Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Bagaimana Cara Membuat Undangan Tahlil yang Mudah Hanya dari Rumah

Bagaimana Cara Membuat Undangan Tahlil


Masyarakat sering mengadakan acara, salah satunya adalah tahlilan. Agar  terdokumentasi baiknya Anda mempelajari bagaimana cara membuat undangan tahlil mudah?




Infongapak.com - Undangan adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari suatu acara. Agar  tidak terlupakan sebaiknya pembuat undangan mempelajari bagaimana cara membuat undangan tahlil yang mudah.


Acara tahlilan adalah     ritual  keagamaan yang dilakukan oleh sebagian umat Islam di Indonesia.  Ritual ini dilakukan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Tahlilan biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu. 


Misalnya pada hari pertama kematian almarhum sampai pada tujuh harinya. Seringnya dilanjutkan  hingga 40 hari, 100  hari  dan terakhir adalah 1000 hari sesudah hari almarhum  meninggal.

Langkah Mudah Bagaimana Cara Membuat Undangan Tahlil

Agar  mudah menghubungi  warga yang akan diajak bertahlil, baiknya  Anda pelajari bagaimana cara membuat undangan tahlil yang baik dan benar. 


Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dan lakukan untuk membuat undangan acara tahlil di rumah Anda, di antaranya adalah :

  1. Aplikasi

Cara yang paling mudah membuat  undangan tahlil adalah dengan menggunakan aplikasi pengolah kata MS Word yang   umum terpasang pada perangkat komputer manapun. Program pengolah kata ini  lebih umum digunakan dibandingkan dengan yang lain. Sehingga pada saat ini, sebagian besar orang sudah fasih menggunakan  Ms Word.

  1. Bagian Surat

Bukalah halaman baru pada MS Word. Pilih  layout yang dibutuhkan. Sesuai jenis kertas.  Aturlah penampakan undangan, Anda bisa memilih portrait atau landscape. Jangan lupa pula mengatur  tepi baris kertas Anda dengan mengklik margin. Anda dapat memilih pilihan margin yang sudah ada, ataupun  membuat  margin sendiri.

  1. Salam

Tuliskanlah salam pembuka.  Jika Anda menginginkan penulisannya dalam huruf Arab, Anda dapat mencarinya pada internet dan mengunduhnya. Untuk kemudian  menyisipkannya pada bagian  atas surat. 

  1. Isi Surat

Tulislah isi surat dengan bahasa yang  formal. Tulislah dengan sejelas mungkin maksud dan  tujuan  surat  undangan tersebut dibuat,  misalnya undangan tahlilan 40 hari.  Lengkapi dengan  keterangan waktu dan tempat  serta  nama orang yang  akan didoakan.  

Selanjutnya tutup surat undangan dengan  paragraf  penutup yang berisikan permintaan  agar menghadiri undangan  tahlil tersebut. 

Jangan lupa  bubuhkan salam takzim pada akhir surat, sebagai tanda pembuat surat menghormati warga yang diundang. Dapat pula ditambahkan tanda tangan pengundang pada akhir surat yang dilengkapi dengan nama pengundang.

  1. Bingkai

Setelah isi surat undangan selesai, Anda dapat menghiasi dengan   border atau garis pinggir.  Terdapat banyak pilihan border yang berbeda. Anda dapat memilih dan menyesuaikannya dengan  surat yang telah dibuat.

Anda  dapat pula  mempergunakan jenis font yang berbeda agar  surat yang dibuat terlihat menarik.  Tidak ada ketentuan khusus penggunaan  font ini. Asalkan  isi surat dapat dibaca oleh penerima surat.

Langkah-langkah bagaimana cara membuat undangan tahlil di atas dapat diikuti oleh pemula sekalipun yang tidak terbiasa dengan MS Word.  Penggunaan aplikasi  ini dapat dipelajari   dengan mudah. Program  pengolah kata ini merupakan program yang  hampir selalu ada pada perangkat komputer, baik laptop maupun PC.  Silahkan mulai membuat undangan tahlil agar terlihat lebih menarik.

Demikianlah ulasan menarik mengenai bagaimana cara membuat undangan tahlil yang bisa Anda buat sendiri di rumah sebelum menggunakan jasa tukang cetak. Dengan begitu setidaknya Anda bisa mengurangi biaya pengeluaran untuk membuat surat undangan tahlil.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi juga solusi yang tepat yah!


,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Undangan Tahlil yang Mudah Hanya dari Rumah"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer