Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

3 Penyebab Oli Mesin Berkurang Tapi Tidak Berasap

oli mesin berkurang padahal tidak berasap


Kebocoran pada salah satu komponen mesin dapat menyebabkan oli mesin berkurang padahal tidak berasap maka Anda harus mengganti oli mesin secara berkala agar mesin awet.





Infongapak.com - Tidak semua pemilik kendaraan paham tentang kerusakan yang dialami oleh kendaraan mereka. Salah satu masalah yang sering terjadi contohnya adalah seperti penyebab oli mesin berkurang padahal tidak berasap. Mesin rusak dan tidak berasap tersebut terjadi bisa jadi disebabkan oleh oli yang tinggal sedikit atau bahkan habis.

Oleh karena itu bila Anda menemukan penyebab oli mesin tidak berkurang padahal berasap, Anda harus segera melakukan pengecekkan. Pengecekkan tersebut bisa Anda lakukan secara mandiri bila mengetahui dan paham mengenai seluk beluk mesin mobil. Atau bisa juga dilakukan di bengkel langganan Anda.

Kalau Anda ingin tetap mencoba untuk mengatasinya sendiri sebelum pergi ke bengkel terpercaya, berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah pada mobil. Yuk, simak ulasannya!

Oli Mesin Berkurang Padahal Tidak Berasap, Begini Solusinya!


Oli mesin memang harus diganti secara berkala agar kendaraan tidak cepat rusak. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kejadian oli mesin berkurang padahal tidak berasap seperti berikut : 

Hal di atas terjadi karena kendaraan digunakan terus selama tiga bulan bahkan lebih sementara oli tidak diganti. Setelah oli diganti maka kendaraan akan mengeluarkan asap. Di antara penyebab oli mesin berkurang adalah : 

Ada Kebocoran pada Drain Plug 

Fungsi dari drain plug adalah untuk membuang oli dari dalam mesin. Drain plug akan mengalami kerusakan karena bertambah usianya mesin. Di samping itu, sering dibongkar pasang ketika suhu mesin masih panas memungkinkan komponen ini rusak. 


Cara mengatasi kebocoran pada drain plug maka ganti karet sealnya dulu. Anda juga dapat menggunakan selotip pipa untuk merapatkan bagian ulir blok mesin dan drain plug. Seandainya masalah belum selesai maka sgera ganti drain plugnya dengan yang baru. 

Ada Kebocoran pada Carter atau Oil Pan 

Fungsi carter atau oil pan untuk menampung oli mesin yang akan digunakan sebagai pelumas semua komponen mesin di dalamnya. Bentuk oil pan seperti bak yang dibuat pada blok mesin dengan lapisan lem sealant. Biasanya rembesan oli ke luar melalui area sambungannya. 


Cara mengatasinya yaitu pasang kembali oil pan menggunakan pelapis sealant. Sebelumnya, Anda harus membersihkan terlebih dahulu semua sisa lem lama serta gunakan lem kualitas baik. 

Penguapan Oli

Penguapan oli biasanya terjadi ketika sistem pendingin mesin berjalan tidak maksimal sehingga menyebabkan mobil overheat. Kondisi tersebut menyebabkan oli mesin menguap.


Penggunaan oli berkualitas buruk juga dapat menimbulkan masalah ini terjadi. Solusinya yaitu pilih oli berkualitas tinggi dan pastikan sistem pendingin mesin berjalan maksimal. Seandainya bisa, pilihlah oli yang mempunyai fitur pendingin mesin tidak hanya sebagai pelumas. 

Berkurangnya oli juga dapat terjadi karena kerusakan blok mesin retak, seal klep rusak, ring piston, dan silinder mesin sudah aus. Untuk itu, Anda harus mengetahui oli mesin berkurang padahal tidak berasap agar dapat mengatasinya. 

Bagaimana, ternyata cukup mudah untuk dilakukan bukan? Semoga ulasan yang sudah kami rangkum untuk Anda diatas bisa menjadi salah satu referensi yang tepat. Jangan lupa untuk membagikan informasi yang sudah kami buat kepada orang-orang yang ada disekitar Anda yah! Dengan begitu kami akan bersemangat untuk membuat konten yang berisikan informasi-informasi bermanfaat lainnya.


,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Penyebab Oli Mesin Berkurang Tapi Tidak Berasap"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer