Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Menelisik 6 Penyebab dan Permasalahan Lampu Indikator Mobil Check Engine yang Tiba-Tiba Menyala

 

Fungsi  lampu indikator  mobil check engine sebagai  penanda masalah   mesin. Anda perlu pelajari penyebab dan permasalahan lampu indikator mobil check engine.

 


Infongapak.com - Sebagai pengemudi kendaraan bermotor, terutama mobil, tentu saja sudah terbiasa dengan lampu indikator  check engine yang menyala.  

Namun, bagaimana jika Anda sedang mengemudi dan tiba-tiba menyala. Anda harus mengetahui penyebab dan permasalahan lampu indikator mobil check engine untuk mengatasinya,agar tidak panik.

Fungsi utama dari  lampu indikator  mobil check engine adalah sebagai  penanda jika terjadi masalah pada mesin. Namun, Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu, bisa jadi  penyebab dan permasalahannya sangat sederhana.

Mencari Penyebab dan Permasalahan Lampu Indikator Mobil Check Engine

Ketika lampu indikator menyala, biasanya pengemudi akan langsung mengambil  kesimpulan bahwa masalahnya  terdapat  mesin kendaraan hal itu belum  tentu terjadi. 

Bisa jadi penyebab dan permasalahan lampu indikator mobil check engine dapat  Anda atasi sendiri.

Tutup Bahan Bakar

Penyebab  pertama biasanya adalah  tutup bahan bakar yang  tidak tertutup rapat. Hal ini biasa terjadi ketika Anda mengisi bahan bakar pada SPBU. Mungkin saja, petugas lalai tidak menutupnya dengan rapat.

Tutup bensin yang tidak rapat  tentu  saja akan berbahaya, karena akan menyebabkan  uap bensin keluar dari tangki bahan bakar. 

Hal ini tentu saja dapat memicu kebakaran. Jika Hal ini terjadi ketika Anda baru saja mengisi   bahan bakar, segeralah menepi dan melihat kembali tutup bahan bakar tersebut.

Filter Udara

Filter udara yang kotor juga dapat menjadi penyebab  dan permasalahan lampu indikator mobil check engine.  

Filter udara berhubungan langsung dengan mass airflow sensor. Sensor ini berfungsi   menentukan banyaknya bahan bakar yang digunakan berdasarkan jumlah udara yang masuk ke dalam mesin

Jika filter udara yang terpasang sudah kotor dan perlu diganti,, tentu saja akan menghambat suplai udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar,

Sensor Oksigen

Alat ini  berguna  untuk melihat  banyaknya oksigen  yang ada pada knalpot kendaraan.  Alat ini juga berfungsi untuk menentukan banyaknya bahan bakar yang terbakar pada sistem pembakaran.

Dengan pentingnya perangkat ini, maka jika sensor oksigen rusak, maka  akan  mengganggu performa mesin serta lama kelamaan akan merusak   catalytic converter.

Busi dan Kabel

Busi berfungsi untuk memantik api agar pembakaran pada ruang mesin mobil dapat bekerja dengan baik. 

Jika terjadi gangguan busi berupa getas atau tidak terpasang sempurna, tentu akan  mengurangi daya bakar dan mengakibatkan pembakaran  tidak sempurna.

Catalytic Converter

Salah satu tanda catalytic converter mengalami kerusakan adalah laju mobil yang tidak dapat dipercepat, walaupun Anda  telah menginjak pedal  gas dalam-dalam.  

Fungsinya sendiri adalah mengubah gas karbon monoksida yang berbakat menjadi    gas yang aman bagi lingkungan, sehingga gas buangan kendaraan Anda  ramah lingkungan.

Aki

Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara mencabut konektor negatif pada aku  selama beberapa saat lalu memasangnya. Jika indikator masih masih menyala, bisa jadi terjadi kerusakan yang Anda tidak dapat tangani. 

Dengan mengetahui penyebab dan permasalahan lampu indikator mobil check engine maka Anda tidak perlu panik dan langsung membawanya ke bengkel. Apalagi jika terjadinya pada tempat  yang  jauh dari  pusat perbaikan.

Sebab bagaimana juga kendaraan yang Anda gunakan akan membawa keluarga dan Anda sendiri, jadi sebagai pemilik Anda berkewajiban untuk merawat dan menjaga komponen penting yang ada di kendaraan.



, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menelisik 6 Penyebab dan Permasalahan Lampu Indikator Mobil Check Engine yang Tiba-Tiba Menyala"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer