Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang


Infongapak.com - Penting untuk mengetahui cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, terutama untuk projek kolaborasi. Platform Google Sheet ini bisa diakses melalui aplikasi atau browser dengan tampilan desktop. 

Dengan memahami cara untuk bisa membuat Google Sheet diakses banyak orang, Anda tidak lagi harus repot memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Atau mengirim email satu persatu data yang ingin dibagikan ke kolega atau klien.

Langkah Membuat Google Sheet Bisa Diakses Orang Lain

Sebenarnya cara untuk menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini sangatlah mudah, hanya saja memang dibutuhkan ketelitian yang tepat. Agar tidak penasaran lagi, yuk simak penjelasan berikut mengenai cara agar Google Sheet bisa diakses semua orang.

Berbagi File Spreadsheet

Langkah pertama, bagikan file spreadsheet kepada semua orang melalui link. Buka file terlebih dahulu, lalu klik menu bagikan dan masukkan alamat email. Alamat email ini milik orang yang ingin Anda ajak untuk berbagi file spreadsheet.

Lalu, pilih akses yang Anda berikan, antara lain pemberi komentar, editor, dan hanya melihat saja. Setelah itu, langsung saja klik keterangan kirim yang tersedia. Apabila tidak ingin ribet, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan membagikan link file.

Salin link file spreadsheet yang sudah dibuka, lalu bagikan melalui platform pilihan. Nantinya orang yang menerima dan klik pada link tersebut akan langsung membuka file Google Sheet. Cara ini bisa dipilih apabila tidak mengetahui alamat email orang yang ingin diajak berbagi file.

Mengirim Email Kepada Kolaborator

Cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, yaitu mengirimkan email kepada Kolaborator. Fungsinya adalah untuk mengirimkan pesan kepada Kolaborator yang terlalu panjang jika ditulis melalui kolom komentar. Langsung saja kirim email ke kolaborator dengan cara  klik file, lalu tambahkan subjek dan pesan.

Menetapkan Tanggal Habis Masa Berlaku Aktivitas Berbagi

Aktivitas berbagi file Google Sheet kepada orang lain juga bisa dibatasi dengan menetapkan tanggal masa habis. Caranya, klik di bagian bagikan pada file spreadsheet yang sudah dibuka dan ketuk pada opsi lanjutan. Lalu, arahkan kursor ke alamat email yang akan Anda akhiri batas waktunya.

Selanjutnya, ubah batas waktu untuk berbagi file dengan menetapkan tanggal. Klik simpan perubahan untuk mengakhiri proses tersebut. Jangan lupa untuk memberitahu orang yang aksesnya sudah Anda batasi agar tidak kesulitan saat membuka file.

Membatasi Aktivitas Berbagi, Mencetak, Mendownload, dan Menyalin

Tahap terakhir, batasi aktivitas berbagi, mendownload, menyalin, dan mencetak kepada orang yang sudah dipilih. Klik di bagian bagikan file, lalu ketuk pada opsi lanjutan. Nanti disana akan muncul pilihan nonaktifkan opsi untuk mendownload, mencetak, menyalin bagi pemberi komentar yang harus Anda klik.

Cara tersebut berguna untuk membatasi akses file kepada alamat email yang sudah ditentukan. Pembatasan akses ini bisa dilakukan apabila nantinya file tersebut ingin dibuka sendiri. Pembatasan akses ini bisa dilakukan kepada orang tertentu saja dan tidak ke semua alamat email.

Dengan memberikan batasan tersebut, Anda tidak perlu khawatir kalau seandainya data atau file yang sudah dibuat hilang.  

Demikianlah ulasan menarik cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, ternyata cukup mudah, bukan? Manfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Google Sheet untuk mengelola file secara maksimal. Fitur berbagi ini bisa memudahkan Anda untuk berkolaborasi secara online.

Tags:

Langkah Membuka Google sheet?
Langkah Membuat Google sheet?
Kenapa Google Spreadsheet tidak bisa diedit?
Apa fungsi Google sheet?
Langkah memasukan data ke google Sheet?
Bagaimana cara membuka google sheet yang terkunci?
Mengapa spreadsheet tidak bisa dibuka?
Bagaimana cara membuka Unprotect Sheet Excel?
Kenapa Akses Google Drive ditolak?
Apakah perbedaan Microsoft Excel dengan Google Spreadsheet?
Apakah Google Sheet berbayar?
Apa saja kelebihan dari Google Sheets?
Apa saja fitur Google sheet?
Apa saja kekurangan dari Google Sheets?
Bagaimana cara mengirim spreadsheet ke WA?
Kenapa Google Form tidak bisa diketik?
Bagaimana cara mengizinkan akses Google Drive?
google sheets
cara membuat google spreadsheet excel
cara membuat spreadsheet online
rumus di google sheet dapat ditambahkan dari tab mana
cara membuat spreadsheet excel online
cara edit google sheet
cara membuat spreadsheet dari google form
google sheet excel


, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer