Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Apakah Vaksin Covid19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang

 

apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka lama
Pertanyaan mengenai  apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka lama, tentu bukan lagi topik yang langka. Karena hampir sebagian masyarakat Indonesia memiliki pertanyaan demikian mengenai program vaksin yang tengah digalakkan oleh pemerintah.

 

 

 

 

Infongapak.com - Program vaksinasi yang tengah dijalankan oleh pemerintah, khususnya di dua pulau yang dianggap memiliki angka penularan tertinggi yakni Jawa dan Bali. Ditanggapi kepanikan oleh sebagian masyarakat. Hal tersebut disebabkan masih banyaknya pertanyaan mengenai apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka lama atau sebaliknya.

Sebagai orang awam tentu kita harus mengkaji ulang dan melakukan penyaringan atas berbagai macam informasi yang didapatkan. Karena bagaimana juga pemerintah sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk rakyatnya, jadi sebagai rakyat yang baik tidak ada salahnya bila mendukung program vaksinasi Covid-19. Tanpa harus ragu dengan ragam pertanyaan seperti apakah vaksin Covid-19 ampuh melindungi kita dalam jangka lama atau tidak.

Jawaban Apakah Vaksin Covid19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang Atau Sebaliknya

Saat ini sudah ada banyak sekali berita seputar vaksin Covid-19. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam menyikapi berita yang masuk. Ada baiknya ketika menerima berita disaring terlebih dahulu kebenarannya. Berikut adalah beberapa fakta apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang?

1.      Diperlukan Penelitian Lanjutan

Untuk mengetahui rentang waktu periode untuk jangka panjang terhadap perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 ini. Satu buah vaksin akan dilakukan penelitian yang panjang sebelum akhirnya dibuat lebih banyak lagi. Dengan mengadakan penelitian dan tes uji dalam jangka waktu yang lumayan panjang sampai ditemukan hasil yang sesuai dan pas dengan kondisi yang ada pada saat ini, maka para peneliti berani untuk menunjukkan kepada pemerintah hasil yang didapatkan.

Kalau pemerintah sudah melihat sendiri dan memastikan dengan baik, maka pemberian vaksin kepada masyarakat dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Karena bagaimana juga pemberian vaksin ini tidak boleh diberikan dengan asal, virus yang sudah diteliti dengan baik akan masuk ke dalam tubuh manusia. Kalau sampai terjadi efek yang tidak diinginkan bahkan sampai dengan kematian, pemerintah atau aparat yang bertanggung jawab dengan program ini tidak bisa lepas tangan begitu saja.

Intinya, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan kandungan dan dosis yang ada pada vaksin Covid-19. Sebaliknya, pemerintah dan jajarannya berharap kalau masyarakat mau dan sadar untuk berpartisipasi menggalakkan program yang tengah digalakkan pemerintah.

2.      Terbukti Memiliki Efektivitas

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, namun vaksin Covid-19 ini mempunyai efektifitas yang ampuh. Dilihat dari hasil data ketika dilakukan uji klinis, ternyata vaksin Covid-19 ini terbukti sudah aman. Selain aman, vaksin Covid-19 juga sudah terbukti dapat menimbulkan kekebalan atau antibodi terhadap virus Covid-19.

Untuk pemberiannya juga tidak serta merta langsung sekali, karena harus diberikan dosis lanjutan. Oleh  karena untuk menemukan vaksin dengan efektivitas dan dan keamanan untuk jangka panjang belum ditemukan, maka tetap melakukan upaya pencegahan lainnya.

Upaya pencegahan tersebut yaitu disiplin dalam penerapan cuci tangan dengan sabun. Senantiasa memakai masker dengan cara yang benar. Jangan lupa untuk menjauhi berkerumun dan juga menjaga jarak saat berada di luar.

Jadi apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang? Jawabannya adalah masih diperlukan riset lebih dalam lagi. Namun setidaknya langkah pemberian vaksin Covid-19 ini membantu tubuh membentuk kekebalan agar terhindar dari infeksi berat dari serangan virus Covid-19. Jadi vaksin Covid-19 ini bukanlah obat, oleh karenanya masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Vaksin Covid19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang "

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer