Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Air Tawar
Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yaitu dengan menyiapkan lahan yang baik, menjaga sirkulasi air, dan pemberian pakan dan vitamin yang tepat.




Infongapak.com - Ikan merupakan jenis protein yang sering dikonsumsi masyarakat karena harganya terjangkau. Jadi wajar bila permintaan akan ketersediaan ikan di pasar selalu meningkat. Peluang bisnis ini pun menjanjikan. Jadi bagi Anda yang sedang mencari cara budidaya ikan air tawar cepat panen, dapat mengikuti beberapa panduan berikut. 

  1. Menyiapkan Lahan yang Baik 

 Lahan untuk budidaya ikan dengan ini harus berada di lokasi yang tepat. Supaya ikan bisa cepat dipanen. Anda bisa membuat kolam dari kolam beton, tanah, terpal atau bahan lain. Namun kebanyakan peternak memilih menggunakan kolam terpal karena lebih hemat. 


  1. Menyiapkan Benih Unggul 

Pemilihan bibit unggul bisa mempercepat panen sekitar 20% - 30% dari waktu panen umumnya. Anda membeli bibit dari toko yang menjual benih unggul. Meski harganya lebih mahal namun akan setimpal dengan hasil yang diperoleh. Namun Anda juga bisa membuat bibit sendiri dari bibit unggul. 


  1. Beri Pakan Terbaik dan Vitamin

Beri pakan terbaik agar cara budidaya ikan air tawar cepat panen. Pakan terbaik bukan yang mahal atau eksklusif, tetapi yang sesuai dengan umur dan jenis ikan tersebut. Di samping itu, ikan juga butuh pakan tambahan (ekstra food) atau vitamin. 



Cara Merawat Ikan yang Benar agar Cepat Tumbuh Besar


Anda harus mengetahui cara beternak dan merawat ikan agar cepat besar. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat ikan : 


  1. Lingkungan dan Suhu yang Benar 

Lingkungan yang mendukung maksudnya yaitu ketinggian dan suhu cukup dan pas untuk ikan. Contoh budidaya ikan mas membutuhkan ketinggian 150 – 600 mdpl. Suhu yang baik buat pengembangbiakan ikan yakni antara 25 – 30 derajat celcius. 


  1. Pengelolaan Air dan Pencegahan Hama dan Penyakit 

Faktor kebersihan air harus diperhatikan agar ikan tumbuh sehat dan cara budidaya ikan air tawar cepat panen berhasil. Kondisi air yang baik harus dalam keadaan mengalir atau diganti secara berkala. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ikan agar cepat besar. 


Selain itu, Anda juga harus mencegah dan merawat ikan dari berbagai hama dan penyakit yang biasanya menyerang ketika ikan masih kecil. Caranya adalah dengan menjaga air agar selalu sehat dan memisahkan ikan yang sakit.


  1. Panen Ikan 

Masa panen ikan biasanya saat berumur 2 sampai 3 bulan atau kira-kira berat ikan sekitar 300 gram – 400 gram per ekor. Anda harus memisahkan ikan yang layak panen dengan yang belum. 


Membudidayakan ikan air tawar sangat mudah dan hasilnya melimpah. Anda juga harus memperhatikan cara budidaya ikan air tawar cepat panen dari waktu semestinya.

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer