Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Yuk Cari Tahu Penyebab Dan Permasalahan Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Mobil

 

penyebab dan permasalahan bunyi tek-tek pada mesin mobil

Penyebab dan permasalahan bunyi tek-tek pada mesin mobil biasanya pengaruh dari ketidaknormalan klep dan camshaft nya, bisa karena klep yang longgar atau karena aus

 



Infongapak.com - Pernahkan Anda mendengar bunyi tek-tek saat mengendarai mobil? Ternyata penyebab dan permasalahan bunyi tek-tek pada mesin mobil akibat dari longgarnya celah pada klep. Bisa juga hal tersebut dikarenakan camshaft yang sudah aus. Bagian camshaft yang biasanya mengalami keausan adalah bagian kepala silindernya.

Hal yang memicu terjadinya bunyi tersebut karena pemakaian yang sering yang membuat klepnya longgar tanpa disadari pengendara. Oleh karenanya disarankan untuk melakukan service dengan rutin, agar mobil terhindar dari segala masalah.

Beberapa Faktor Penyebab Dan Permasalahan Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Mobil

Bila Anda memutuskan untuk memiliki kendaraan berupa mobil, maka Anda harus siap dengan berbagai macam jenis masalah yang ada. Salah satunya bunyi tek-tek pada mesin yang tidak disadari oleh pengendaranya. Untuk mengatasinya tidak harus langsung dibawa ke bengkel mobil langganan. Kalau Anda mengerti dan paham dengan faktor utamanya, mengatasinya sendiri di rumah tentu bisa Anda lakukan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau penyebab dan permasalahan bunyi tek-tek pada mesin mobil biasanya terkait pada klep atau camshaft. Berikut adalah penjelasannya.

1.     Klep Mobil yang Longgar

Bagian yang sering bermasalah ketika mobil terlalu sering digunakan adalah bagian klepnya. Ketika Anda mendengar bunyi tek-tek saat mobil dikendarai, segeralah lakukan pengecekan. Cek bagian klep mobil dengan menyetel ulang celah klepnya.

Jika Anda ragu atau tidak tahu bagaimana menyetelnya, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel agar bisa ditangani dengan baik oleh tenaga profesional. Dengan begitu Anda tidak harus pusing dan repot sendiri, selain itu juga untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi.

2.     Shim atau Lifter Yang Aus

Berbeda lagi dengan mobil yang masih menggunakan lifter atau shim. Jika mobil Anda menggunakan shim dan terdengar bunyi tek-tek, bisa jadi mobil mengalami keausan pada simnya. Yang sering bersentuhan langsung dengan shim adalah ujung klep.

Keadaan tersebut juga bisa menimbulkan bunyi tek-tek pada mobil secara tiba-tiba. Nah jika masalah terdapat pada celah klepnya, solusinya mudah tinggal mengembalikan celah klep tersebut ke posisi semula (posisi standar). Posisikan lifter ke tempat sebelumnya dan jangan menukarnya dengan yang baru ya. Salah-salah nanti malah ukuran tidak pasa dan berbeda dari yang sebelumnya.

Untuk permasalah suara tek-tek ini memang tidak serta merta bisa ditangani sendiri, itulah sebabnya disarankan untuk memilih service mobil resmi. Sebab service mobil resmi, tentunya kan memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan standar dan dikerjakan oleh tenaga yang sudah ahli.

Setelah mengetahui penyebab dan permasalahan bunyi tek-tek pada mesin mobil, tentunya Anda harus melakukan preventif. Caranya yaitu dengan rutin melakukan service dan mengecek keadaan mobil. Terutama bagi Anda yang sering menggunakan mobil untuk bepergian dan keperluan sehari-hari. Dengan begitu mobil akan awet serta terhindar dari masalah baik mengeluarkan bunyi ataupun masalah lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai dunia otomotif utamanya pada masalah bunyi tek-tek yang sering terjadi pada mesin mobil. Semoga ulasan yang sudah kami rangkum diatas bisa menjadi referensi yang tepat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan saran yah untuk kami. Terima kasih!

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Cari Tahu Penyebab Dan Permasalahan Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Mobil"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer