Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Analisa Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Analisa Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal
Analisa budidaya ikan nila di kolam terpal memberi banyak laba karena perawatannya mudah dan tahan penyakit. di samping itu,  masa panennya juga cepat sekitar 6 atau 7  bulan





Infongapak.com - Bagi kamu yang kesulitan mengusahakan modal namun tetap ingin terjun dalam bisnis budidaya ikan. Tidak perlu gusar terlebih dulu, karena sekarang ini ekonomi kreatif sedang tumbuh baik. Generasi muda pun didukung untuk berwirausaha. Di antaranya, Kamu bisa berbisnis dengan mempelajari analisa budidaya ikan nila di kolam terpal, jadi tidak masalah bila tidak memiliki lahan untuk membuat kolam. 

Hasil dari belajar analisa itu akan menentukan apakah bisnis ini layak dicoba. Berapa banyak keuntungan yang diperoleh, serta berapa kerugian yang mungkin akan ditanggung. Sehingga kebangkrutan pun dapat dihindari sedini mungkin. Dengan begitu kamu dapat memperkirakan apa saja kelemahan yang harus ditanggulangi. 


Cara Mudah Analisa Budidaya Ikan Nila


Meski tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat kolam ikan. Kamu masih bisa membudidayakan ikan nila dengan menggunakan terpal. Kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp 20 juta untuk membeli kolam terpal, pembuatan kolam. Serta untuk digunakan membeli bibit ikan nila, melakukan perawatan, hingga ikan siap panen. Berikut ini adalah analisanya : 

  • Kolam terpal Rp 2.000.000,- x 2 = Rp 4.000.000,-

  • Pembuatan serta perbaikan kolam terpal Rp 1.000.000,- 

  • Pembelian bibit ikan Rp 15.000/kg x 100 = Rp 1.500.000,- 

  • Pembelian pakan ikan Rp 5.000,- x 3000 kg = Rp 15.000.000,- 

  • Gaji karyawan Rp 1.000.000 x 3 = 3.000.000,-

  • Pengeluaran lain-lain Rp 1.000.000 

  • Total modal yaitu Rp 25.500.000,- 

Pada umumnya, analisa budidaya ikan nila di kolam terpal bisa dipanen sekitar 6 bulan. Biasanya ikan yang bisa dipanen diperkirakan 90% dan 10% gagal panen karena berbagai kendala yang menyertainya. Ikan nila mudah dibudidayakan dan untungnya pun sangat besar. Kamu bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 50.000,- per kg. Coba bayangkan keuntungan dari 1000 ekor ikan. 

Bisnis ikan nila sangat menguntungkan karena banyak dibutuhkan konsumen. Berikut ini keuntungan ternak ikan nila : 

  • Tidak membutuhkan modal besar karena Kamu hanya butuh kolam berisi air lalu ternak ikan nila. Pemberian pakannya pun mudah dengan memberi pakan ikan

  • Budidaya ikan nila tahan terhadap serangan penyakit dan perubahan lingkungan

  • Peralatannya juga mudah ditemukan seperti terpal, air, jerigen, drum, bibit, selang, pompa air, dan lain-lain 

  • Pangsa pasar luas karena berbagai market banyak membutuhkan jenis ikan ini 


Kamu bisa memulai bisnis ternak ikan nila dengan modal kecil terlebih dahulu. Setelah paham ilmunya bisa dengan modal besar dengan mempelajari analisa budidaya ikan nila di kolam terpal. 

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Analisa Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal "

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer