Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ingin Cetak Undangan Sendiri, Siapkan Alat Cetak Undangan Manual Mulai Sekarang

Ingin Cetak Undangan Sendiri, Siapkan Alat Cetak Undangan Manual Mulai Sekarang  
Mencetak sendiri memiliki kesan yang berbeda dibandingkan diserahkan pada orang lain, jika harga mahal, maka gunakan alat cetak undangan manual. 

 

 

 

 

Infongapak.com - Seiring dengan waktu, pembuatan undangan semakin canggih. Sehingga membuat alat cetak undangan manual semakin tersingkir. Padahal, hasilnya juga tidak kalah bagus dengan yang menggunakan mesin yang canggih. 

Memang semakin lama yang menyediakan percetakan undangan manual semakin sedikit. Tapi, Anda bisa membuat undangan sendiri dengan memakai teknik percetakan manual atau sering disebut sablon. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Simak semuanya pada artikel berikut ini. 

Berbagai Macam Alat Cetak Undangan Manual

Sebelum memulai untuk membuat undangan secara manual. Ketahui apa saja alat cetak undangan manual yang harus dipersiapkan. Tenang saja, alat-alat tersebut memiliki harga lebih murah dibandingkan menggunakan mesin. 

Screen

Sering disebut dengan saringan sablon. Screen ini terbuat dari kain Gasa atau kain berpori-pori. Fungsi dari kain ini adalah untuk menyaring tinta yang keluar pada media yang akan disablon. Ada berbagai macam ukuran screen. 

Perlu diketahui bahwa semakin besar nomor screen yang digunakan, maka pori‐porinya semakin kecil. Maka hasilnya juga akan semakin halus. Hasil yang halus lebih cocok dipakai untuk kertas dan plastik. 

Obat afdruk

Alat cetak undangan manual selanjutnya adalah obat afdruk. Fungsi obat tersebut adalah memindahkan desain dalam screen yang nantinya akan menghasilkan gambar. Ada berbagai macam merk obat afdruk, silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. 

Obat penghapus

Supaya screen bisa digunakan kembali setelah selesai membuat cetakan. Maka Anda membutuhkan obat penghapus. Obat tersebut akan menghapus gambar cetakan yang di dalam screen sampai bersih. 

Penguat tinta

Seperti halnya tinta lainnya yang bisa luntur, begitu pula dengan tinta sablon. Supaya lebih awet dan tinta tidak mudah luntur, maka membutuhkan penguat tinta atau pelapis tinta. Ada berbagai jenis pelapis tinta di pasaran, seperti Top Coat. 

Rakel

Manfaat rakel adalah memberikan tinta dalam screen atau kain gasa. Cara memakainya hanya dengan menekan screen kemudian mendorongnya sehingga tintanya bisa muncul pada media yang akan disablon. 

Meja sablon

Adanya meja sablon memudahkan proses penyablonan. Posisi meja tersebut harus datar, karena proses penyablonan membutuhkan tempat yang lumayan luas. Meja tersebut juga berguna ketika ada pemindahan gambar pada screen. 

Gelas

Kenapa butuh gelas? Tentu saja ada fungsi tertentu pada gelas. Tidak perlu untuk membelinya karena di rumah Anda pasti memiliki banyak gelas. Manfaat gelas dalam proses sablon adalah untuk mencampur tinta, tempat tinta, atau lainnya. 

Kaca

Manfaat kaca sangat dibutuhkan ketika proses afdruk. Kaca tersebut untuk menekan gambar pada screen sehingga bisa lebih erat. Selain itu, kaca juga penting dalam proses penyinaran baik itu memakai sinar buatan atau alami. 

Itulah beberapa alat cetak undangan manual yang harus dipersiapkan untuk memulai mencetak sendiri. Sebelum memutuskan untuk mencetak sendiri, ketahui tekniknya sehingga tidak salah dalam mencetak. Jika perlu, belajar kepada ahlinya. Semoga bermanfaat. 

, , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Cetak Undangan Sendiri, Siapkan Alat Cetak Undangan Manual Mulai Sekarang"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer