Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ulasan Fungsi dan Kelebihan Google Jamboard

kelebihan Google jamboard
Infongapak.com -Era pandemi seakan memaksa pembelajaran virtual marak dilakukan, sehingga perusahaan search engine terbesar ini membuat gebrakan yakni kelebihan Google Jamboard. Melalui perangkat tersebut, baik tenaga pengajar maupun peserta didik sama-sama mendapat segudang kemudahan selama menjalani masa sekolah daring.

Spesifikasi Google Jamboard

Berbagai tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran online, membuat Google harus selalu menciptakan inovasi demi kemudahan dan kenyaman sistem tersebut. Untuk itu diluncurkanlah Google Jamboard guna menunjang Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Pada dasarnya Google Jamboard merupakan papan tulis digital yang bisa digunakan ketika melakukan Zoom Meeting dengan spesifikasi sebagai berikut:


  • Tampilan perangkat

Secara kasat mata, Google Jamboard memiliki display seperti tablet jumbo dengan ukuran hingga 55inchi. Resolusinya pun cukup tajam mencapai 4K. Sebagaimana board pada umumnya alat ini bisa dipakai menulis, hanya saja dilakukan secara virtual dengan segala kelebihannya.


  • Tinggi disesuaikan

Papan digital ini memiliki penyangga berupa tonggak metal yang tingginya dapat diatur sesuai kemauan pengguna. Jadi mereka bisa memilih mau memajangnya di tembok, atau pun didirikan dengan tiangnya. 


  • Sensitifitas layar mumpuni

Sebagai papan digital yang penggunannya mengandalkan sentuhan jari, maka tentu saja tingkat sensitifitas merupakan hal yang harus diperhatikan. Google Jamboard memiliki kemampuan touchscreen yang tinggi mencapai 60Hz. 


Untuk sistem penulisannya menggunakan teknologi alat tulis dan penghapus khusus yang dapat menunjang kemudahan penggunaan. Sebagai opsi lain yang lebih praktis, pengguna juga dapat menggunakan sentuhan jari-jarinya untuk menulis atau pun menghapus.

Karakteristik Kelebihan Google Jamboard

Demi kelancaran dalam mendukung kegiatan PJJ, maka Google memberikan sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh papan besutannya ini yakni:


  • Hemat pemakaian alat tulis 

Menulis secara digital tentunya memiliki sejumlah kelebihan yakni mengurangi pemakaian alat tulis seperti: kertas, tinta, karet penghapus dan lain-lain. Tidak perlu membeli spidol warna karena alat ini pun sudah dilengkapi grafis pewarnaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga pekerjaan jadi lebih murah dan efisien. 


  • Menulis secara real time

Sebagaimana layaknya papan tulis, pengguna bisa menulis sambil melakukan interaksi di meeting virtual mereka secara real time dengan sangat mudah. Apa yang diinput pengajar dapat disaksikan secara langsung secara seksama oleh seluruh anggota Zoom. 


Hal tersebut memungkinkan terjadi komunikasi interaktif pada satu waktu antara guru dengan murid. Jadi peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan seperti belajar di kelas pada umumnya.


  • Tersimpan otomatis

Ketika sudah selesai menyampaikan materi, maka file dapat secara otomatis disimpan. Jadi dokumen kelebihan Google Jamboard tersebut tidak akan hilang sebagaimana yang terjadi pada papan tulis konvensional. Nantinya dokumen yang di save tersebut akan tersambung dengan Google Drive yang memiliki kapasitas daya tampung besar. 

  • Halaman cukup

Tersedia total 20 halaman yang dapat dibuka secara virtual selayaknya sebuah papan kertas. Jumlah tersebut sangat cukup untuk menampung materi yang disampaikan dalam satu kali pertemuan kelas virtual.


  • Bisa dibagikan

File yang sudah disimpan di Google Drive bisa dibagikan ke seluruh anggota kelas melalui share link. Jadi siswa dapat memiliki bahan tambahan untuk materi yang dipelajari pada hari itu. Adanya link tersebut juga pastinya akan membantu melengkapi catatan siswa jika mereka tidak sempat mencatat dengan detail materi yang diajarkan.


Dengan semakin berkembangnya teknologi, memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan kapan saja di mana pun berada. Gebrakan yang dibuat melalu peluncuran kelebihan Google Jamboard merupakan salah satu inovasi canggih demi menunjang dunia pendidikan.

Tags:

Jamboard dapat digunakan untuk apa saja?
Apakah Jamboard bisa untuk video?
Apa fungsi dari Google Classroom?
Apa fungsi Google Classroom brainly?
Apa saja manfaat classroom bagi guru?
Bagaimana cara menggunakan Jamboard?
Manakah dua penggunaan Google Sites yang paling efektif dalam dunia pendidikan?
Apa itu google meeting?
Apa yang dimaksud dengan Padlet?
fungsi google jamboard
item apa saja yang dapat ditambahkan ke jamboard
cara membuat jamboard
kekurangan google jamboard
jamboard google classroom
jamboard download
jamboard google me

, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Fungsi dan Kelebihan Google Jamboard"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer