Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Budidaya Ikan Nila di Kolam Rumah yang Menguntungkan

budidaya ikan nila di kolam rumah
Budidaya ikan nila di kolam rumah banyak memberi keuntungan pada peternak karena mudah perawatannya dan tahan terhadap perubahan lingkungan serta serangan penyakit dan virus




Infongapak.com - Dulu orang hanya bisa beternak ikan menggunakan kolam khusus yang berada dekat aliran air sungai atau irigasi. Sekarang generasi muda justru semakin kreatif membuka usaha, salah satu dalam bidang peternakan yang menguntungkan. Misalnya, membuka bisnis budidaya ikan nila di kolam rumah cukup dengan menggunakan lahan sempit.

Banyak kelebihan dari budidaya ikan nila ini, misalnya mempunyai daya tahan tinggi terhadap perubahan  lingkungan. Ikan ini juga tahan terhadap berbagai serangan penyakit maupun virus. Ikan nila juga termasuk omnivora sehingga mudah untuk memberi pakannya. Sudah begitu harga jual ikan nila juga cukup bersaing. 


Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Rumah agar Hasil Melimpah


Ikan nila tidak pernah sepi peminat. Hampir di semua pasar ikan, nila dapat ditemui dengan mudah. Oleh sebab itu Budidaya ikan nila sangat menguntungkan karena banyak orang menyukainya. Namun agar bisa memperoleh semua keuntungan tersebut, Anda harus mempersiapkan banyak hal. Sehingga budidaya ikan pun dapat berjalan lancar. 

  1. Menyiapkan Kolam dan Benih 

Anda harus menyiapkan budidaya ikan nila di kolam rumah dengan kedalaman air sekitar 50 – 75 cm agar ikan tersebut dapat berkembang biak. Biarkan kolam kering dengan terkena sinar matahari. Setelah itu, isi dengan air lalu biarkan selama 5 – 7 hari sampai tumbuh plankton. 


Selanjutnya, cari benih yang aktif dan sehat. Lalu isi kolam tersebut dengan ikan sebanyak 5 – 10 ekor per m2 dengan ukuran 5 – 10 cm. Dengan hitungan tersebut, Anda tinggal menghitung berapa luas kolam dan berapa ekor ikan yang harus ditanam.


  1. Cara Pemberian Pakan 

Pakan budidaya ikan nila di kolam rumah yaitu dengan membeli pakannya di toko  dan diberi daun-daunan. Setelah 6 bulan ikan pun bisa dipanen karena beratnya sudah mencapai 400 gram – 600 gram jika suplai pakannya cukup. 


Seandainya Anda ingin punya indukan sendiri maka pilihlah beberapa ikan jantan dan betina yang sehat sesuai kebutuhan. Lalu ikan-ikan tersebut dimasukan pada kolam khusus pembiakan. 


  1. Mengatasi Penyakit pada Ikan 

Ikan Nila tahan terhadap lingkungan dan serangan penyakit. Namun Anda harus tahu apabila sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan dari ikan tersebut seperti : 

  • Ikan bisa stres karena air belum diganti atau buat sirkulasi air yang baik. Di samping itu, ikan stres karena air kotor dari bekas sisa makanan maka Anda jangan memberi pakan berlebih

  • Ikan bisa kurang nafsu makan karena kurang vitamin maka Anda harus membelinya dari toko pakan ikan 

  • Ikan juga bisa terserang parasit karena zat asam berlebih pada air sehingga ikan terserang penyakit. Anda harus memisahkan ikan sakit dengan yang lain agar tidak menular


Permintaan ikan nila di pasaran sangat tinggi karena rasanya yang enak, lembut, dan gurih. Oleh karena itu, banyak pebisnis tertarik untuk budidaya ikan nila di kolam rumah yang menghasilkan banyak keuntungan. 

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Budidaya Ikan Nila di Kolam Rumah yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer