digunakan dalam industri. Biaya lebih murah dan hasil cetak yang lebih baik membuat alat cetak datar banyak diminati.




Infongapak.com - Banyak industri kecil yang mengembangkan cetak datar sehingga lebih kreatif dan membumi. Cetak datar adalah teknik cetak yang paling banyak digunakan saat ini.

Alat cetak datar juga lebih mudah didapat dan terjangkau. Geliat industri kecil juga berkontribusi pada perkembangan cetak datar.

Berbagai teknik cetak datar yang banyak digunakan bisa Anda ikuti dan simak dengan

2 Jenis dan Alat Cetak Datar yang Populer

Cetak datar adalah teknik cetak yang menggunakan plat yang rata. Tidak diukir keluar  (timbul) seperti cetak tinggi, atau diukir ke dalam seperti cetak dalam.

Berikut  jenis dan alat pada cetak datar, antara lain:

Cetak offset

Cetak offset merupakan teknik cetak datar yang hanya berbentuk mesin karena tidak ada lagi cetak offset manual. 

Alat cetak datar cetak offset menggunakan tiga silinder yang menggunakan prinsip tolak menolak antara air dengan tinta (minyak).

Pembuatan image dilakukan dengan penyinaran terhadap plat yang sudah mengandung emulsi dari pabrikannya.

Kemudian plat dicuci dengan cairan kimia khusus, sehingga lapisan image menerima tinta menolak air dan non image menolak tinta menerima air. 

Plat lembaran yang sudah jadi, dipasang pada silinder khusus plat, sehingga plat akan menggulung pada batang silinder. 

Ada tiga silinder utama yang digunakan pada cetak offset yaitu silinder plat yang langsung mengambil tinta. Kemudian silinder kedua yang menerima tinta dari silinder tinta dalam keadaan mirror.

Selanjutnya silinder ketiga terjepit kertas, sebagai bahan cetak, yang menerima image cetak yang benar.

Cetak offset paling banyak digunakan untuk kegiatan cetak-mencetak karena berbiaya rendah.

Alat cetak datar mesin offset pun sudah sangat beragam, dari yang berukuran folio hingga kertas plano besar. Mesin offset tidak bisa mencetak plastik atau bahan yang lentur.

Cetak saring

Cetak saring atau cetak sablon termasuk juga dalam jenis cetak datar. Plat yang digunakan tidak terukir menjadi ukiran timbul seperti cetak tinggi, atau ukiran dalam seperti cetak dalam.

Berbeda dengan jenis cetakan lain, alat cetak datar cetak saring menggunakan screen.  Screen adalah  bentangan serupa kain dari bahan nylon.

Diberi frame untuk menarik bahan screen di empat sisi agar terentang ketat seperti kanvas lukis. 

Screen memiliki pori-pori yang yang pas sebagai lewatnya tinta cetak untuk membentuk image pada bahan cetakan yang diletakan di bawah screen.

Pembuatan image pada screen dilakukan dengan penyinaran. Berikut langkah-langkah menyinari screen sablon secara manual:

  • Lapisan dalam screen dilapisi emulsi sablon menggunakan kuas kemudian dibiarkan kering. 

  • Lalu image di kertas berminyak atau film diletakkan di bagian luar screen, ditempel dengan selotip agar diam.

  • Sinari dengan sinar matahari terik atau dengan lampu khusus dengan waktu tertentu.

  • Setelah disinari dibiarkan sejenak, lalu mulai membersihkan emulsi di area image. Caranya dengan disemprot menggunakan sprayer tangan. Sehingga emulsi akan menutupi daerah non image dari tinta. Daerah image tetap bisa dilewati tinta karena tidak mengandung emulsi.
  • Setelah image bersih dari emulsi, langsung bisa digunakan untuk menyablon.

Selanjutnya inilah langkah-langkah menyablon manual.

  • Letakkan screen pada meja khusus sablon yang sudah dilengkapi penjepit frame screen. Sedemikian sehingga screen tidak langsung menyentuh kertas ketika mencetak.

  • Sediakan tinta dan rakel. Rakel untuk menyapukan tinta ke atas image di screen sehingga berpindah ke bahan cetak di bawahnya.

  • Bahan cetak yang digunakan bisa berupa kertas, stiker, karbon, kain, papan kayu, dll.

Sablon manual masih digunakan hingga saat ini karena cetakan yang dihasilkan menghasilkan warna yang kuat. Selain itu bisa menerima cetakan dalam jumlah terbatas karena mudahnya proses penyinaran. 

Sablon sekarang banyak digunakan mencetak kaos distro yang memiliki desain unik dan terbatas. Sifatnya yang individual dan artistik digemari anak muda dan menumbuhkan industri kecil yang terus berkembang.

Kedua cetak datar inilah yang paling populer dan menginspirasi lahirnya bisnis yang kreatif. Alat cetak datar pun ikut berkembang dan berinovasi menyesuaikan tuntutan zaman.

Bagaimana, apakah Anda tertarik dan berminta untuk terjun ke dunia bisnis atau usaha seperti ini? Yuk siapkan modalnya dari sekarang yah!

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 2 Jenis dan Alat Cetak Datar yang Populer"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer