Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan
Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan seperti gurame, nila, mas, lele, dan bandeng. Ikan-ikan tersebut hasilnya melimpah dan mudah perawatannya serta tahan penyakit.





Infongapak.com - Meski teknologi semakin canggih, bukan berarti usaha model lama tidak berpotensi untuk dikembangkan. Usaha tersebut juga terus berkembang dan menjanjikan laba yang menggiurkan. Termasuk budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan. Usaha ini bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan namun tetap memberi banyak keuntungan. 

Lingkungan di sekitar pun sangat mendukung untuk membudidayakan ikan ini. Banyaknya sungai yang ada di Indonesia, semakin memudahkan beternak ikan. Namun bila Anda tinggal di daerah yang jauh dari aliran sungai, masih ada cara lain untuk membudidayakan ikan. Misalnya di dalam kolam terpal atau dalam ember. 


Jenis-Jenis Ikan Air Tawar yang Menguntungkan untuk Dibudidayakan 


Ada banyak jenis ikan yang biasa dibudidayakan oleh masyarakat. Namun bila ingin diternakkan untuk tujuan komersial, Anda dapat memilih jenis ikan favorit pasar. Sehingga dapat meraup untung lebih banyak. 

  1. Ikan Gurame 

Ikan gurame siap konsumsi biasanya berbobot ½ - 1 kg. Dengan  begitu, maka dari segi waktu pembudidayaan sangat ekonomis sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya. 


Konsumen menyukai ikan ini karena dagingnya tebal dan tidak berduri di antar serat daging. Selain itu, rasanya juga lezat dan pantas dijadikan hidangan pesta.


  1. Ikan Nila 

Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan berikutnya yaitu nila. Masa budidaya ikan nila tergolong cepat yaitu antara 4 – 6 bulan. Ikan ini tahan terhadap perubahan lingkungan serta dari serangan penyakit dan virus. Nila juga termasuk omnivora sehingga bisa diberi pakan apa saja. Banyak konsumen yang menyukainya karena rasanya lembut dan gurih. 


  1. Ikan Mas 

Ikan Mas sangat mudah dibudidayakan karena bisa diternak di kolam tanah, terpal, dan jaring terapung. Apalagi Indonesia merupakan negara tropis jadi sangat cocok untuk beternak ikan. Air yang digunakan pun bisa deras atau tenang. Emas dipanen saat berusia 6 bulan. 


  1. Ikan Lele

Banyak konsumen menyukai ikan lele karena rasanya lembut, gurih, dan renyah. Lele juga sangat mudah budidayanya karena punya daya tahan tubuh paling kuat dari ikan tawar lainnya. Perawatan ikan ini pun cukup mudah karena hanya tinggal menyediakan kolam dan pakan. Perhatikan jangan sampai kekurangan pakan karena akan memakan sesamanya. 


  1. Ikan Bandeng 

Ikan bandeng sangat lezat dikonsumsi baik bandeng biasa maupun yang sudah dijadikan pindang. Dagingnya lezat dan gurih cocok dimakan dengan sambal. Biasanya, ikan ini dibudidayakan di pinggir pantai dengan membuat tambak karena bandeng memerlukan air dengan kandungan garam sedang. 


Budidaya ikan air tawar memberi banyak keuntungan karena bisa cepat dipanen dengan hasil melimpah. Anda bisa budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan karena perawatannya mudah.

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer