Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Kenapa Chip Semikonduktor Langka? Ini Alasannya!

Kenapa Chip Semikonduktor Langka? Ini Alasannya!

Kenapa chip semikonduktor langka adalah dampak dari Covid-19 yang berkepanjangan. TSMC pun mengingatkan bahwa kelangkaan ini akan berlangsung sampai 2022. 


Infongapak.com - Dunia dikejutkan dengan adanya krisis yang menyerang elektronik dan otomotif sehingga menimbulkan pertanyaan kenapa chip semikonduktor langka? Akibatnya, sejumlah pabrik otomotif menyatakan pembatasan atau penghentian produksi karena kekurangan chip untuk beberapa waktu.

Penyebab Kenapa Chip Semikonduktor Langka 

Diketahui kenapa chip semikonduktor langka karena permintaan peralatan elektronik naik yaitu smartphone dan konsol game. Sedangkan utilitas pabrik sedang mengalami penurunan karena pandemi covid-19. Kedua hal tersebut menyebabkan pasokan semikonduktor langka. 

Kondisi kelangkaan tersebut diperparah dengan adanya negara bagian Texas (Amerika Serikat) mengalami musim dingin. Selain itu, kebakaran yang terjadi di pabrik chip otomotif Renesas Elektronik Corp. Dampaknya, produsen otomotif bersaing untuk mendapatkan chip. 

Sejak beberapa bulan terakhir kelangkaan chip semikonduktor yang melanda secara global telah mengganggu produksi kendaraan bermotor. Mitsubishi Corp yang berbasis di Jepang mengalami gangguan produksi kendaraan bermotor. 

Hal itu membuatnya harus mengurangi produksi mobil di tiga pabrik yaitu di Jepang dan Thailand bulan April 2021. Pihak Mitsubishi menilai krisis chip semikonduktor mempunyai dampak terhadap 7.500 unit kendaraan.


Ini Akibat Kenapa Chip Semikonduktor Langka untuk Pabrik Otomotif 

Kenapa chip semikonduktor langka karena pengaruh Covid-19. Produsen lain seperti General Motors, Toyota, Ford, Stellantis, dan Volkswagen, sudah membatasi produksi kendaraannya di sejumlah negara terlebih dahulu.

Namun sejumlah pabrik otomotif yang berada di Cina, Eropa, dan Amerika Serikat menutup sementara pabriknya. 

Volvo terpaksa menghentikan produksi pabrik di Cina dan Amerika Serikat. Sedangkan perusahaan mobil yang berasal dari Swedia menyatakan tidak kehilangan volum produksi karena krisis chip. 

Sementara itu, Hyundai mengklaim krisis chip akan mengganggu produksi kendaraan. kekurangan pasokan chip ini juga menyebabkan Toyota Motor Corporation sempat menghentikan aktivitas pabrik yang berada di Guangzhou (China).

Padahal Toyota Motor yang dioperasikan bersama Guangzhou Automobile Group Co paling tidak dapat memproduksi 300 ribu unit kendaraan setiap tahun. 

Tidak ketinggalan, Honda juga ikut menghentikan produksi salah satu pabriknya di Swindon (Inggris).

Selain Honda, Nissan juga mengurangi produksi Nissan Note pada salah satu pabriknya di Jepang akibat kekurangan chip ini. Nissan Note berencana memproduksi 15 ribu unit tetapi dikurangi menjadi 5 ribu unit saja. 

TSMC sebagai pembesut chipset untuk qualcomm, Apple, dan perusahaan besar lainnya, mengingatkan bahwa kelangkaan chipset ini bisa terjadi hingga 2022.

TSMC juga mengatakan bahwa tidak jelas bagaimana dampak pandemi Covid-19 di Taiwan terhadap makin langkanya ketersediaan chipset. 

Sedangkan WSJ (The Wall Street Journal) melaporkan pabrik-pabrik di Malaysia juga mengalami keterlambatan produksi akibat Covid-19. Lockdown di Malaysia berakibat mengurangi produksi sekitar 15-40 persen. 

Dampak pandemi juga terjadi pada berbagai pusat logistik di Asia seperti Yantian, pelabuhan peti kemas utama yaitu di Shenzhen. Keduanya hanya dapat beraktivitas sekitar 30 persen dari biasanya.


Pandemi Covid-19 memberi banyak dampak terhadap pengurangan produksi otomotif terkenal di dunia. Ternyata kenapa chip semikonduktor langka adalah akibat dari pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.


Bagaimana, sudah cukup jelas bukan alasan yang sudah kamu sampaikan? Semoga ulasan yang sudah kami berikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda!


,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kenapa Chip Semikonduktor Langka? Ini Alasannya! "

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer