Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Mudahkah Langkah Langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs? Ini Jawabannya!

 


Infongapak.com - Anda mungkin sering menggunakan Google Docs untuk berbagai kepentingan. Jika dikerjakan secara bersama-sama, bisa jadi Anda belum pernah melakukannya, lantas bagaimana jika pada suatu saat harus melakukannya sendiri. Apakah sulit langkah langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs? 

Sebaiknya jangan panik dulu, karena kemajuan teknologi yang semakin terus berkembang membuat semua hal yang ada saat ini semakin mudah untuk dimanfaatkan.

Salah satunya adalah dengan langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs. Bagi sebagian orang mungkin terlihat sukar untuk dilakukan, tapi kalau Anda sudah mengetahui trik-triknya seperti ulasan di bawah ini maka tidak ada lagi kata sukar untuk melakukannya.

Bagaimana cara untuk mengkonversi data ke Google Docs? Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Langkah Langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs?  

Google Docs sendiri merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google yang mengedit dan mendokumentasikan apapun dalam bentuk dokumen Microsoft Word secara online.

Salah satu kelebihannya adalah Anda dapat mengaksesnya dari mana saja, kapan saja, serta dapat menggunakan berbagai perangkat yang mungkin berbeda dengan sebelumnya. Anda pun dapat membagikannya dengan orang lain yang memiliki kepentingan sama, tanpa harus melibatkannya yang lainnya. Lebih praktis dibandingkan dengan membawa flashdisk atau hardisk.

Unggah Dokumen

Sebelum melakukan konversi, Anda harus mengunggah dokumen tersebut.Ikutilah langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs agar Anda dapat menggunakannya bersama dengan tim yang lain.

  1. Bukalah google Drive Anda dari perangkat yang akan digunakan. Bisa PC, laptop, ataupun telepon genggam.

  2. Selanjutnya Anda akan melihat tombol Go To Google drive. Tekan dan masuklah ke dalam akun Google anda yang aktif.

  3. Klik kanan pilihan “New”

  4. Anda akan melihat beberapa pilihan. tekan “File Upload”. Pilihan ini digunakan jika hanya akan mengunggah satu dokumen saja. Jika Anda berniat untuk mengunggah satu folder, pilihlah “Folder Upload”

  5. Lalu, arahkan file atau folder yang akan Anda upload. Pilihlah Open. Secara otomatis proses akan berjalan.

Mengkonversi File Dokumen

Setelah fie tersbut diunggah, setiap orang yang Anda bagikan tautannya dan memiliki izin sebagai editor dapat melakukan perubahan pada dokumen tersebut. Namun, untuk mengeditnya secara online pada Google Docs diperlukan satu langkah lagi pengkonversian menjadi format yang dapat dikenali oleh sistem.

  1. Bukalah Google Docs Anda

  2. Klik dua kali pada dokumen Word yang akan diedit baik sendiri maupun oleh tim

  3. Kemudian pilihlah opsi Google Docs dari menu drop-down Open With. 

Anda akan mengenali dokumen tersebut karena akan dikenakan label .DOCX yang ada di sebelah dokumen tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu bahwa formatnya adalah Microsoft Word

Untuk mengkonversinya. lakukanlah pilih File lanjutkan dengan Save as Google Docs. Anda akan melihat tampilan dokumen baru yang terbuka pada jendela terpisah dari yang sebelumnya. Sehingga, Anda kini memiliki dua versi dokumen, satu dalam .DOCX dan yang lainnya adalah Google Docs yang baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs di atas, Anda dapat langsung mengunggah dokumen yang diperlukan. Selanjutnya melakukan revisi, dan lain sebagainya dari mana saja sesuai dengan kebutuhan. Sangat cocok untuk dimaksimalkan pada masa pandemi ini.


Tags:

google drive
google docs word
convert word to google doc without losing formatting
cara upload file ke google drive
cara upload dokumen
cara translate di google docs
cara send video ke google drive
how to save to google docs

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahkah Langkah Langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs? Ini Jawabannya!"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer