Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara sukses budidaya ikan guppy

 


Infongapak.com – Cara sukses budidaya ikan guppy ,perlu diketahui sedulur ngapak dimanapun anda berada semoga semua diberi kesehatan dan keberkahan untuk kita semua.sedulur ngapak disin ada yang ingin membudidayakan ikan gupy,tentu sangat tepat untuk anda coba.ikan guppy usut punya usut berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ikan guppy ini yang memiliki nama latin yang cukup keren Poecilia reticulate ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920-an.

Sedulur ngapak bisa lakukan membudidayakn ikan guppy sangat mudah. Meskipun merupakan ikan air tawar, ikan guppy juga mampu hidup di air payau yang memiliki kadar garam lebih tinggi misal air laut.

Perlu diketahui sedulur ngapak Ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu diantaranya  pada bentuk sirip dan warnanya yang indah, terutama untuk ikan jantan karena ikan betina memiliki warna sirip yang lebih kusam.

Budidaya ikan guppy termasuk ikan yang mudah dibudidayakan, budidaya ikan guppy juga  tidak membutuhkan biaya yang begitu  mahal.

Sedulur ngapak Untuk peralatan yang dibutuhkan adalah tempat aerator dan tanaman air, serta tempat pemijahan yang dapat cari dengan mudah.

Cara Budidaya Ikan Guppy yang perlu diperhatikan

Sedulur ngapak bila anda ingin mencoba untuk berternak ikan guppy yang bisa anda coba sebagai berikut:

Pemilihan Indukan

Perlu diketahui sedulur ngapak,anda bisa membedakan ikan guppy jantan dan betina dengan mudah dan  dapat dilihat dari perbedaan bentuk fisiknya.

Ikan guppy jantan mempunyai warna cerah dengan mempunyai tubuh lebih langsing, sedangkan untuk  ikan guppy betina cenderung mempunyai bentuk tubuh membulat dan warnanya kusam.

Sedulur ngapak bisa mendapatkan benih ikan guppy  yang bagus dengan cara memilih  indukan yang unggul juga .

Indukan ikan guppy  dapat dikawinkan berusia minimal 4 bulan.

Pemisahan Indukan

Sebelum anda melakukan  proses pemijahan, indukan ikan guppy jantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu pada wadah yang terpisah.

Anda bisa lakukan Air dalam wadah kalo bisa diganti setiap 1-3 hari sekali,pemindahan indukan

Pemijahan

Sedulur ngapak bisa Siapkan wadah pemijahan yang diisi air dan telah diendapkan selama kurang lebih 24 jam, dengan kedalaman air 25 cm dan kepadatan tebar wadah pemijahan 30 ekor/100 liter air.

Jika memungkinkan anda bisa tambahkan tanaman air. Untuk Pemijahan ikan guppy dapat dilakukan secara massal atau satu persatu, namun lebih dianjurkan melakukan pemijahan secara masal karena lebih cepat dan efisien.

 

Untuk Komposisi pemijahan masal untuk ikan guppy antara ikan jantan dan betina secara umum adalah 1:5.

 

Perludiketahui sedulur ngapak  untuk  pemijahan masal tidak dapat dipastikan semua ikan dapat  memijah di hari yang sama, proses pemijahan umumnya dibiarkan selama 4 hari sampai satu minggu.

 

Untuk bisa melakukan pemijahan,anda bisa  masukkan ikan guppy betina di pagi hari dan ikan jantan di malam hari.

Proses Penetasan Benih

Sedulur ngapak bisa mengisikan air dalam wadah penetasan dan tempatkan aerator dengan aerasi dengan pelan agar tidak mengganggu larva ikan.

Untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih ,anda bisa mebuang sepertiga air setiap hari dan ganti dengan yang baru setiap 1-3 hari sekali. Serta berikan pakan untuk induk, 2 hari sekali berupa moina dan daphnia.

 Proses Pendederan

Perlu diketahui sedulur ngapak Ikan guppy juga  memerlukan sinar matahari untuk membuat warna sisiknya cemerlang, sehingga kolam pendederan sebaiknya ditempatkan di ruang terbuka. Ukuran semen bak yang digunakan biasanya 1x1x0,5 m dan 2x2x0,5 m.

Kemudian anda bisa  mengisi kolam dengan air setinggi 40 m dan tambahkan tanaman air untuk berteduh dan berikan aerasi pada kolam. Air diganti setiap 1-3 hari sekali.

Bila ikan berusia 5 hari,anda bisa lakukan  dengan cara memberikan pakan infusoria. Kemudian anak ikan dapat diberi kutu air dan udang renik sebagai pakan. Untuk Jenis kelamin ikan secara umum dapat ditentukan saat ikan sudah berusia 20 hari.

 

Untuk ikan guppy sendiri Ikan jantan dijadikan sebagai ikan hias saja dan ikan betina hanya dijadikan indukan, indikator keberhasilan budidaya ikan guppy adalah pada ikan jantan.

Semoga bermanfaat ,maturnuwun

, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara sukses budidaya ikan guppy"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer