Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Yuk Cari Tahu Penyebab Transmisi Sulit Pindah Gigi Adalah Ini Masalahnya

 

Cari Tahu Penyebab Transmisi Sulit Pindah Gigi

Penyebab transmisi sulit pindah gigi adalah pengaruh dari ketidak normalan pada kabel-kabel yang berhubungan dengan tuas gigi, berikut hal yang harus Anda lakukan.

 



Infongapak.com - Saat mengendarai mobil pasti sangat menjengkelkan, jika ketika mau mengoper gigi mengalami kesusahan. Selain menjengkelkan, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Penyebab transmisi sulit pindah gigi adalah karena pengaruh dari komponen, namun bisa juga karena faktor lainnya.

Untuk mengetahui, penyebab dari masalah tersebut, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap mobil tersebut. Bagian yang perlu dilihat atau dicek adalah bagian kabel hingga beserta komponen lainnya.

Beberapa Faktor Penyebab Transmisi Sulit Pindah Gigi Yang Harus Diketahui

Beberapa faktor penyebab transmisi sulit pindah gigi seperti yang ditulis di bawah ini. Simak dengan baik penjelasannya, agar ketika suatu saat Anda mengalami hal tersebut, maka bisa,mengambil langkah yang harus diambil.

1.      Macet Pada Kabel Tuas Persneling

Kabel tuas persneling yang macet bisa menyebabkan terjadinya sulit saat mengoper gigi. Saat dalam keadaan macet, biasanya tuas tersebut terasa keras dan berat. Jika hal tersebut terjadi, langkah yang harus Anda lakukan adalah segera membawanya ke bengkel mobil. Supaya kerusakan tersebut diperbaiki oleh orang yang lebih kompeten di bidangnya.

2.      Rusaknya Bushing Pada Tuas Perseneling

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan sulit pindah gigi, bisa jadi karena bushing mengalami kerusakan. Perlu Anda ketahui bahwasanya bushing ini bisa getas, karena memang bahannya terbuat dari karet. Jadi bisa dipastikan jika pada bagian tersebut mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh terhadap kinerja perseniking.

3.      Kabel kopling Yang Mengeras

Jika mobil Anda menggunakan model kabel kopling, mak kabelnya bisa kotor sekaligus berkarat. Keadaan tersebut mengakibatkan jarak geser koplingnya malah menjadi pendek.Otomatis jika sudah demikian perseneling pada mobil menjadi susah masuk pada gigi.

Namun jika mobil Anda memakai model kopling hidrolik, Anda harus sering melakukan pengecekan pada master koplingnya. Karena bagian tersebut adalah bagian yang bekerja sebagai pengatur tekanan kopling. Jika master kopling terjadi kebocoran, maka tekanan yang dihasilkan juga tidak sempurna, yang menyebabkan persneling macet.

Namun secara keseluruhan teknis penyebab dari sulitnya memindahkan gigi transmisi dilakukan disebabkan oleh hal-hal yang ada di atas. Meski begitu, masih ada hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Yakni jumlah oli pada transmisi yang tidak diperhatikan dengan seksama. Karena kekurangan jumlah oli pada transmisi ternyata juga dapat menyebabkan pelapisan gesekan antara gigi yang ada pada transmisi berubah menjadi lebih kasar. 

Kalau sudah begitu bisa menyebabkan gigi menjadi sulit untuk dipindahkan. Oleh karena itu selalu perhatikan kecukupan jumlah oli, termasuk dengan masalah kebocoran yang sering terjadi pada komponen tersebut.

Demikianlah ulasan yang sudah kami rangkung mengenai penyebab transmisi sulit pindah gigi yang biasa terjadi karena tiga faktor di atas. Untuk itu sebaiknya Anda rutin dalam penggantian oli transmisi. Hal lain yang harus dilakukan adalah ketika melakukan pengecekan sebaiknya lebih detail yaitu menggunakan dongkrak hidrolik. Jika tidak ingin repot Anda bisa memakai jasa service mobil.

Semoga ulasan diatas bermanfaat yah! Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan bagikan artikel ini di media sosial Anda ya. Dengan begitu kami akan selalu semangat untuk membagikan hal-hal menarik lainnya di artikel yang tersaji di portal infongapak.com.

,

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Yuk Cari Tahu Penyebab Transmisi Sulit Pindah Gigi Adalah Ini Masalahnya"

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer