Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Jenis-Jenis Oli Gardan dan Peruntukanya Pada Kendaraan

 

Selain oli mesin, oli gardan pun mesti diganti secara berkala dalam waktu tertentu. Dalam memilihnya, kenali jenis-jenis oli gardan dan peruntukannya.





Infongapak.com - Kendaraan memerlukan beberapa jenis oli, salah satunya adalah oli gardan. Kenali jenis-jenis oli gardan dan peruntukannya. Tentukan yang paling tepat untuk kendaraan Anda.

Oli gardan merupakan pelumas yang dipakai pada komponen tertentu dan harus diganti secara berkala. Oli ini begitu penting bagi kendaraan agar gardan atau gear tetap berfungsi.

Jika oli gardan tidak diganti pada waktu yang lama, kendaraan beresiko mengalami kerusakan dan yang pasti juga tidak aman untuk dikendarai.

Jenis Oli Gardan dan Peruntukannya

Oli gardan adalah oli yang dibuat spesial untuk gear kendaraan. Pada kendaraan bermotor, oli ini khusus digunakan pada motor matic.

Pada kendaraan bermobil, biasanya dipakai pada truk dan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

Selain itu, oli gardan juga dipakai untuk mobil yang memiliki teknologi 4WD. Beberapa kendaraan berteknologi 4WD di antaranya, Jeep, Mercedes Benz, mobil rally, mobil sport, dan yang lainnya.

Penggantian Oli Gardan 

Selain dipakai, kendaraan perlu juga dirawat. Mengganti oli gardan secara teratur akan merawat kendaraan, sehingga performanya tetap bagus. 

Kendaraan yang mulai menimbulkan bunyi nyaring biasanya menandakan oli gardan sudah tidak bagus. Anda perlu segera menggantinya agar kendaraan tetap bisa digunakan. Jangan biarkan gesekan karena pelumas sudah encer membuat kendaraan rusak.

Penggantian oli gardan memiliki rentang waktu tertentu demi menjaga kondisi kendaraan.

Penggantian Oli Gardan Pada Motor Matic

Pada motor matic, oli gardan tidak perlu diganti setiap bulannya. Anda cukup menggantinya setiap 3-4 bulan sekali atau telah menempuh 8.000-10.000 KM perjalanan.

Penggantian Oli Gardan Pada Mobil

Penggantian oli gardan pada mobil setidaknya dilakukan dua kali dalam setahun atau telah menempuh perjalanan 40.000 KM.

Karena interval yang cukup lama, banyak yang abai pada penggantian oli ini. Padahal, oli yang sudah tidak bagus akan menyebabkan gardan tidak proporsional.

Jenis oli gardan dan peruntukannya berbeda-beda, begitu juga dengan harganya. Ini tergantung pada SAE atau kekentalan oli tersebut.

  • Oli gardan untuk gardan besar seperti truk, bus, SUV, pick up, sebaiknya menggunakan oli dengan SAE tinggi atau kental. Oli gardan yang cocok memiliki SAE 90-140 single grade.

Oli yang encer kurang baik karena lapisannya lebih tipis, sehingga tidak cocok untuk kendaraan bermesin besar. Oli encer juga tidak dapat masuk ke celah yang amat sempit pada kendaraan besar.

  • Oli Gardan untuk gardan kecil seperti sedan, city car dan yang lainnya. Biasanya mobil ini sering dipakai di jalan-jalan perkotaan dengan medan ringan. Oli gardan yang disarankan memiliki SAE ringan.

Oli gardan yang cocok memiliki SAE 75W-90 atau 80W-90 multi grade. Medan yang ringan membutuhkan oli gardan yang lebih cair agar tidak membebani mesin.

Dalam memilih oli gardan, jangan lupa untuk memperhatikan kendaraan ber LSD atau Limite Slip Differential.

Mobil dengan LSD memiliki fungsi roda belakang yang akan berputar serempak. Namun, jangan khawatir karena ada oli khusus untuk mobil dengan fungsi LSD. 

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang jenis oli gardan dan peruntukannya pada kendaraan, semoga bermanfaat. 

Tags:

Harga oli gardan berapa?
Oli gardan untuk apa?
Apa bedanya oli gardan sama oli mesin?
Berapa bulan oli gardan harus diganti?
ganti oli gardan
ciri oli gardan motor matic habis
harga oli gardan
harga oli gardan matic
oli gardan vario 150
oli gardan mobil manual
oli gardan beat
oli gardan nmax

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Oli Gardan dan Peruntukanya Pada Kendaraan"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer