Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Kelangkaan Chip Mobil, Pabrik Chip Terbakar? Ini Alasannya!


Kelangkaan Chip Mobil, Pabrik Chip Terbakar?


Harga mobil diprediksi akan naik tahun depan karena harga chip yang meningkat. Kelangkaan chip mobil, pabrik chip terbakar? Pastinya dengan kelangkaan chip, akan melambatkan dunia digital yang terbiasa bergerak cepat.




Infongapak.com - Chip adalah perangkat berbentuk wafer yang memiliki fungsi sangat penting dalam dunia digital. Kelangkaan chip mobil, pabrik chip terbakar? Bagaimana pengaruh kelangkaan chip mobil terhadap kehidupan manusia?

Kelangkaan chip tahun ini ditengarai karena berbagai sebab. Silahkan cek berikut hal-hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Langkanya Chip Mobil

Chip mobil adalah chip semikonduktor, fungsinya bisa sebagai konduktor atau isolator tergantung pada kebutuhan lingkungannya. 

Perangkat mobil saat ini sudah sangat bergantung pada chip sehingga kelangkaan ini membuat para produsen harus memutar otak.

Berikut penyebab langkanya chip mobil, di antaranya adalah :

Pandemi Covid

Pandemi Covid adalah unsur yang membuat keadaan menjadi lebih buruk. Larangan berkerumun dan infeksi terjadi pada karyawan pabrik semakin membuat pabrik chip tak berkutik. Kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan dan bandara juga terhambat akibat pandemi. 

Ramalan mengenai turunnya permintaan mobil saat pandemi, membuat pabrik chip mengalihkan produksinya ke bidang elektronika yang tinggi permintaan. 

Sehingga sekarang ketika permintaan mobil kembali naik, pabrikan mobil mengalami kepanikan.

Sebelumnya sudah ada satu pabrik besar chip mobil yang mengalami masalah selain covid, yaitu kebakaran.

Kebakaran pabrik chip mobil

Kelangkaan chip mobil, pabrik chip terbakar? Kebakaran di sebuah pabrik chip mobil besar di Jepang, yang memasok 30 persen microcontroller di seluruh dunia adalah salah satu faktor terbesar. 

Walaupun Toyota dan Honda berbeda sikap, tetapi brand lain mengalami imbasnya yang sangat signifikan.

Samsung juga memiliki pabrik chip di Amerika, yaitu di negara bagian Texas. Texas sedang mengalami musim dingin terparah, hingga membuat pabrik chip mobil yang berada sekitar Texas menutup pabriknya dan tidak berproduksi.

Bagaimana imbas langkanya chip mobil terhadap penjualan mobil di Indonesia?

Imbas kelangkaan chip mobil di Indonesia

Indonesia sebagai salah satu negara terparah yang terdampak pandemi covid belum merasakan dampak kelangkaan chip mobil. 

Menurut agen dealer mobil Indonesia, kebanyakan permintaan mobil di masa pandemi adalah berjenis low end yang tidak membutuhkan chip. Sehingga dampak kelangkaan chip baru akan dirasakan tahun depan.

Chip mobil sebenarnya banyak digunakan pada mobil matic yang menggunakan teknologi digital. Berikut fungsi chip semikonduktor pada mobil

Kelebihan mobil yang menggunakan chip semikonduktor

Mobil yang menggunakan chip semikonduktor memiliki bermacam kelebihan di antaranya:

  • Mengubah kendaraan yang bergantung pada sistem mekanis menjadi sistem elektrik. Sehingga bisa memperpanjang masa baterai, mengurangi emisi karbon, mengurangi ketergantungan pada oli, dan membuat kendaraan lebih efisien.

  • Memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobil. Contohnya membantu agar selalu berada di dalam jalur, membantu mendeteksi objek lain, atau mempersiapkan airbag untuk menghadapi hal tak diinginkan.

  • Konektivitas mobil terhadap perangkat lain karena mobil modern adalah seperti komputer beroda. Bisa berfungsi sebagai komputer, hotspot, seluler. Keuntungan lain, bisa mencegah terjadinya kecelakaan, jalur-jalur macet, atau tempat parkir kosong.

  • Meningkatkan keamanan juga bisa dibantu oleh semikonduktor. Menjadi kamera tambahan, deteksi titik buta, bantuan pindah jalur, sistem rem mendadak, dan lainnya.

Kelangkaan chip mobil, pabrik chip terbakar? Dari seluruh faktor di atas, dunia otomotif pasti berharap keadaan agar kembali pulih seperti saat sebelum pandemi.

Demikian sekilas ulasan mengenai kelangkaan chip mobil yang saat ini banyak dialami oleh perusahaan besar. Semoga artikel kami bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat!


, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kelangkaan Chip Mobil, Pabrik Chip Terbakar? Ini Alasannya!"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer