Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

4 Ciri dan Penyebab Kerusakan Transmisi Mobil Manual Yang Harus Diketahui Pemilik Kendaraan

Ciri dan Penyebab Kerusakan Transmisi Mobil Manual
Selalu ada tanda yang akan diberikan oleh mobil ketika terjadi masalah pada transmisinya, pemilik kendaraan harus mengetahui ciri dan penyebab kerusakan transmisi mobil manual. 





Infongapak.com - Transmisi merupakan komponen yang penting bagi kendaraan bermotor, terutama mobil. Seperti komponen mobil lainnya, transmisi juga bisa mengalami masalah jika tidak diperhatikan secara baik. Oleh karena itu, ketahui ciri dan penyebab kerusakan transmisi mobil manual. Sehingga bisa mengetahuinya sebelum masalahnya semakin parah. 

Perlu diketahui bahwa ada dua macam jenis transmisi, yaitu manual dan otomatis. Transmisi manual menggunakan kopling sebagai pengendalinya. Sehingga dijalankan secara manual oleh pengendaranya. Sedangkan transmisi otomatis merupakan kebalikan dari manual. Ada beberapa ciri yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan ketika transmisi mengalami masalah. 

Ciri Dan Penyebab Kerusakan Transmisi Mobil Manual

Ketika salah satu komponen mobil sudah minta diganti, biasanya akan memberikan tanda-tanda khusus. Tanda tersebut harus diketahui oleh pemilik kendaraan supaya bisa dicari solusinya dengan cepat. Jika tidak segera diselesaikan akan menimbulkan beberapa masalah. Oleh sebab itu Anda wajib tahu pada tanda-tanda khusus yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan. Berikut ciri dan penyebab kerusakan transmisi mobil manual. Diantaranya adalah :

1. Mesin lambat untuk merespon

Pernahkan ketika menginjak pedal, namun mobil tidak langsung berjalan sesuai dengan keinginan? Bahkan mesin akan berbunyi menderu keras. Ketahui bahwa itu salah satu ciri transmisi sedang dalam keadaan masalah. Segera cek keadaan transmisi jika terjadi masalah tersebut. Mungkin penyebabnya adalah drive pelat atau plat kopling sudah sangat tipis. 

2. Sistem transmisi mengeluarkan suara

Awalnya akan terdengar suara mendengung seperti dari mesin mobil. Tapi, jika dibiarkan suara tersebut akan bertambah keras, sehingga muncul seperti ketukan benda yang sedang beradu. Penyebab suara tersebut muncul kemungkinan karena beberapa komponen dalam piranti transmisi berbenturan. Sebab mekanisme pergerakannya terhambat akibat lemahnya dorongan oli transmisi. 

3. Cairan transmisi bocor

Bocornya transmisi merupakan ciri yang paling mudah diidentifikasi ketika terjadi masalah. Untuk mengecek transmisi mobil manual tidak semudah membuka kap seperti mobil matik. Pemilik mobil harus membawa kendaraannya ke bengkel yang terpercaya untuk penanganan lebih khusus. Jangan asal buka kap tanpa ilmu yang mumpuni yah, agar tidak terjadi kerusakan lainnya.

4. Mobil bergetar

Pemilik mobil harus curiga ketika membawa kendaraan roda empat mereka dalam jalanan yang mulus tapi terasa bergetar. Gejala tersebut bisa dipastikan transmisi terjadi masalah. Penyebabnya adalah kampas koplingnya yang sudah mulai aus. Sehingga permukaannya menjadi tidak merata. Jangan dianggap sepele, karena hal tersebut bisa menjadi tanda yang harus Anda perhatikan. Dengan begitu keselamatan dan kenyamanan berkendara tidak akan menjadi masalah lagi.


Itulah beberapa ciri dan penyebab kerusakan transmisi mobil manual. Segera lakukan perbaikan supaya kerusakan tidak bertambah parah. Kenali cirinya ketika transmisi mengalami masalah agar berkendara bisa terasa nyaman dan tidak was - was jika terjadi sesuatu seperti mogok di tengah jalan. 

Semoga dengan ulasan yang sudah kami rangkum di atas untuk Anda bisa menjadi salah satu referensi yang tepat untuk Anda. Tidak hanya untuk Anda saja tentunya, tetapi juga untuk orang-orang yang ada disekitar Anda. Jangan lupa untuk bagikan informasi-informasi yang bermanfaat dari Infongapak.com di media sosial Anda, dengan begitu akan selalu bersemangat untuk menghasilkan artikel yang menarik dan juga bermanfaat.


,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 4 Ciri dan Penyebab Kerusakan Transmisi Mobil Manual Yang Harus Diketahui Pemilik Kendaraan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer