Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

5 Contoh Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Contoh Budidaya Ikan Air Tawar
Contoh budidaya ikan air tawar yaitu nila, patin, lele, mujair, dan bandeng. Ikan-ikan tersebut banyak diminati oleh konsumen sehingga Anda harus paham cara berpromosinya.




Infongapak.com - Tinggal di Indonesia merupakan hal yang patut disyukuri. Mengingat negara ini memiliki iklim tropis yang membuat banyak tanaman maupun hewan dapat berkembang dengan baik. Kondisi ini pun  ini turut membuka peluang usaha, contoh budidaya ikan air tawar yang memberi banyak keuntungan. Adapun jenis ikan tawar yang mudah dibudidayakan adalah:

  1. Ternak Lele 

Kebanyakan peternak ikan memilih untuk membudidayakan lele dibanding ikan lain. Alasannya karena ikan ini tangguh terhadap berbagai serangan penyakit maupun hama. Sudah begitu masyarakat pun banyak yang menggemarinya, sehingga ikan ini selalu terjual laris di pasaran. Ditambah lagi masa budidaya yang tergolong singkat, 3 bulan saja. 


  1. Ternak Ikan Nila 

Satu ekor ikan nila betina bisa bertelur antara 250 – 1000 butir. Daya tahan tubuh terhadap perubahan lingkungan dan penyakit juga tinggi. Selain itu, masa panennya cepat yaitu 4 – 6 bulan. Maka dari itu, para pembudidaya banyak yang tertarik untuk ternak ikan ini. Kebanyakan ikan ini dikelola di kolam terpal atau kolam beton. Namun ada juga yang memeliharanya di tambak. 


  1. Ternak Ikan Patin 

Ternak ikan patin merupakan peluang bisnis yang besar karena negara kita masih mengimpor ikan ini dari Vietnam. Proses pembesaran ikan patin yaitu selama 6 bulan. Tidak ada ukuran khusus panen ikan ini. Seandainya ikan patin untuk ekspor maka perbesarannya lebih dari 6 bulan. 


  1. Ternak Ikan Bandeng 

Contoh budidaya ikan air tawar lainnya adalah bandeng. Ikan ini tinggi protein, tetapi rendah kolesterol sehingga baik untuk penderita obesitas. Budidaya ikan ini cocok di daerah pantai dengan cara membangun tambak. Hal ini karena Bandeng membutuhkan air dengan kandungan garam sedang. 


  1. Ternak Ikan Mujair 

Ikan mujair mempunyai sifat pertumbuhan yang cepat dan daya tahan tubuhnya kuat. Rasanya lembut dan gurih sehingga banyak konsumen yang menyukainya. 



Cara Mudah untuk Pemasaran Ikan Air Tawar


Masalah utama yang harus Anda ketahui saat berbisnis ikan air tawar yaitu teknik pemasarannya. Hal ini sangat penting agar ikan yang sudah pantas untuk di pasarkan bisa segera dijual. 

Cara pertama yaitu selama proses pembesaran Anda harus banyak berpromosi pada calon konsumen di lingkungan sekitar. Hal ini agar mereka mengetahui bahwa Anda bisnis budidaya ikan air tawar. Saat mendekati masa panen Anda pun mudah menjualnya. 

Anda juga bisa berpromosi di media sosial agar jangkauannya lebih luas. Di samping itu, Anda bisa bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dalam hal pemasaran ikan. 

Seandainya Anda memutuskan untuk berbisnis ikan air tawar maka jangan lupa untuk mempelajari cara pemasarannya. Dengan begitu, Anda punya banyak untung dari contoh budidaya ikan air tawar. 


, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Contoh Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer