Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ini Alasan Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati!

Mengapa jurusan IPA lebih diminati

Jurusan IPA sejak dulu sudah dianggap sebagai salah satu jurusan yang ada di SMA, yang memiliki nilai plus. Jangan heran dulu, sebab ini alasan mengapa jurusan IPA lebih diminati!



Infongapak.com - Sejak dulu, jurusan IPA dianggap sebagai jurusan yang paling ideal dibandingkan dengan jurusan lainnya di SMA.

Salah satu alasannya adalah hanya di jurusan yang mampu meningkatkan kualitas standar siswa di mata lingkungan. Itu salah satu alasan mengapa jurusan IPA lebih diminati oleh siswa di SMA.

Meski demikian, masih ada beberapa hal lainnya atau faktor lainnya yang menyebab mengapa jurusan tersebut diminati oleh banyak siswa.

Seperti ulasan menarik yang ada di bawah ini!

Faktor Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati 

Tidak bisa dipungkiri bahwa jurusan IPA memang banyak yang menyukainya. Berikut ini adalah beberapa alibi mengapa jurusan IPA lebih diminati yakni : 

Kesempatan Besar Masuk PTN

Saat SNMPTN lulusan IPA punya peluang lebih besar daripada IPS dan Bahasa. Contohnya Di UGM dan ITB untuk siswa IPA boleh mengambil program soshum atau saintek pada SNMPTN.

Sebaliknya siswa dari jurusan IPS tidak bisa mengambil prodi tersebut, sebab dianggap belum mampu untuk mengikutinya.

Kesempatan Masuk Perguruan Swasta Besar 

Siswa IPA yang masuk ke Perguruan Tinggi Swasta boleh memilih semua prodi. Sedangkan jurusan untuk IPS dan Bahasa lebih sedikit.

Misalnya di universitas Tri Sakti jurusan IPA bisa memilih semua prodi, tetapi jurusan IPS hanya tertentu saja. 

Bisa Memilih Jurusan IPS

Siswa IPA bisa memilih jurusan IPS karena ada mata pelajaran IPA yang berkesinambungan dengan IPS seperti matematika IPA sama dengan Matematika IPS.

Siswa tersebut juga bisa lancar mengikuti perkuliahannya. 

Jurusan STEM (Science, Technology, Engineering, Math) Banyak Diperlukan

Jurusan STEM  banyak dibutuhkan di mana-mana dan jurusan ini pun berada di IPA. STEM sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman saat ini.

Oleh sebab itu, dalam dunia kerja para karyawan diharapkan punya pengetahuan serta skill STEM. Perusahaan banyak mencari lulusan STEM  dengan gaji yang relatif besar. 

Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati dan Harus Dipilih

Jurusan IPA lebih banyak mengajarkan tentang EKSAKTA atau ilmu yang berhubungan dengan alam. Berikut ini mengapa jurusan IPA lebih diminati yaitu : 

Banyak Pilihan Jurusan Kuliah

Setelah lulus jurusan IPA maka Anda punya banyak pilihan saat melanjutkan kuliah. Di Universitas atau Perguruan Tinggi negeri dan swasta banyak jurusan yang cocok dengan Anda.

Melatih Berpikir Logis

Ilmu IPA banyak mengajarkan materi yang berhubungan dengan logika. Hal ini tentu mengajarkan Anda untuk berpikir logis. 

Melatih Berhitung

Dalam ilmu IPA juga diajarkan materi berhitung. Dengan begitu, kemampuan Anda dalam berhitung akan semakin meningkat. 

Mengenal Alam 

Ilmu IPA mengajarkan materi untuk mengenal lingkungan alam dan sekitarnya. Misalnya mempelajari tumbuhan, hewan, dan alam semesta. 

Dengan begitu, Anda akan semakin merasa  dekat dengan alam dan seisinya. Anda juga lebih merasakan betapa Maha Kuasanya Sang Pencipta. 

Bereksperimen dan Praktikum

Kegiatan praktikum adalah untuk mendukung materi pelajaran IPA. Bagi Anda yng menyukai dunia kimia dan fisika maka kegiatan praktikum suatu hal yang menyenangkan. 

Sedangkan kegiatan bereksperimen yaitu untuk melakukan berbagai uji coba. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena akan menemukan hal baru. 

Membangkitkan Rasa Ingin Tahu

Anda banyak mempelajari hal baru di jurusan IPA dan mendapat suatu hal yang sebelumnya tidak terpikirkan. Materi-materi yang dipelajari tersebut akan menggugah rasa ingin tahu terutama yang berhubungan dengan alam. 

Berkesempatan Ikut Olimpiade Ilmiah

Anda berkesempatan mengikuti olimpiade ilmiah untuk tingkat SMA. Kejuaraan seperti itu banyak cocok dengan jurusan IPA. Oleh sebab itu, Anda akan punya prioritas untuk mengikuti perlombaannya. 

Saat memilih jurusan IPA di sekolah menengah maka Anda juga bisa memilih jurusan ilmu sosial ketika melanjutkan kuliah di kampus.

Itu adalah beberapa faktor dan alasan mengapa jurusan IPA lebih diminati oleh para siswa. Semoga bermanfaat yah!

Tags:
, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati!"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer